Setiap orang tentu ingin punya karier yang cemerlang dalam hidupnya. Tapi, tak semua orang bisa mencapai kondisi tersebut karena berbagai sebab. Di antaranya sebut saja karena tidak profesional atau tidak kompeten.

Bicara karier yang cemerlang, ada fakta menarik yang baru terungkap ke permukaan. Ternyata, ada satu karakter yang diklaim sangat berbahaya bagi perjalanan karier seseorang.

Hal itu diungkapkan oleh seorang penulis yang pernah dinobatkan sebagai salah satu dari “100 orang paling berpengaruh” versi Majalah Time pada 2005 lalu, yakni Malcolm Gladwell. Menurutnya, karakter yang dimaksud dalam hal ini adalah terlalu percaya diri.

“Terlalu percaya diri lebih berbahaya daripada ketidakmampuan,” ujarnya sebagaimana dilansir CNBC.

 Baca juga: Catat, ini 7 Karakter yang Harus Dimiliki jika ingin Sukses Berinvestasi!

Para pemimpin yang terlalu percaya diri seringkali punya perkiraan kemampuan yang lebih besar daripada kemampuan mereka yang sebenarnya. Itu adalah masalah yang sangat serius dan mengarah pada kesalahan sebagai konsekuensi.

“Kepercayaan diri yang berlebihan sangat berbahaya. Akibatnya, semakin kecil kemungkinan seorang pemimpin untuk mendengarkan masukan dari siapapun. Ini sangat, sangat beracun,” pungkasnya.

Kisah pengusaha Ray Dalio

Miliarder sekaligus pengusaha Ray Dalio pernah berujar bahwa ia hampir memusnahkan perusahaannya sendiri, Bridgewater Associates, karena terlalu percaya diri. Akan tetapi, ia bisa belajar dari pengalaman hidupnya itu.

Berikut kisah singkatnya!

Pada 1982, Dalio yakin jika ekonomi global akan mengalami depresi. “Saya salah besar. Pasar saham ternyata mengalami kenaikan besar dan selama 18 tahun berikutnya, ekonomi AS menikmati periode pertumbuhan non-inflasi terbesar dalam sejarahnya,” tulis Dalio dalam bukunya “Principles: Life and Work.”

Baca juga: Ingin Karier Cemerlang di Kantor? Coba Raih Perhatian Atasan dengan 8 Cara ini!

Saat itu, Dalio kehilangan begitu banyak uang karena menjadi ‘sangat sombong.’ Dalam sebuah tulisan di Reddit AMA 2019 lalu, ia mengaku harus melepaskan sejumlah karyawannya, bahkan sampai meminjam uang sebesar 4.000 dolar AS kepada sang ayah hanya untuk bertahan hidup.

Saat ini, berkat pengalamannya tersebut, hedge fund Dalio beroperasi dengan kebijakan “meritokrasi gagasan” di mana setiap orang didorong untuk berbagi perspektif mereka dengan jujur.

Diungkapkan Gladwell, itulah cara tepat untuk mempertahankan diri dari pemimpin yang terlalu percaya diri.

“Hal terbaik yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa perusahaan atau organisasi memiliki sistem yang tepat, di mana setiap orang mendapatkan umpan balik. Sasarannya haruslah kelompok suara beragam yang membuat keputusan. Itulah cara terbaik untuk melindungi diri dari kepercayaan diri yang berlebihan,” tegas Gladwell.

 Baca juga: Sederet Nasihat tentang Karier dan Keuangan dari Sosok Ayah ini Sangat Luar Biasa

Secara organisasi, lanjut Gladwell, setiap orang ingin mencapai demokrasi, bukan kediktatoran. Ditegaskannya, “Jauh lebih sulit menjadi terlalu percaya diri ketika saya harus duduk dengan sekelompok orang yang datang, yang punya perspektif sangat berbeda dan membenarkan apa saja yang saya lakukan.”

Ya, itulah satu karakter yang sangat berbahaya bagi keberlangsungan karier kamu. Penting untuk dihindari agar perjalanan kariermu bisa lancar dan cemerlang.