Selama ini, banyak info di media massa atau dunia maya yang membahas tentang sejumlah cara meraih kekayaan. Tapi, jarang sekali yang mengulas perihal bagaimana cara untuk mempertahankan kekayaan tersebut.

Bicara kekayaan, sebagian besar orang kaya pada dasarnya paham betul bagaimana cara mengelola harta yang dimiliki. Mereka akan berusaha semaksimal mungkin agar tak jatuh ke lubang kemiskinan.

Berikut kami rangkum 5 penyebab kenapa orang kaya sulit jatuh miskin:

Mereka menghindari cara cepat kaya

Menurut perencana keuangan asal New York Laurie Samay, para orang kaya selalu terlibat dalam kegiatan finansial secara langsung guna mempertahankan dan mengembangkan kekayaannya. Alih-alih meraih kekayaan secara instan, mereka (orang kaya) justru lebih tertarik memelihara kekayaan dengan skema yang lebih lamban.

Penjelasan sederhananya: Orang kaya lebih memilih pendekatan yang lambat dan cenderung stabil ketika memutuskan untuk berinvestasi di suatu sektor. Selain itu, mereka juga fokus pada diversifikasi investasi.

Mereka membangun banyak sumber penghasilan

Penyebab selanjutnya kenapa orang kaya sulit jatuh miskin adalah karena mereka membangun banyak sumber penghasilan dalam kehidupannya. Para orang kaya menyadari bahwa usaha atau pekerjaan yang dilakukan tak selamanya akan membuahkan hasil. Karena itu, mereka pun mengambil langkah cerdas untuk melindungi kekayaannya dengan cara mengembangkan bisnis hingga berinvestasi di sejumlah sektor yang menguntungkan. Demikian dilansir Liputan6.com.

Mereka punya perencanaan keuangan yang matang

Orang kaya juga sulit jatuh miskin karena mereka punya perencanaan keuangan yang sangat matang. Mereka tak segan merekrut perencana keuangan profesional guna melancarkan tujuan keuangannya. Mereka yakin perencana keuangan mampu membuat sebuah peta rencana yang  mantap untuk meningkatkan kekayaan mereka di kemudian hari.

Baca juga: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!

Mereka menggunakan uang dengan jelas

Kebanyakan orang kaya cenderung mempertimbangkan setiap rupiah yang akan dikeluarkannya. Mereka punya alokasi dana yang jelas, sehingga uang yang digelontorkan tak sekedar dihambur-hamburkan begitu saja.

Di sisi lain, mereka juga selalu berusaha untuk menghindari keinginan konsumtif yang kerap hadir. Alih-alih menggunakan uang untuk belanja yang sifatnya konsumtif, mereka lebih memilih memakai uang yang dimiliki untuk menambah penghasilan, salah satunya dengan berinvestasi.

Baca juga: Awas, Ini 5 Penyebab Anda Sulit Kaya Meski Sudah Bergaji Besar!

Mereka selalu alokasikan uang untuk dana darurat

Orang kaya juga susah jatuh miskin karena mereka selalu mengalokasikan uang yang dimiliki untuk dana darurat. Mereka memahami bahwa berbagai kemungkinan bisa terjadi dalam kehidupannya. Dengan mempersiapkan dana darurat, mereka akan lebih siap dalam menghadapi berbagai kebutuhan yang sifatnya mendadak. Singkat kata, mereka tak perlu menjual aset atau berutang untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Bagaimana, terinspirasi dengan cara-cara orang kaya dalam mempertahankan kekayaannya tersebut? Semoga ya, setelah membaca artikel di atas!