Memiliki banyak kartu kredit memang memberikan manfaat tersendiri. Promo, rewards, dan cashback yang kerap diberikan terkadang bikin pemiliknya nyaman, bahkan seringkali tak sadar jika pemakaiannya sudah di luar batas.

Akan tetapi, punya banyak kartu kredit bukan berarti selalu mendatangkan keuntungan bagi sang pemilik, sebab ada sejumlah masalah yang bisa hadir dan berdampak buruk bagi kehidupan finansial.

Langsung saja, berikut 5 masalah yang akan mengintai jika kamu punya banyak kartu kredit:

Gaji numpang lewat

Jika kamu menggunakan banyak kartu kredit, jangan harap gaji bulanan kamu akan awet hingga tanggal gajian berikutnya. Ketika gaji sudah sampai di tangan, kamu harus rela bayar cicilan sana sini hingga semuanya terlunasi. Masalah lainnya, jika ternyata kamu tak bisa melunasi semua itu, utang kamu akan makin menumpuk dan pada akhirnya kondisi finansialmu pun akan terganggu.

Hidup sengsara’ hingga akhir bulan

Ini lanjutan poin pertama. Karena gaji kamu hanya numpang lewat, artinya kamu harus pintar-pintar mengatur gaji yang tersisa. Jika tidak, siap-siap saja hidup ‘sengsara’ hingga akhir bulan.

Baca juga: Awas, 5 Hal Ini Ternyata Bikin Kamu Sulit Lepas dari Utang!

Rentan di blacklist

Dengan jumlah kartu kredit yang banyak, seseorang kadang akan kelimpungan ketika membayarnya. Selain itu, ada juga potensi telat bayar karena kondisi keuangan yang sedang buruk.

Perlu kamu tahu, membayar tagihan kartu kredit dengan tidak konsisten bisa membuat kamu bermasalah dengan pihak bank, terlebih jika sampai tidak membayarnya. Konsekuensinya, kamu akan di blacklist oleh perbankan Indonesia.

Ingin belanja terus-menerus

Punya banyak kartu kredit akan membuatmu ingin belanja terus-menerus. Bayangkan saja, setiap kartu kredit menawarkan promo dan diskon yang menarik dan berbeda-beda setiap saat.

Meski di satu sisi kamu akan diuntungkan karena harga barang jadi lebih murah, tapi di balik hal itu sikap konsumtifmu juga akan lebih meningkat. Hasilnya, pengeluaran kamu akan lebih banyak karena utangmu makin membengkak.

Selalu tergoda ajukan kartu kredit

Mengantongi banyak kartu kredit berpotensi membuatmu terus merasa kurang puas dengan penawaran yang diberikan saat ini. Akibatnya, kamu akan selalu tergoda untuk mengajukan kartu kredit baru guna memaksimalkan promo atau cashback yang diberikan.

Baca juga: Awas, 4 Jenis Utang ini Berbahaya, Jangan Sampai Terjebak di Dalamnya!

Hal seperti itu tentu saja akan memicu terjadinya utang-utang baru yang bisa berdampak buruk bagi kondisi finansial.

 

Ya, itulah beberapa masalah yang bisa timbul akibat banyaknya memegang kartu kredit. Sebagai orang bijak, mulailah hilangkan pikiran bahwa kartu kredit adalah uang tambahan bagimu. Ingat, kamu perlu membayar kembali barang yang sudah dibeli pakai kartu kredit.

Alangkah baiknya jika kamu menghindari penggunaan kartu kredit untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif. Sebaliknya, maksimalkanlah penggunaan uang tunai ketika melakukan pembayaran. Selain itu, sisihkan pula uang yang kamu punya untuk melakukan pengembangan dana di platform Danain. Keuntungannya, baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!