Blog

Ingin Sukses Gaet Pelanggan, Kamu Wajib Tahu 5 Strategi Pemasaran Berikut ini!

Danain-strategi_pemasaran-gambar orang membuka laptop

Strategi pemasaran yang baik dan benar

Strategi pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut 5 strategi yang bisa kamu terapkan agar sukses menggaet konsumen!

Strategi pemasaran menempati posisi yang strategis untuk mencapai keberhasilan sebuah bisnis. Kendati sebuah produk atau jasa punya kualitas yang sangat baik, namun hal tersebut tak akan bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal apabila tak dibarengi dengan strategi pemasaran yang jitu.

Intinya, sebuah bisnis akan sulit untuk berkembang jika tak diiringi dengan strategi pemasaran yang baik. Terlebih, risiko kalah saing akan mungkin terjadi, sehingga mempelajari ilmu tentang pemasaran sangat diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Head of Business Field Marketing Sampingan Maria Britta menuturkan, di era digital seperti saat ini, strategi pemasaran bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital yang tersedia. “Akan tetapi, perlu diingat bahwa beberapa produk dan layanan akan lebih tepat jika dipasarkan secara konvensional dan memanfaatkan aktivitas offline dibandingkan dengan online. Untuk itu, kita harus mengetahui target market serta layanan dan produk yang kita tawarkan terlebih dulu sebelum memasarkannya ke pelanggan,” ujarnya.

Baca juga: 7 Buku tentang Bisnis ini Wajib Kamu Baca jika Ingin jadi Pengusaha Sukses!

Maria menambahkan, setidaknya ada 5 strategi efektif yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha untuk memasarkan produk dan layanannya agar sukses menggaet konsumen. Langsung saja, berikut ulasan lengkapnya, seperti dilansir laman Kompas.com.

Terapkan strategi pemasaran yang variatif

Maria menyarankan agar tidak terpaku pada satu jenis strategi pemasaran saja. Menurutnya, strategi yang variatif bisa membantu sebuah bisnis untuk menggaet pelanggan bahkan mempertahankannya.

Strategi pemasaran yang berulang, lanjut dia, mungkin sudah tidak efektif bagi pelanggan lama, namun bisa gencar dilakukan untuk pelanggan baru. “Pelaku usaha harus jeli memetakan target audiensnya, misalnya dapat mengirim newsletter dan email marketing bagi pelanggan secara umum dan email khusus yang dipersonalisasi bagi pelanggan loyal,” terangnya.

Manfaatkan media sosial dengan baik

Media sosial tak cuma berfungsi untuk mempromosikan sesuatu, namun juga bisa dimanfaatkan untuk memperluas jaringan bisnis. Tak hanya menggandeng pelanggan, tapi juga bisa menggandeng para agen dan reseller.

Karena itu, menurut Maria, konten media sosial harus selalu di-update secara berkala. Jangan sampai ketinggalan trending dan berita yang berkembang saat ini. Pastikan bahwa kita berada pada komunitas lingkaran pelanggan dan mitra bisnis. Dengan begitu, pelaku usaha bisa menjaring komunitas bisnis yang sesuai dengan produk yang dipromosikan.

Baca juga: Untung Menjanjikan, Inilah 5 Peluang Usaha Terbaru dan Terlaris yang Bisa Kamu Coba!

Tidak mengabaikan pemasaran lapangan

Kehadiran teknologi memang memudahkan pelaku usaha untuk melakukan pemasaran secara online. Kendati begitu, bukan berarti para pengusaha bisa mengabaikan strategi pemasaran lapangan atau secara offline.

Pengusaha harus tetap menerapkan canvassing, sehingga mereka bisa memberikan visualisasi produk atau layanan kepada pelanggan. Selain itu, interkasi dengan calon pelanggan juga bisa lebih personal dengan menyesuaikan intonasi dan bahasa tubuh.

Manfaatkan event marketing

Maria menjelaskan, event adalah salah satu media yang tepat untuk memperkenalkan produk atau layanan kepada pelanggan. Kompetisi dan event ini bisa diadakan secara offline maupun online untuk menciptakan kedekatan emosional dan rasional antara pelanggan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan menerapkan strategi pemasaran tersebut, peluang calon konsumen untuk melakukan pembelian akan makin besar.

Baca juga: Selain Modal, Inilah Faktor-faktor Penentu Keberhasilan Wirausaha!

Mengadakan giveaway dan promo

Strategi pemasaran efektif yang terakhir adalah dengan mengadakan giveaway dan promo melalui media sosial atau secara langsung melalui event tertentu yang berkaitan dengan produk serta layanan yang ditawarkan. Pelaku usaha bisa memanfaatkan sejumlah acara menarik yang cocok dengan produk atau layanan, seperti seminar, diskusi publik, pameran, atau pertunjukkan musik.

Ya, itulah 5 strategi pemasaran yang bisa diterapkan agar sukses menggaet pelanggan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply