Sudah kerja bertahun-tahun tapi tak kunjung naik jabatan? Mungkin saja itu karena performa kerja Anda selama ini kurang maksimal atau mungkin juga karena atasan terlalu sibuk, sehingga Anda luput dari perhatiannya.

Jika penyebabnya poin yang pertama, cobalah maksimalkan lagi kinerja Anda selama di kantor mulai saat ini. Namun, jika ternyata disebabkan karena poin yang kedua, sudah sepantasnya jika Anda mulai berusaha untuk meraih perhatian atasan dengan cara-cara yang cerdas.

Menarik perhatian atasan punya peran penting dalam memuluskan karier Anda di perusahaan. Kesan positif yang Anda tampilkan selama bekerja bukan tak mungkin akan dibalas dengan penilaian yang positif pula oleh atasan. Tentu saja, ini merupakan modal penting untuk meraih karier yang cemerlang di kemudian hari.

Dalam hal ini, kami ingin menekankan bahwa meraih perhatian atasan bukan berarti harus ‘menjilatnya’ atau menggunakan cara-cara yang licik apalagi kotor. Ada langkah-langkah cerdas yang sejatinya bisa Anda gunakan untuk mendapatkan perhatiannya.

Berikut 8 cara tersebut:

Bekerja dengan profesional

Perhatian atasan akan tertuju pada Anda jika Anda profesional dalam bekerja. Sikap profesional bisa ditunjukkan dengan memprioritaskan kewajiban sebelum menggunakan hak. Ini merupakan ‘senjata’ utama untuk meraih karier cemerlang di tempat kerja.

Tunjukkan inisiatif

Meraih perhatian atasan bisa dilakukan dengan cara menunjukkan inisiatif. Perlu Anda tahu, sikap inisiatif sangat diperlukan dalam lingkungan kerja yang modern dan dinamis seperti saat ini. Inisiatif bisa diterapkan dalam banyak hal. Salah satunya dengan aktif memberikan ide atau pendapat yang bertujuan untuk memajukan perusahaan. Satu hal yang perlu diingat, jangan pernah terkesan sok tahu ketika menunjukkan sikap inisiatif. Tetaplah rendah diri agar tak terjadi benturan dengan rekan kerja.

Baca juga: Gaji di Kantor Tak Kunjung Naik? Tenang, ini Cara Cerdas Dapatkan Penghasilan Tambahan tanpa Harus Kerja Keras!

Siap bantu rekan kerja

Ketika ada rekan kerja yang butuh bantuan, jangan sungkan untuk membantunya. Anda akan mendapat nilai plus dari atasan ketika melakukan hal tersebut. Menjalin hubungan baik dengan teman kantor sama pentingnya dengan menjalin hubungan dengan atasan.

Tanpa sepengetahuan Anda, mungkin saja atasan mencari tahu informasi tentang Anda melalui rekan kerja. Dengan sikap saling bantu yang senantiasa Anda tunjukkan, teman kerja Anda otomatis akan menyampaikan informasi yang baik pula kepada atasan. Kondisi tersebut tentu menguntungkan bagi karier Anda, sebab bukan tak mungkin atasan akan mempertimbangkan untuk meningkatkan jabatan Anda di perusahaan.

Ringan tangan ketika menerima tugas tambahan

Ketika memerlukan bantuan atau ada pekerjaan yang sifatnya mendadak, atasan mungkin saja akan memberi Anda tugas tambahan. Jika Anda dalam posisi itu, cobalah untuk jangan langsung mengeluh apalagi menolak tugas tersebut. Tunjukkanlah kesigapan untuk mengerjakannya. Selain mendapat nilai lebih, mungkin saja atasan Anda sedang mengetes kesiapan Anda untuk menerima tanggung jawab baru di kemudian hari.

Antusias dalam mengerjakan tugas

Untuk meraih perhatian atasan, tunjukkanlah selalu sikap antusias dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Dengan menerapkan sikap tersebut, atasan akan menganggap Anda sosok yang bersemangat. Antusiasme juga menunjukkan bahwa Anda ingin terus berkembang dan maju bersama perusahaan.

Selalu tepat waktu

Atasan tentu akan memberikan penilaian yang baik jika Anda selalu tepat waktu. Bukan hanya saat masuk kantor, tapi juga untuk urusan lain, seperti saat menghadiri rapat atau mengumpulkan tugas dan laporan.

Baca juga: Stres di Tempat Kerja? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya!

Senantiasa bersikap tenang dalam menghadapi sesuatu

Anda akan disukai oleh atasan jika mampu bersikap tenang dalam menghadapi sesuatu, terlebih jika dihadapkan dengan tugas atau situasi yang berat atau rumit. Selain baik di mata atasan, sikap tenang juga akan membuat Anda lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan.

Jangan mengeluh

Apakah Anda termasuk orang yang sering mengeluh terhadap pekerjaan? Jika ya, jangan heran bila hingga kini karier Anda mandek di tempat kerja. Perlu Anda tahu, atasan tak akan suka dengan karyawan yang sering mengeluh. Karena itu, bekerjalah dengan maksimal agar atasan memerhatikan Anda.

Siap menerapkannya?