Apakah Anda baru saja mendapatkan kenaikan gaji di tempat kerja? Jika ya, Anda patut bersyukur dan berbahagia! Pasalnya, uang yang Anda terima setiap bulan tentu akan lebih besar daripada sebelumnya.

Dalam kondisi ini, Anda tentu patut bersenang diri. Meski demikian, ada satu hal yang perlu Anda pahami dan perhatikan. Mengalami kenaikan gaji bukan berarti Anda harus lebih banyak mengeluarkan uang setiap bulannya. Akan lebih baik jika Anda tetap dengan gaya hidup yang sama dan lebih berhemat.

“Jika Anda bisa menekan pengeluaran saat gaji telah naik, itu akan membuat kondisi keuangan Anda menjadi lebih baik dari waktu ke waktu,” terang perencana keuangan senior di T. Rowe Price, Roger Young.

Berikut 5 hal yang perlu Anda lakukan saat alami kenaikan gaji:

Melacak pengeluaran

Meski telah mendapatkan kenaikan gaji, cobalah untuk tetap memerhatikan setiap uang yang dikeluarkan. Ketika berbelanja, misalnya. Tanyakan pada diri Anda, apakah barang yang dibeli membuat bahagia atau tidak. Jika jawabannya tidak, segera hentikan pengeluaran tersebut.

“Melacak pengeluaran itu sangat penting. Lihatlah kebiasaan belanja Anda dan pemicunya,” jelas Sophia Bera, pendiri perusahaan penasihat keuangan milenial.

Otomatiskan tabungan

Ketika mengalami kenaikan gaji, sebagian orang cenderung akan lebih banyak menghabiskan uangnya untuk berbagai hal. Untuk mencegah terjadinya hal itu, cobalah sisihkan uang untuk ditabung setiap kali menerima gaji.

Kata Bera,“Kebanyakan orang merasa sulit untuk mengulangi perilaku baik (menabung) setiap bulannya. Karena itu, mengotomatiskan tabungan bisa jadi pilihan tepat.”

Baca juga: Gaji di Kantor Tak Kunjung Naik? Tenang, ini Cara Cerdas Dapatkan Penghasilan Tambahan tanpa Harus Kerja Keras!

Selalu kontrol pengeluaran

Senantiasa mengontrol pengeluaran adalah cara terbaik untuk mencegah kebocoran anggaran. Ketika ingin membeli sesuatu, cobalah untuk memikirkannya dengan sangat matang terlebih dahulu.

Dijelaskan Bera, pikirkanlah 24 jam atau lebih sebelum memutuskan untuk membeli. “Kembali seminggu kemudian dan tanyakan pada diri Anda, apakah masih menginginkan dan membutuhkan barang tersebut atau tidak,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Bera, Anda juga perlu mencoba program satu hari tanpa pengeluaran. “Pilih satu hari dalam seminggu, di mana Anda tidak menghabiskan uang untuk hal apapun,”pungkasnya.

Kurangi kebiasaan makan di luar

Menurut Bera, banyak kaum milenial yang tak menyadari bahwa mereka telah menghabiskan banyak uang untuk makan di luar. Padahal, kata dia, kebiasaan tersebut bisa dicegah dengan cara mengurangi waktu berpergian setiap minggunya.

“Anda bisa memanfaatkan waktu untuk bersenang-senang daripada makan malam yang mengeluarkan biaya,”ungkap Bera, seperti dilansir CNBC.

Langkah penting lainnya, cobalah berkomitmen untuk membawa bekal lebih sering agar pengeluaran bisa ditekan.

Baca juga: Awas, Ini 5 Penyebab Anda Sulit Kaya Meski Sudah Bergaji Besar!

Lunasi utang

Saat gaji di kantor merangkak naik, segera lunasi utang yang Anda punya, tak terkecuali utang kartu kredit. Bera menyarankan agar Anda lebih berhati-hati dengan uang.

“Gunakanlah uang dengan benar, agar Anda bisa merasakan kebahagiaan bukan malah stres,” jelasnya.

Ya, itulah sederet hal yang perlu Anda lakukan saat mengalami kenaikan gaji. Untuk lebih memaksimalkannya, manfaatkan pula momen tersebut untuk berinvestasi guna meraih kebebasan finansial di masa yang akan datang.

Jika Anda merasa tak punya waktu untuk berinvestasi karena kesibukan yang luar biasa di tempat kerja, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, sudah ada instrumen investasi yang bisa dijalankan kapan saja dan di mana saja hanya dengan gadget yang Anda miliki.

Adalah Peer to Peer (P2P) Lending, penyelenggara layanan keuangan yang mempertemukan pendana dan peminjam dalam sebuah platform berbasis teknologi. Dari sekian banyak platform P2P Lending yang ada saat ini, Anda bisa memilih Danain yang memang memfokuskan diri mencari lender alias pendana dalam skema bisnisnya. Imbal hasil yang ditawarkan pun sangat menjanjikan, minimal 8%, maksimal 120% per tahun. Selengkapnya, baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!