Blog

Cek Nih, Harga Pemasangan Behel dari yang Termurah Sampai Termahal!

Danain-Harga_Pemasangan_Behel-Gambar Behel-

Seperti yang kita tahu, masing-masing orang punya penampilan fisik yang berbeda satu sama lain, termasuk dalam hal gigi. Singkat kata, tak semua orang lahir dengan susunan gigi yang sempurna alias rapi, melainkan ada orang yang memiliki susunan gigi berantakan.

Bagi yang memiliki gigi rapi, hal ini tentu tak akan jadi masalah. Sebaliknya, jika susunan gigi berantakan, halĀ  ini terkadang bisa menyebabkan masalah, bahkan menimbulkan rasa kurang percaya diri bagi orang yang bersangkutan.

Meski begitu, di zaman yang sudah serba canggih seperti saat ini, gigi berantakan sepertinya tak lagi jadi sebuah masalah yang berarti. Pasalnya, sudah ada penanganan medis yang bisa menyelesaikan masalah tersebut, yakni dengan penggunaan behel atau kawat gigi. Behel adalah alat berbasis kawat yang dipakai oleh ortodontis untuk memperbaiki gigi yang berantakan atau bertumpuk atau rahang yang tidak rata.

Terkait hal itu, tahukah kamu jika ternyata behel tak hanya bisa memperbaiki susunan gigi yang tidak rapi? Usut punya usut, rupanya behel punya manfaat lain yang lebih dari itu. Berikut sederet fungsi behel, sebagaimana dikutip dari laman IDN Times:

Perbaiki fungsi pengunyahan

Pemakaian behel akan membuat susunan gigi jadi lebih baik dan stabil. Selain itu, behel juga bakal memperbaiki hubungan rahang, sehingga mampu meningkatkan fungsi pengunyahan.

Baca juga: Cek Nih, Biaya Tambal Gigi di Fasilitas Kesehatan!

Perbaiki cara bicara

Saat susunan gigi tidak rapi, seseorang cenderung mengalami gangguan dalam artikulasi. Alhasil, pengucapan kata pun jadi salah. Dalam hal ini, penggunaan behel bisa mengatasi problem tersebut.

Perbaiki kelainan bentuk muka

Posisi rahang yang tidak sesuai bisa menyebabkan kelainan bentuk muka. Menurut sebuah jurnal ilmiah, penggunaan behel bisa memperbaiki bentuk wajah seseorang, sebab bentuk gigi menjadi simetris.

Hilangkan beberapa kebiasaan buruk

Apakah kamu terbiasa menggigit kuku, mendorong lidah ke gigi depan, mengisap jari, atau menggigit es batu? Jika ya, kamu patut berhati-hati, sebab kebiasaan itu bisa memengaruhi susunan gigi. Kabar baiknya, penggunaan behel bisa membantu kamu untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

Tingkatkan kesehatan gigi dan mulut

Gigi yang berjejal bakal menyulitkan kamu untuk membersihkan sisa-sisa makanan di dalam mulut. Hal ini pun akan meningkatkan risiko gigi berlubang dan peradangan pada gusi. Menariknya, pemasangan behel bisa meminimalisir risiko tersebut, sehingga kesehatan gigi dan mulut bisa tetap terjaga.

Baca juga: Tak Perlu Pakai Calo, ini Biaya Resmi Membuat SIM Baru yang Dikeluarkan Pemerintah!

Tingkatkan rasa percaya diri

Manfaat pemasangan behel yang berikutnya adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri. Perlu diketahui, ada orang yang memutuskan memakai behel untuk mendongkrak penampilan dan status sosialnya.

Adapun terkait pemasangan kawat gigi, ternyata masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam perjalanannya. Hasilnya, penggunaan alat itu pun jadi tidak maksimal. Berikut sejumlah kesalahan yang kerap dilakukan orang saat menggunakan kawat gigi:

– Mengunyah permen karet

– Menggigit makanan keras

– Kontrol tidak tepat waktu

– Pasang kawat gigi bukan pada ahlinya

– Tidak membersihkan gigi dengan benar

Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Berapa Sih Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Rapid Test di Puskesmas?

Lantas, berapa sih biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan pemasangan behel?

Pada prinsipnya, harga pemasangan behel sangat bervariasi, tergantung dari dokter yang menangani dan jenis behel yang digunakan. Sebagai gambaran, berikut daftar harganya, sebagaimana dilansir dari doktergigikita.com:

Untuk jenis behel konvensional, harga pemasangannya tergantung dari meterial yang digunakan, seperti bahan Metal yang berkisar di angka Rp 4 juta, Ceramic Rp 6 juta, dan Sapphire Rp 8 juta. Sementara untuk jenis Self Ligating, biayanya adalah: bahan Metal berkisar di angka Rp 10 juta, Ceramic Rp 17 juta, dan Sapphire Rp 25 juta.

Leave a Reply