Akhir pekan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh hampir semua pekerja kantoran di seluruh dunia. Alasannya sederhana, ada banyak hal yang bisa dilakukan seseorang saat akhir pekan, mulai dari pergi berlibur ke tempat menarik, hangout bersama teman dekat, hingga bermalas-malasan di tempat tidur.

Bicara akhir pekan, ada satu pertanyaan yang kerap muncul di lingkungan sekitar. Pertanyaannya: Apa yang biasa dilakukan oleh orang sukses untuk mengisi akhir pekannya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, seorang pakar manajeman waktu bernama Laura Vanderkam menulis sebuah buku berjudul “What the Most Successful People Do on the Weekend”. Lantas, apa saja yang mereka lakukan? Berikut ulasannya!

Lakukan aktivitas berbeda dari hari biasa

Vanderkam mengatakan, akhir pekan harus berbeda dengan hari kerja. Kata dia, itu pula yang diterapkan oleh sejumlah orang  sukses di dunia ini. Ia mencontohkan kebiasaan akhir pekan celebrity chef Marcus Samuelsson yang bermain sepak bola, koresponden TV Bill McGowan yang memotong kayu, hingga arsitek kenamaan Rafael Vinoly yang bermain piano. Menurutnya, melakukan aktivitas berbeda saat liburan sangat ampuh untuk memulihkan tubuh dan pikiran dari hiruk pikuk hari kerja yang terkadang membuat stres.

Makan malam bersama keluarga

Dalam bukunya, Vanderkam menuturkan bahwa orang sukses biasa mengisi akhir pekannya dengan sejumlah kegiatan yang menyenangkan. Di antaranya seperti makan malam bersama keluarga, mengambil kelas yoga, hingga turut serta dalam kegiatan sosial. Alih-alih mengingat esok hari sudah harus kembali bekerja, sederet kegiatan tersebut dipercaya bisa melepas penat dan membuat perasaan jadi lebih bahagia.

Olahraga

Jika Anda berpikir orang sukses bangun siang ketika akhir pekan, itu salah besar. Diungkapkan Vanderkam, orang sukses tidak menyia-nyiakan waktu paginya. Mereka berusaha untuk bangun lebih pagi dari anggota keluarga lain untuk melakukan aktivitas yang menyehatkan, yakni berolahraga.

“Dengan bangun lebih pagi, anggota keluarga lain cenderung tak akan terganggu dengan aktivitas yang dilakukan. Olahraga di pagi hari juga lebih baik ketimbang siang hari,” ujar Vanderkam seperti dilansir Reader’s Digest.

Tidur siang

Kebiasaan orang sukses saat akhir pekan selanjutnya adalah tidur siang. Kata Vanderkam, tidur siang tak melulu hanya untuk anak-anak. Orang dewasa pun perlu melakukannya. “Ajaklah keluarga Anda untuk tidur beberapa jam saat siang hari pada akhir pekan. Langkah tersebut bisa membuat tubuh dan pikiran jadi lebih relaks,” terangnya.

Lakukan pekerjaan rumah

Jangan ragu untuk lakukan pekerjaan rumah saat akhir pekan, baik itu menyapu, mengepel, mencuci kendaraan, atau mencuci baju. Alih-alih mengandalkan asisten rumah tangga untuk menyelesaikannya, akan lebih baik jika Anda yang mengerjakannya sendiri. Pekerjaan yang lebih cepat selesai tentu akan lebih baik daripada mengabaikannya. Dengan begitu, Anda bisa melakukan hal-hal lain yang lebih bermanfaat.

Baca juga: 5 Kiat Mengelola Keuangan Agar Cepat Sukses ala Orang Terkaya Hong Kong

Kurangi mengakses gadget

Mengakses gadget secara berlebihan bisa membuat Anda lupa waktu. Karena itu, batasilah penggunaan gadget saat akhir pekan, termasuk mengecek email kerja secara periodik. Langkah tersebut baik untuk mengistirahatkan pikiran dari tekanan pekerjaan, serta memungkinkan Anda melakukan beragam aktivitas yang lebih menyenangkan.

Selain 6 kebiasaan di atas, ada satu hal penting yang tak boleh Anda lakukan saat akhir pekan. Apa itu? Jangan sekali-kali mengabaikan jam biologis Anda! Maksudnya, cobalah untuk tidur malam seperti hari biasa, sebab begadang pada Minggu malam akan membuat tubuh jadi kurang prima keesokan harinya.

Siap meniru kebiasaan orang sukses di akhir pekan?