Sudah beberapa bulan para pekerja melakukan aktivitas kerjanya dari rumah akibat pandemi covid-19. Meski sejumlah kantor sudah ada yang melakukan pelonggaran, namun tetap saja masih ada perusahaan yang menerapkan Work from Home (WFH) karena berbagai alasan.

Selama diberlakukannya WFH dalam beberapa bulan ini, persepsi orang tentang WFH mungkin telah banyak berubah. Ada yang merasa nyaman dan mengalami peningkatan performa kerja, tapi ada juga yang justru tidak nyaman, sehingga performa kerjanya jadi menurun.

Bagi yang performa kerjanya meningkat, hal ini mungkin tak jadi masalah. Tapi, bagaimana dengan mereka yang tidak?

Setelah ditelusuri, ternyata ada beberapa kebiasaan toxic yang melatarbelakangi terjadinya hal tersebut. Kebiasaan itu harus segera dihentikan agar kualitas kerja kembali meningkat.

Berikut 5 kebiasaan toxic yang perlu dihindari saat WFH, sebagaimana dilansir Times of India:

Langsung nyalakan laptop sesaat setelah bangun

Salah satu kebiasaan yang paling bisa diidentifikasi dari WFH adalah bangun tidur untuk melakukan pekerjaan, bukan tentang pagi itu sendiri. Perlu kamu tahu, ini sangat tak disarankan.

Kebiasaan seperti ini mencerminkan jika kamu tidur sambil memikirkan pekerjaan. Ini sangat bermasalah. Solusi terbaik, berikanlah dirimu waktu untuk menenangkan indera sebelum berkutat dengan pekerjaan.

Baca juga: Tips Menghindari Godaan Belanja Online saat Work from Home

Bekerja di tempat tidur

Apakah kamu selalu bekerja di tempat tidur? Jika ya, segera hentikan kebiasaan tersebut!

Bekerja di atas tempat tidur sejatinya akan membuatmu jadi benar-benar malas. Selain itu, kamu juga jadi tak terlibat dalam aktivitas lain apapun, yang notabene akan memengaruhi kesehatan mental dan fisik kamu.

Tak pernah mematikan gadget

Ada sejumlah orang yang cenderung terus-menerus merasa cemas dengan pekerjaan mereka. Bahkan, ada yang selalu memeriksa gadget-nya sepanjang hari, meski hari kerja telah usai. Perlu dicatat, kebiasaan ini sangat tidak baik, sebab dapat merusak kondisi mental kamu, bahkan bisa menjauhkan kamu dari keluarga.

Baca juga: 5 Kesalahan Terbesar saat Work from Home, Wajib Dihindari!

Tak mengambil waktu istirahat

Lain halnya saat bekerja di kantor, aktivitas WFH sepertinya membuat sebagian pekerja sering mengabaikan waktu istirahat. Padahal, mengambil jeda waktu istirahat sangat penting untuk sekadar menyegarkan pikiran.

Selalu merasa cemas

Saat berada di kantor, kamu mungkin selalu sadar tentang apa yang akan terjadi. Tapi, beda halnya saat WFH, di mana telepon dan email adalah satu-satunya sumber informasi terkait pekerjaan.

Karena itu, tak heran jika sebagian orang merasa berkewajiban untuk membawa ponsel ke mana pun, dengan alasan takut kehilangan info atau berita penting.

 Baca juga: 6 Cara Mengatasi Stres karena Work from Home

Dalam hal ini, meski memperbarui informasi memang hal yang penting, namun kamu tetap perlu bijak dalam membagi waktu. Luangkanlah waktu sejenak untuk bersantai agar tubuh dan pikiran bisa kembali pulih.

 

Ya, itulah 5 kebiasaan toxic yang perlu dihindari saat WFH. Terapkan segera agar performa kerja kamu bisa kembali meningkat!