Blog

Jangan Anggap Enteng, Rutin Mencatat Cash Flow punya Sederet Manfaat yang Luar Biasa!

Danain-Cashflow-gambar orang menghitung

Berapa banyak uang yang telah kamu habiskan pada bulan lalu? Untuk apa saja uang tersebut kamu gunakan? Jika kamu tak bisa menjawabnya, berarti ada yang tidak beres dengan pengelolaan finansialmu. Segera perbaiki agar tak terjadi masalah di kemudian hari, salah satu caranya dengan rutin mencatat cash flow dengan cermat!

Memang tak dipungkiri jika kebiasaan mencatat cash flow kerap dianggap sepele oleh sebagian orang. Alasannya pun beraneka ragam: Ada yang karena malas dan menganggap ribet, bingung atau tak terbiasa, bahkan ada yang merasa tak punya cukup waktu untuk melakukannya.

Perilaku seperti ini tentu harus segera diubah, mengingat mencatat cash flow punya sederet manfaat yang luar biasa bagi kehidupan finansial. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

Bisa cegah kebocoran keuangan

Tak dipungkiri, rutin mencatat cash flow bisa membantu kamu dalam memonitor segala bentuk pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Dengan adanya catatan tersebut, kamu bisa tahu jelas pengeluaran apa saja yang sebenarnya tidak perlu, sehingga bisa memangkasnya di bulan berikutnya. Alhasil, kebocoran keuangan pun bisa diminimalisir.

Baca juga: Sering Dianggap Remeh, ini Sederet Manfaat Uang Receh bagi Diri Anda!

Bikin kamu lebih disiplin dalam menggunakan uang

Rutin mencatat cash flow juga bisa membuat kamu jadi lebih disiplin dalam menggunakan uang. Jika memang tak penting-penting sekali, kamu tak akan mengeluarkannya dengan sembarangan. Sikap disiplin ini tentu akan membuat uang simpananmu jadi lebih banyak, sehingga bisa dialokasikan untuk hal-hal yang lebih penting, seperti ditabung atau diinvestasikan.

Membuatmu lebih menghargai uang

Makin sering kamu mencatat cash flow, maka akan lebih mawas diri pula kamu dalam mengeluarkan uang. Dampaknya, kamu akan lebih andal dalam membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Ke depan, tanpa disadari, kamu akan lebih menghargai uang dan selalu berpikir ulang sebelum melakukan pembelian apapun. Bukan berarti pelit, tapi karena kamu memang sadar bahwa mencari uang bukanlah perkara mudah.

Baca juga: Mau Dapat Uang dengan Cara Mudah? Manfaatkan Smartphone Kamu, ini Triknya!

Jika sudah begini, kecil kemungkinan bagi kamu untuk terjebak dalam hedonisme. Pasalnya, kamu akan selalu merasa bersalah ketika melihat saldo di rekening terus berkurang seiring berjalannya waktu.

Memudahkanmu dalam menjalankan rencana finansial

Apapun tujuan finansial yang ingin kamu capai, tentu akan lebih mudah diraih jika kamu benar-benar paham dengan arus kas saat ini. Perlu kamu tahu, memahami arus kas bisa membantu kamu dalam memilah kebutuhan apa saja yang harus diprioritaskan. Dengan begitu, rencana finansial jangka panjangmu tidak akan terganggu.

Membuatmu lebih percaya diri dalam mencapai tujuan

Kita semua tentu punya tujuan yang ingin dicapai di masa depan, baik itu berlibur ke destinasi impian, beribadah ke Tanah Suci, atau mempersiapkan biaya pendidikan anak yang makin hari makin mahal. Apapun itu, pencatatan cash flow akan membantu kamu dalam menggapai tujuan dengan lebih percaya diri. Sebab, mencatat arus kas secara rinci akan membuatmu memiliki gambaran yang jelas tentang jumlah pemasukan, pengeluaran, serta jumlah uang yang bisa ditabung dalam rangka mencapai asa tersebut.

Baca juga: Tips Mengelola THR di Masa Pandemi Covid-19, Gunakan untuk hal Bermanfaat!

Menghindari kamu dari stres karena masalah keuangan

Mengetahui dengan detail setiap pos pengeluaran akan membuat kamu jadi lebih siap dalam menghadapi kebutuhan yang tak terduga di kemudian hari. Dengan demikian, kamu bisa menghindari stres atau kecemasan yang bisa timbul akibat masalah finansial.

Membuat kamu lebih paham dengan gaya hidup pribadi

Inilah manfaat mencatat cash flow yang tak bisa disepelekan.

Saat melakukan pencatatan, kamu akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang gaya hidup secara keseluruhan. Ini berhubungan dengan gengsi dan harga diri, sebab pola pengeluaran sangat sejalan dengan gaya hidup. Misal: Jika kamu gemar hangout, jangan heran jika pengeluaran kamu sangat besar. Begitu pun sebaliknya.

Pada akhirnya, mengubah gaya hidup adalah tujuan akhir dari kebiasaan mencatat cash flow. Dengan gaya hidup yang hemat dan selalu menghargai uang, jangan heran jika di masa depan kamu akan meraih yang namanya kebebasan finansial.

Leave a Reply