Blog

Keren, Ternyata ini Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis!

Danain-manfaat_digital_marketing_untuk_bisnis-ilustrasi digital marketer profesional

Manfaat digital marketing untuk bisnis

Apa saja manfaat digital marketing untuk bisnis?

Digital marketing merupakan teknik pemasaran populer yang banyak digunakan oleh pebisnis, sebab manfaat digital marketing untuk bisnis sangat potensial. Teknik ini tak hanya sekadar membantu proses penjualan, tapi juga bisa membangun hubungan baik dengan target pasar hingga proses branding. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Jangkauan Pasar Lebih Luas

Kamu bisa menjangkau pasar yang tak hanya berada di wilayahmu, tapi juga bisa menjangkau wilayah lain yang lebih luas. Manfaat digital marketing untuk bisnis yang satu ini memperbesar peluang pengusaha untuk mendapatkan customer.

Perlu diketahui, hampir 80% konsumen menelusuri suatu produk maupun layanan lewat internet sebelum membelinya. Maka, tak ada alasan untuk menunda penerapan digital marketing dalam bisnis, agar bisnis kamu semakin berkembang dan bisa bersaing dengan kompetitor.

Hemat Biaya Promosi

Digital marketing sangat ekonomis dan bisa menghemat biaya promosi jika dibandingkan dengan penerapan strategi promosi yang konvensional. Membuat baliho, memasang iklan di radio maupun televisi, atau membuat brosur tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Baca juga: Macam-macam Modal yang Dibutuhkan dalam Dunia Bisnis

Jika kamu baru memulai sebuah bisnis dan ingin bisnis tersebut cepat dikenal, maka kamu bisa mendalami strategi digital marketing untuk promosi. Digital marketing tak hanya membantu kamu untuk mendapatkan klien, tapi juga bisa mengirit anggaran untuk iklan.

Berperan Penting dalam Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama digital marketing adalah meningkatkan penjualan suatu produk, dengan cara menjangkau lebih banyak lagi sasaran customer. Sebab, akses digital marketing mampu menjangkau seluruh wilayah, asalkan terhubung dengan internet.

Berdasarkan konfirmasi dari banyak pemilik bisnis, digital marketing bisa meningkatkan pendapatan perusahaan beberapa kali lipat. Intinya, jika kamu berkomitmen untuk menerapkan strategi digital marketing, maka peluang penjualan akan semakin meningkat.

Membantu Pengelolaan Bisnis

Menerapkan pemasaran online sama saja dengan memperoleh kemudahan ketika mengelola bisnis. Contohnya, saat berjualan di website, kamu bisa update stok serta melayani pelanggan sekaligus melalui website tersebut.

Baca juga: 7 Buku tentang Bisnis ini Wajib Kamu Baca jika Ingin jadi Pengusaha Sukses!

Hal ini memungkinkan bisnis kamu tidak perlu merekrut banyak karyawan untuk mengelolanya. Tidak menutup kemungkinan, kamu bisa mengelola bisnis secara mandiri, sehingga lebih mudah.

Melacak Perilaku Konsumen

Manfaat digital marketing untuk bisnis yang berikutnya adalah kamu bisa melacak perilaku konsumen dari berbagai kalangan. Dengan teknik ini, kamu bisa melacak tindakan, keputusan, serta  preferensi konsumen dengan sangat mudah. Singkat kata, teknik pemasaran ini bisa membuatmu mengenal konsumen jauh lebih dekat.

Menjadi Sarana Penghubung dengan Konsumen

Pelaksanaan digital marketing menggunakan berbagai macam media yang terhubung langsung dengan konsumen. Walaupun penjual dan konsumen belum saling kenal satu sama lain, namun teknologi digital memungkinkan keduanya untuk melakukan komunikasi secara langsung.

Digital marketing menjadikan pebisnis bisa lebih dekat dengan customer. Melalui digital marketing, pebisnis bisa membangun kedekatan maupun hubungan baik dengan para pelanggan.

Membantu Persaingan Bisnis dengan Perusahaan Besar

Sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang, pengusaha kecil atau pemula sangat sulit untuk bersaing dalam dunia bisnis. Akan tetapi, manfaat digital marketing untuk bisnis dapat menjadikan para pebisnis saat ini mampu sejajar dengan kompetitornya.

Dengan menerapkan digital marketing, pebisnis tidak hanya bisa sejajar dengan kompetitornya, namun juga  bisa bersaing head to head dengan merek lain, bahkan perusahaan besar.

Baca juga: Sederet Bisnis Unik yang Menguntungkan ini Patut Banget untuk Dicoba, Hasilnya Nggak Main-main!

Poin penting yang perlu diingat, pengusaha akan mampu bersaing dengan kompetitornya jika digital marketing yang diterapkan tepat sasaran.

Kesimpulannya, manfaat digital marketing untuk bisnis sangat potensial dalam mendukung perkembangan bisnis, serta bisa meningkatkan daya saing dengan kompetitor. Selain itu, biaya digital marketing juga lebih terjangkau dibanding biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasaran secara konvensional.

Leave a Reply