Apakah Anda termasuk salah seorang yang kerap menyepelekan keberadaan uang receh? Jika ya, ada baiknya untuk mulai mengubah perilaku tersebut mulai saat ini! Pasalnya, uang receh punya sederet manfaat bagi diri Anda.

Tak dipungkiri, uang receh kerap dianggap tak berharga oleh sebagian orang. Nilainya yang kecil jadi salah satu alasan kenapa orang malas untuk menyimpan atau mengumpulkannya. Padahal, jika diberdayakan, uang receh bisa digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Misal: Tiap hari Anda mengantongi 2 ribu atau 3 ribu rupiah dari kembalian setelah berbelanja atau beli makanan. Bayangkan jika uang tersebut dikumpulkan selama satu bulan. Jika ditotal, Anda bisa mengumpulkan uang sebesar 50-60 ribu rupiah.

Angka tersebut memang tidak terlalu besar. Tapi, uang senilai itu bisa Anda pakai untuk beberapa hal yang bermanfaat, seperti:

Bayar parkir

Saat beraktivitas sehari-hari, seperti pergi makan, ke mal, atau supermarket, Anda tentu sering merogoh kocek untuk membayar biaya parkir. Tanpa disadari, biaya-biaya seperti itu kadang kala membuat pengeluaran bulanan Anda jadi semakin besar. Padahal, untuk keperluan seperti itu, Anda dapat menggunakan uang receh yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Beli camilan sehat

Untuk dapatkan tubuh yang sehat, sebagian orang mungkin akan pergi ke tempat gym dan mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Tapi, sebenarnya, tubuh sehat juga bisa diperoleh dengan biaya yang terbilang murah. Tak percaya? Pakai saja uang receh yang telah dikumpulkan selama sebulan untuk beli camilan sehat di supermarket dekat rumah.

Beli tiket bioskop

Punya rencana nonton film baru di bioskop dalam waktu dekat? Pakai saja uang receh yang telah dikumpulkan untuk membeli tiketnya. Seperti yang diketahui, beberapa bioskop di kota besar seperti Jakarta membandrol tiket masuk dengan harga sekitar 50 ribuan. Tapi, risikonya, Anda tak bisa nonton ditemani sebungkus popcorn.

Hangout di kedai kopi

Menghabiskan waktu di kedai kopi sambil berselancar di media sosial memang mengasyikkan. Namun, harga segelas kopi yang mahal di sejumlah kedai kopi kenamaan terkadang membuat kita berpikir dua kali untuk membelinya. Padahal, dengan mengumpulkan uang receh selama satu bulan, Anda sudah bisa menikmati secangkir kopi nikmat di kedai kopi tersebut.

Beli pembersih wajah

Wajah yang bersih dan segar tentu saja tak bisa didapatkan tanpa perawatan. Anda perlu produk penunjang, seperti facial wash. Pertanyaannya: berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk membeli produk perawatan wajah tersebut? Jika kisarannya di angka 40-50 ribuan, pakai saja uang receh yang sudah dikumpulkan selama satu bulan. Dengan begitu, pengeluaran bulanan Anda otomatis bisa ditekan.

Sebenarnya, masih banyak sekali manfaat uang receh bagi kehidupan Anda. Sebut saja untuk mengisi saldo e-toll, beli pulsa, makan di restoran cepat saji, dan lain sebagainya. Apapun itu, yang ingin ditekankan di sini adalah jangan pernah menyepelekan keberadaan uang receh dalam kehidupan sehari-hari. Ada baiknya perlakukan uang receh tersebut sama seperti Anda memperlakukan uang nominal besar.

Sebagian dari Anda mungkin malas membawa-bawa uang receh saat beraktivitas. Alasannya mungkin karena membuat dompet jadi penuh atau terasa berat. Tapi, ada tips sederhana yang bisa Anda terapkan.

Tiap kali menerima uang receh, masukkan saja uang tersebut ke dalam kotak penyimpanan saat pulang ke rumah. Jangan pernah utak-atik kotak tersebut sebelum jatuh tempo tiba, yakni satu bulan. Setelah terkumpul, barulah gunakan uang tersebut untuk hal-hal seperti di atas tadi.