Bagi pekerja kantoran, akhir pekan merupakan waktu yang sangat berharga. Setelah lima hari berkutat dengan setumpuk tugas di kantor, momen akhir pekan biasanya tak disia-siakan dan umumnya akan dijadikan ajang untuk bersantai atau menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman dengan hal-hal yang menyenangkan.

Bicara akhir pekan, ada fakta menarik yang perlu Anda tahu. Dalam banyak kasus, akhir pekan justru jadi momen paling rentan terhadap sejumlah pengeluaran yang tak direncanakan. Sederet aktivitas yang dilakukan kadang kala jadi pemicu tindakan pemborosan. Parahnya lagi, seringkali hal tersebut tidak disadari hingga akhirnya menimbulkan bencana bagi kondisi keuangan.

Terkait hal itu, sebagian orang mungkin akan menganggap bahwa kondisi tersebut adalah hal yang lumrah, sebab tidak dilakukan setiap hari. Tapi, perlu Anda ingat, apabila hal seperti itu tidak dikontrol dan dibiarkan terjadi terus menerus, jangan heran jika kondisi finansial Anda tak akan pernah sehat alias akan selalu bermasalah.

Dilansir Liputan6.com, berikut beberapa kegiatan di akhir pekan yang tanpa disadari bikin kantong jebol:

Makan di restoran

Mengisi akhir pekan bersama keluarga atau teman dengan makan di restoran memang menyenangkan. Menyantap makanan sembari bersenda gurau bersama orang tercinta bukan tak mungkin akan membuat tubuh dan pikiran jadi lebih relaks. Meski demikian, ada konsekuensi yang harus diterima atas aktivitas tersebut. Anda perlu mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk hal itu.

Secara garis besar, menghabiskan waktu akhir pekan dengan makan di restoran bukanlah sesuatu yang dilarang. Hanya saja perlu disesuaikan dengan kondisi finansial dan akan lebih baik jika anggarannya telah lebih dulu disiapkan. Hindari pula melakukan aktivitas tersebut terlalu sering. Satu atau dua kali dalam sebulan tampaknya sudah cukup agar stabilitas keuangan tetap terjaga.

Nongkrong di kafe

Untuk mengisi akhir pekan, banyak orang yang memilih nongkrong di kafe bersama orang terdekatnya. Ini juga jadi aktivitas yang tanpa disadari bikin kantong jebol, terlebih jika dilakukan setiap akhir pekan. Bayangkan, berapa banyak uang yang Anda gelontorkan dalam sebulan untuk menikmati secangkir kopi atau minuman lainnya di kafe!

Poin penting dalam hal ini: menyegarkan pikiran dengan hangout di kafe memang sah-sah saja untuk dilakukan, selama masih sesuai dengan kemampuan. Kuncinya, jangan terlalu sering menjalani aktivitas tersebut, sebab bisa berdampak buruk terhadap perencanaan keuangan yang telah disusun sebelumnya.

Baca juga: Terungkap, Akhir Pekan Orang Sukses Ternyata Seperti ini, Patut Ditiru!

Menjalani hobi mahal

Keuangan juga bisa jebol jika Anda terbiasa menghabiskan akhir pekan dengan menjalani hobi mahal, seperti datang ke toko buku dan membeli banyak buku, pergi ke mal dan belanja banyak barang, atau otak atik kendaraan dan secara mendadak membeli sejumlah aksesoris penunjangnya. Solusi terbaik, isilah akhir pekan dengan menjalani hobi yang tak menguras kantong.

Beraktivitas di rumah tapi banyak beli camilan

Menghabiskan waktu akhir pekan di rumah bukan berarti bisa terbebas dari pemborosan. Kantong Anda juga bisa jebol jika membeli banyak camilan atau memesan makanan untuk menemani aktivitas Anda menonton film di rumah. Untuk menghemat pengeluaran, tak ada salahnya untuk membuat camilan sendiri dari bahan-bahan yang sudah ada di dalam kulkas.

Itulah beberapa aktivitas akhir pekan yang berpotensi membuat pengeluaran jadi membengkak. Berhubung sekarang menjelang akhir pekan dan di saat bersamaan pula adalah ‘tanggal muda’, ada baiknya jika Anda menghindari aktivitas-aktivitas tersebut dan menggantinya dengan kegiatan lain yang lebih hemat namun tetap bermanfaat. Anda bisa berolahraga, mengerjakan pekerjaan rumah, baca buku, atau mengembangkan bakat dengan cara mengikuti sejumlah seminar yang tidak memungut biaya.

Selain itu, alih-alih menghabiskan uang untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif, akan lebih baik jika Anda menggunakan anggaran yang ada untuk berinvestasi. Berinvestasi punya segudang manfaat bagi kehidupan Anda, terlebih jika dilakukan sejak masih muda. Baca: Jangan Tunda Lagi, ini 5 Alasan Harus Investasi Sejak Masih Muda!

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, penting bagi Anda untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan apa saja yang dimiliki oleh masing-masing instrumen investasi. Selengkapnya, baca: Investasi itu Banyak Macamnya, ini 7 Jenis Investasi Paling Populer di Indonesia!