Blog

Sering Dianggap Sama, ini Perbedaan Profesi dan Pekerjaan yang Perlu Kamu Tahu!

danain-Perbedaan profesi dan pekerjaan-gambar kumpulan profesi

Perbedaan profesi dan pekerjaan

Banyak masyarakat yang selama ini menganggap bahwa profesi dan pekerjaan adalah dua hal yang sama. Padahal, sejatinya tak demikian. Inilah perbedaan profesi dan pekerjaan yang perlu kamu tahu.

Secara garis besar, profesi dan pekerjaan sama-sama bisa membantu seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Akan tetapi, secara harfiah, kedua hal tersebut punya arti yang berbeda.

Penasaran dengan perbedaan profesi dan pekerjaan? Yuk, simak ulasan berikut ini hingga tuntas!

Keahlian

Perbedaan profesi dan pekerjaan yang pertama adalah dari segi keahlian atau penguasaan keterampilan tertentu. Profesi adalah bidang pekerjaan yang memerlukan keahlian atau keterampilan khusus, sementara pekerjaan tidak membutuhkannya. Intinya, siapapun bisa melakukan pekerjaan, namun profesi hanya bisa dilakoni oleh orang yang ahli di bidangnya.

Pendidikan

Seperti yang telah disampaikan, seseorang harus punya keahlian atau keterampilan tertentu untuk menjalani sebuah profesi. Pada umumnya, keahlian tersebut didukung oleh pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan atau mengikuti pelatihan terkait profesi. Hal ini berbanding terbalik dengan pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus ditopang pendidikan.

Baca juga: Pendapatan Menjanjikan, ini 6 Pekerjaan yang Menghasilkan Uang di Rumah!

Kualifikasi

Perbedaan profesi dan pekerjaan yang selanjutnya adalah terkait kualifikasi. Dalam konteks ini, profesi menuntut berbagai kualifikasi untuk bisa menekuninya, sedangkan pekerjaan tidak. Asalkan ada keinginan, maka pekerjaan bisa langsung dilakukan.

Aturan

Suatu profesi dalam praktiknya punya keterikatan pada aturan tertentu, biasanya dalam bentuk kode etik. Kode etik ini umumnya berupa norma-norma yang jadi acuan saat melaksanakan profesi tersebut. Sebaliknya, pekerjaan lebih bersifat bebas, dalam artian tidak memiliki kode etik, saat menjalankan aktivitasnya.

PENGERTIAN PROFESI MENURUT AHLI

Perbedaan profesi dan pekerjaan sudah terjawab pada uraian singkat di atas. Kali ini, kami akan menjelaskan lebih rinci terkait profesi dari kacamata sejumlah ahli.

Untuk lebih jelasnya, simak definisi profesi menurut buku Etika Profesi: Membangun Profesionalisme Diri, seperti dikutip dari laman Kompas.com.

  1. Diungkapkan Prakoso dan Tobing, profesi adalah sebutan yang penyandangnya punya pengetahuan khusus yang diperoleh melalui pelatihan atau pengalaman lain, atau keduanya. Dengan begitu, mereka dapat membimbing, memberi nasihat, dan saran untuk orang lain dalam bidang profesinya.

Baca juga: Jangan Asal Bikin, Inilah Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar!

  1. Adapun menurut Muchtar, profesi adalah suatu konsep yang lebih spesifik dari pekerjaan. Istilah pekerjaan punya arti lebih luas dari profesi. Setiap profesi adalah pekerjaan, namun tidak semua pekerjaan adalah profesi.
  2. Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup, di mana mengandalkan suatu keahlian khusus. Unsur keahlian inilah yang membedakan profesi menjadi profesi yang bersifat umum dan bersifat luhur. Demikian kata Darmodiharjo dan Sidarta.

CIRI-CIRI PROFESI

Profesi punya ciri-ciri yang sangat familiar, antara lain:

  1. Punya standar moral yang tinggi karena pelakunya melakukan kegiatan berdasarkan kode etik.
  2. Mengabdi pada kepentingan masyarakat. Setiap profesi harus meletakkan kepentingan pribadi di bawah kepentingan masyarakat luas.

Baca juga: Wah, 10 Pekerjaan ini Paling Laris di Dunia dan Tidak Memerlukan Gelar Sarjana!

  1. Ada izin khusus untuk menjalankan sebuah profesi, sebab setiap profesi selalu berhubungan dengan kepentingan masyarakat, seperti kemanusiaan, keselamatan, keamanan, hingga kelangsungan hidup.
  2. Ada organisasi yang mewadahi.

MACAM-MACAM PROFESI DAN PEKERJAAN

Ada berbagai macam profesi dari sejumlah sektor, di antaranya akuntan, guru, pengacara, psikolog, analis riset, dokter, bidan, konsultan, pilot, hingga wartawan. Sementara itu, yang termasuk pekerjaan adalah petani, nelayan, pelayan restoran, hingga penjaga toko.

Ya, itulah ulasan singkat mengenai perbedaan profesi dan pekerjaan yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply