Blog

Perhatikan Baik-baik, Inilah Cara Kerja Multi Level Marketing!

danain-cara kerja multi level marketing-gambar skema mlm

cara kerja multi level marketing

Bagaimana sih cara kerja multi level marketing?

Cara kerja multi level marketing (MLM) sebenarnya sangat mudah. Di dunia yang semakin modern seperti saat ini, bentuk usaha atau bisnis memang akan selalu berkembang dan bertumbuh. Begitu juga dengan sistem multi level marketing. Lalu, apa sih bisnis multi level marketing dan bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Definisi Bisnis Multi Level Marketing

Jika dijelaskan berdasarkan pengertiannya, multi level marketing merupakan salah satu strategi penjualan produk dan juga jasa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya tenaga kerja non gaji yang berada di dalam suatu sistem komisi berbentuk piramida. Umumnya, strategi multi level marketing dikenal pula sebagai pemasaran jaringan.

Baca juga: Keren, Ternyata ini Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis!

Biasanya, distributor akan diberikan gaji berdasarkan persentase penjualan yang telah mereka dapat. Perusahaan yang menerapkan sistem multi level marketing tentu akan memberikan dorongan kepada distributor yang telah bergabung, di mana para distributor tersebut harus merekrut distributor baru untuk bergabung ke dalam perusahaan.

Cara Kerja Multi Level Marketing

Dalam suatu kegiatan, tentu ada prinsip yang harus dijalankan. Begitu juga dengan pekerjaan yang satu ini. Pada dasarnya, cara kerja multi level marketing sangat mudah untuk dimengerti. Akan tetapi, dibutuhkan usaha yang cukup besar untuk melakukannya.

Kebanyakan bisnis ini dilakukan dengan menjual beberapa jenis produk, misalnya produk obat-obatan atau produk kecantikan. Dengan adanya produk ini, nantinya akan ditawarkan kepada orang-orang terdekat dari tenaga penjual tersebut.

Mungkin bisa diartikan juga bahwa multi level marketing identik dengan bentuk pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut, di mana nantinya bisa mendapatkan kepastian dalam proses penjualan. Di samping itu, satu hal yang sering diaplikasikan dalam bisnis ini adalah sebutan down line dan up line.

Baca juga: Ingin Sukses Gaet Pelanggan, Kamu Wajib Tahu 5 Strategi Pemasaran Berikut ini!

Jika cara kerja multi level marketing ini dijelaskan satu per satu, up line biasa dikenal dengan sebutan tenaga penjualan. Sedangkan istilah down line merupakan sebutan dari bawahan. Dengan kata lain, up line merupakan atasan dari down line.

Kelebihan Bisnis Multi Level Marketing

Bentuk bisnis multi level marketing tentu saja dapat mendatangkan passive income yang terbilang cukup besar, meskipun besarannya tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Di samping itu, besaran nilai yang didapat juga tidak bisa langsung diterima layaknya gaji bulanan.

Akan tetapi, dengan menjalankan bisnis ini, dapat mendorong seseorang untuk terus melatih skill komunikasi yang dimiliki. Pasalnya, pelaku bisnis ini akan dihadapkan dengan banyak orang untuk bisa menjual produk dan juga menambah distributor baru.

Apabila kamu punya pengalaman yang cukup dalam menjual suatu produk, pastinya skill penjualan akan sangat mudah diaplikasikan pada bisnis multi level marketing. Selain itu, ketika dihadapkan dengan banyak orang, pastinya akan memperluas jangkauan relasi.

Baca juga: 7 Buku tentang Bisnis ini Wajib Kamu Baca jika Ingin jadi Pengusaha Sukses!

Jika relasi yang dimiliki semakin luas, tentu akan lebih mudah untuk mencoba mengembangkan sistem jaringan. Di saat bersamaan, akan semakin besar juga kemungkinan untuk mendapatkan relasi dari berbagai macam jenis industri. Sebab, relasi yang dimiliki juga akan menentukan bagaimana keberlanjutan dari bisnis multi level marketing ini.

Apabila kamu mengetahui cara kerja multi level marketing dengan mendalam dan punya skill yang mendukung bisnis ini, tentunya keuntungan akan lebih mudah datang kepada kamu. Hanya bermodal skill komunikasi dan relasi yang luas, bisnis ini dapat berjalan dengan lancar guna mendapatkan passive income yang diharapkan.

Leave a Reply