Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Selain momen liburan, satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para pekerja adalah Tunjangan Hari Raya alias THR yang diberikan oleh perusahaan atau pemberi kerja. Ada yang sudah menerima?

Perlu diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah meneken Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 58/PMK.05/2019 tentang THR bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Anggota TNI-Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun. THR tersebut dibayarkan paling cepat 10 hari sebelum tanggal hari raya.

Bagaimana dengan pegawai swasta?

Pemberian THR bagi pekerja swasta masih mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016. Dalam Pasal 3 ayat 1 poin (a) disebutkan, pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih diberikan sebesar 1 bulan upah. Demikian dilansir Detik.com.

Sementara untuk pekerja yang masa kerjanya belum setahun, tapi sudah satu bulan lebih, dihitung secara proporsional. Pasal 3 ayat 1 poin (b) menyebutkan, ”Pekerja/buruh yang mempunyai masa kerja 1 (satu) bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 (dua belas) bulan, diberikan secara proporsional sesuai masa kerja dengan perhitungan, masa kerja : 12 x satu bulan upah.”

Baca juga: Catat, ini 7 Karakter yang Harus Dimiliki jika ingin Sukses Berinvestasi!

Sudah tahu kan besaran THR yang akan Anda dapatkan? Pertanyaan selanjutnya, akan digunakan untuk apa uang tunjangan tersebut?

Sebagai orang bijak, ada baiknya gunakan uang THR untuk hal-hal yang bermanfaat, seperti:

Kebutuhan hari raya

THR diberikan bukan untuk foya-foya, melainkan untuk menunjang kebutuhan hari raya. Anda bisa memanfaatkannya untuk membeli jamuan lebaran, beli pakaian, mendekorasi rumah, hingga salam tempel buat sanak saudara atau kerabat dekat. Dalam hal ini, gunakanlah uang dengan cermat dan hindari mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif.

Di sisi lain, hindarilah menggunakan uang THR untuk kebutuhan mudik, seperti untuk biaya tiket perjalanan, bahan bakar, atau biaya lain selama perjalanan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ada baiknya gunakan dana yang sudah Anda kumpulkan beberapa bulan sebelumnya.

Zakat, infaq dan sedekah

Anda juga bisa memanfaatkan THR yang didapat untuk berbuat baik terhadap sesama. Anda bisa menggunakannya untuk memenuhi kewajiban zakat, infaq, dan sedekah. Ingat, ada hak orang lain dari sebagian rezeki yang Anda peroleh. Jadi, alangkah baiknya jika Anda memprioritaskan hal tersebut.

Baca juga: 10 Wejangan dari Orang-orang Sukses ini Bikin Semangat untuk Investasi, Simak Baik-baik!

Investasi

Ketika menerima THR, banyak orang yang cenderung menghabiskannya untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif. Salah satu contohnya sebut saja untuk membeli gadget atau barang elektronik. Padahal, uang THR sejatinya harus dikelola dengan bijak agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hari raya dan tidak mengganggu anggaran bulanan yang sudah ada.

Nah, selain untuk memenuhi kebutuhan lebaran, membayar zakat, infaq, dan sedekah, memanfaatkan THR untuk berinvestasi juga merupakan keputusan tepat. Hal tersebut punya manfaat positif bagi kehidupan Anda di masa depan.

Dengan berinvestasi, Anda bisa menambah penghasilan, menghindari perilaku boros, wujudkan keinginan, mempersiapkan hari tua yang cerah, dan yang pasti bisa meraih kebebasan finansial.

Kebebasan finansial merupakan kondisi di mana uang akan bekerja untuk Anda. Dalam kondisi tersebut, Anda tak perlu lagi pusing memikirkan cara untuk mendapatkan uang, sehingga hidup Anda pun akan lebih bahagia.

Lantas, investasi jenis apa yang cocok dijalankan dengan menggunakan uang THR?

Anda bisa memilih Peer to Peer (P2P) Lending yang saat ini tengah naik daun. Dari sekian banyak penyedia layanan P2P Lending yang ada saat ini, Anda bisa memilih platform Danain yang memang memfokuskan diri mencari lender alias pendana dalam skema bisnisnya.

Platform Danain memberikan imbal hasil yang menjanjikan, minimal 8% maksimal 120% per tahun. Di sini, Anda akan terhindar dari risiko gagal bayar, sebab pihak peminjam menyerahkan agunan berupa emas atau logam mulia kepada perusahaan pergadaian yang bermitra dengan Danain. Keuntungan lainnya, baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!

Bagaimana, siap manfaatkan THR untuk investasi?