Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk berutang. Ada yang karena untuk modal usaha, biaya pengobatan, atau kebutuhan lain yang sifatnya mendadak.

Secara garis besar, berutang sah-sah saja untuk dilakukan, selama kamu sanggup untuk melunasinya. Meski demikian, kamu juga perlu berhati-hati dengan utang, sebab utang tak hanya bisa membawa dampak positif, namun juga bisa berdampak negatif bagi kondisi finansialmu.

Singkat kata, utang bisa membawa dampak positif jika kamu menggunakannya untuk modal usaha yang notabene menghasilkan keuntungan. Sementara jika dipakai untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif, siap-siap saja dihampiri masalah keuangan.

Bicara utang, ada fakta menarik yang perlu kamu tahu. Ternyata, ada cara tepat yang bisa kamu terapkan untuk melunasi utang dengan cepat. Berikut beberapa langkahnya:

Susun daftar utang kamu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum melunasi utang adalah menyusun seluruh daftar utang yang kamu punya. Tulis secara detail, termasuk terkait besaran suku bunga jika memang ada.

Tetapkan skala prioritas pembayaran

Usai menyusun daftar utang, tetapkanlah skala prioritas. Sebaiknya lunasi utang dengan jumlah kecil terlebih dulu. Setelahnya, barulah lunasi utang dengan jumlah yang lebih besar. Dalam hal ini, lunasilah utang dengan suku bunga paling tinggi terlebih dulu, kemudian disusul dengan suku bunga yang terendah. Perlu kamu tahu, utang dengan bunga tinggi merupakan penyebab utama dari bengkaknya utang yang kamu miliki.

Baca juga: Awas, 5 Hal Ini Ternyata Bikin Kamu Sulit Lepas dari Utang!

Cicil secara periodik

Setelah menetapkan skala prioritas, kamu bisa mencicil pelunasan utang secara periodik. Langkah ini penting untuk mencegah munculnya masalah baru di kemudian hari. Buat apa bayar utang secara langsung dengan nominal banyak, namun kamu sendiri pada akhirnya kehabisan uang dan tak bisa memenuhi kebutuhan pokok untuk hidup.

Jangan selesaikan utang dengan utang

Metode ini sangat tak disarankan dan sebenarnya tidak memiliki manfaat sama sekali. Kenapa? Sebab kamu akan tetap punya utang meski utang sebelumnya telah lunas. Bisa dibilang, ini sama dengan peribahasa “Gali lubang tutup lubang.” Solusi terbaik, lunasilah utang yang telah ada, sehingga kamu bisa segera keluar dari ‘lingkaran hitam’ tersebut.

Baca juga: Awas, 4 Jenis Utang ini Berbahaya, Jangan Sampai Terjebak di Dalamnya!

Cari penghasilan tambahan atau jual aset

Cara ini juga sangat ampuh untuk melunasi utang dengan cepat. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus kamu korbankan dalam hal ini. Misalnya saja berkorban waktu jika ingin mencari penghasilan tambahan dan kerelaan melepaskan aset yang sejatinya telah kamu miliki.

 

Ya, itulah beberapa cara lunasi utang dengan cepat. Ingat, utang merupakan sebuah ikatan dan kewajiban yang harus diselesaikan. Pastikan disiplin untuk melunasinya agar kehidupan finansial dapat kembali sehat.

Pertanyaan selanjutnya, apa yang harus dilakukan setelah berhasil melunasi utang? Cek jawabannya di sini: Catat, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan setelah Bebas dari Jeratan Utang!