Masalah finansial merupakan satu masalah yang sangat krusial dalam hubungan rumah tangga. Di luar sana, ada banyak pasangan yang akhirnya berpisah lantaran terjerat masalah tersebut.

Dari sekian banyak masalah finansial yang ada, satu problem yang kerap memicu pertengkaran sebut saja perihal ketimpangan pendapatan. Suami terkadang akan merasa terancam dan tidak nyaman ketika gaji istrinya lebih besar daripada dirinya.

Lantas, apa yang harus dilakukan pasangan jika mengalami kondisi tersebut?

Berikut 5 tips cerdas agar keluarga tetap harmonis, meskipun gaji istri lebih besar daripada suami:

Buat kesepakatan yang ideal

Ketika gaji istri lebih besar dari suami, cobalah buat kesepakatan yang tidak berat sebelah untuk mencegah terjadinya konflik. Sebagai suami, Anda bisa berdiskusi dengan istri untuk menyatukan visi dan misi terkait keuangan rumah tangga. Carilah waktu yang tepat, dalam hal ini saat kondisi hati sama-sama sedang tenang.

Berikanlah pemahaman kepada istri bahwa meskipun penghasilannya lebih besar, bukan berarti ia bisa bersikap seenaknya dan mendominasi. Mintalah istri untuk tetap menghormati Anda sebagai kepala keluarga.

Buat Anda sebagai suami, jangan pula bertindak semena-mena setiap kali mengambil keputusan. Ada baiknya selalu melibatkan istri dalam segala hal yang menyangkut finansial. Bicarakan semuanya berdua. Intinya, cobalah untuk saling mengerti satu sama lain dan selalu kedepankan komunikasi yang baik.

Baca juga: Awas, Ini 5 Penyebab Anda Sulit Kaya Meski Sudah Bergaji Besar!

Saling menghargai dan mendukung satu sama lain

Untuk menghindari pertengkaran akibat perbedaan gaji, berusahalah untuk saling menekan ego masing-masing. Anda dan pasangan tak boleh merasa bersaing atau iri satu sama lain. Cobalah untuk saling menghargai dan mendukung apa yang telah diraih oleh istri. Jika Anda sebatas mengingatkan agar istri tidak menghambur-hamburkan uangnya untuk hal-hal yang tidak penting, itu sah-sah saja, selama Anda menggunakan cara yang tepat dan menyampaikannya dengan cara yang baik pula.

Saling terbuka

Berapa pun pendapatan atau pengeluaran yang digunakan untuk kebutuhan pribadi atau bersama, cobalah untuk selalu terbuka satu sama lain. Yakinlah, saling terbuka merupakan langkah tepat untuk mencegah terjadinya konflik dalam rumah tangga.

Sebaliknya, menutupi keuangan satu sama lain berpotensi besar menciptakan rasa tidak nyaman dan saling curiga. Jika dibiarkan terus menerus terjadi, jangan heran jika pernikahan Anda akan berakhir pada perpisahan.

Satukan gaji

Saat berumah tangga, hindarilah mengatur gaji seorang diri. Ada baiknya jika Anda menyatukan gaji yang didapat setiap bulannya, kemudian jalankan anggaran keluarga sebaik mungkin. Gunakanlah uang sesuai porsinya, termasuk untuk uang saku sehari-hari.

Poin pentingnya, atur dan jalankanlah keuangan bersama pasangan dan lupakan gaji siapa yang lebih besar. Langkah ini akan mempermudah Anda dan pasangan untuk saling menghormati, sebab Anda berdua memiliki hak yang sama dalam keuangan rumah tangga.

Ingat, dalam rumah tangga, tak ada lagi istilah gaji suami atau gaji istri. Yang ada ialah uang milik bersama.

Baca juga: Agar Tak Sia-sia, Lakukan 5 Hal ini saat Alami Kenaikan Gaji!

Ubah pola pikir dan jangan minder

Hal lain yang juga perlu Anda lakukan adalah mengubah pola pikir yang konservatif, di mana suami harus punya penghasilan lebih besar daripada istri. Cobalah satukan persepi bahwa rezeki itu sudah ada yang mengatur dan tak akan tertukar, sebab gaji yang diterima adalah buah dari apa yang telah dikerjakan.

Alih-alih mempermasalahkan gaji istri yang lebih besar, akan lebih baik jika Anda dan pasangan fokus pada apa yang ingin dicapai dalam rumah tangga. Misal: ingin membeli rumah atau memiliki kendaraan baru.

Sementara itu, sebagai suami, jangan pula minder dengan kondisi tersebut. Selama Anda masih bekerja dan memiliki penghasilan, Anda tetap bisa menjadi kepala keluarga dan menafkahi istri.

Solusi terbaik, jadikanlah pencapaian istri sebagai motivasi untuk bekerja lebih giat lagi. Hindarilah perasaan negatif hanya karena masalah perbedaan gaji, sebab masih banyak hal lain yang lebih penting untuk dipikirkan.

Sebagai suami yang bijak, cobalah untuk jangan langsung merasa tertekan ketika istri pulang ke rumah dengan membawa uang yang lebih banyak. Sebaliknya, syukuri keadaan tersebut dan anggap sebagai berkah. Ingat, penghasilan besar berpotensi membuat kualitas hidup keluarga jadi lebih baik.

Lalu, bagaimana cara tepat untuk mengatur keuangan dalam rumah tangga? Baca ini: Agar Terhindar dari Masalah, ini 5 Tips Cerdas Atur Keuangan Bersama Pasangan!