Apakah kamu pernah mengalami gaji bulanan cepat sekali habis, padahal kamu tak pernah melakukan pembelian dalam skala besar? Jika ya, berarti ada yang tak beres dengan pengelolaan finansial kamu.

Berikut kami beberkan 5 hal yang tanpa disadari bikin gaji kamu cepat habis:

Kerap memanjakan diri

Memanjakan diri dengan sering makan di restoran mewah, rutin perawatan di salon, atau sering belanja barang favorit, memang menyenangkan. Tapi, jika dilakukan tanpa kontrol yang benar, hal itu bisa jadi bencana besar bagi kondisi finansial kamu.

Gaji yang kamu terima tiap bulan tak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu hingga akhir bulan. Solusi terbaik, cobalah menahan diri tak mengeluarkan uang untuk sederet hal yang disebutkan tadi.

Penggunaan kartu kredit berlebihan

Jika kamu termasuk orang yang kerap menggunakan kartu kredit secara berlebihan, jangan heran bila gaji kamu cepat habis saat awal bulan, sebab kamu harus membayar tagihan kredit di bulan lalu.

Memang kamu rela, gaji yang baru saja diterima harus lewat begitu saja untuk membayar tagihan kartu kredit?

Baca juga: Agar tetap Harmonis, Lakukan 5 Hal ini ketika Gaji Istri Lebih Besar dari Suami!

Untuk menghindari berulangnya masalah tersebut, gunakanlah kartu kredit secara bijak, atau sebisa mungkin hindari penggunaan kartu kredit untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif (sekalipun cicilannya nol persen). Dengan begitu, gaji kamu di bulan-bulan berikutnya tak ada lagi yang numpang lewat.

Kerap nongkrong di kedai kopi dan beli camilan berlebihan

Ada banyak kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari merugikan finansial. Di antaranya sebut saja kerap membeli kopi di kedai kopi hingga membeli camilan secara berlebihan . Padahal, pengeluaran tersebut sebenarnya tak masuk dalam daftar belanja yang telah dianggarkan tiap bulannya. Jika sudah jadi sebuah rutinitas dan tak dihentikan sesegera mungkin, gaji kamu pun akan selalu habis sebelum waktunya.

Tergiur belanja barang diskon

Tulisan diskon yang terpajang di toko fisik atau toko online terkadang bikin kita tergiur untuk membelinya. Padahal, barang yang didiskon tersebut belum tentu kita butuhkan. Singkat kata, banyak orang yang memutuskan untuk beli barang hanya karena terpengaruh tulisan diskon.

Jika kamu termasuk salah satunya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai saat ini. Perlu dicatat, budaya konsumtif seperti itu berpotensi besar menguras isi rekening kamu.

Baca juga: Agar Tak Sia-sia, Lakukan 5 Hal ini saat Alami Kenaikan Gaji!

Terlalu sering jalan-jalan

Gaji kamu juga akan cepat habis jika kamu terlalu sering jalan-jalan, baik itu sendiri atau bareng pasangan.

Perlu dipahami, terlalu sering jalan akan menyebabkan kantong kamu jadi jebol, sebab pengeluaranmu bukan hanya untuk makan atau jajan, tapi juga untuk pengeluaran lain yang sering tak disadari, yakni biaya parkir hingga bensin.

 

Ya, itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan gaji kamu cepat habis. Hindarilah sebisa mungkin agar kesehatan finansialmu tetap terjaga.

Dengan begitu, kamu bisa menggunakan uang yang dimiliki untuk hal yang lebih bermanfaat, seperti untuk melakukan pengembangan dana di platform Danain guna meraih kebebasan finansial. Mau tahu keuntungan mengembangkan dana di Danain? Baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!