Blog

Catat Baik-baik, Inilah Daftar Mata Uang Nilai Tertinggi di Dunia!

danain-Mata uang nilai tertinggi di dunia-gambar uang dinar

Mata uang nilai tertinggi di dunia

Tak hanya US Dollar dan Pound Sterling, berikut daftar mata uang nilai tertinggi di dunia yang jarang diketahui.

Selama ini, banyak dari kita yang beranggapan bahwa US Dollar (USD) dan British Pound Sterling (GBP) merupakan dua mata uang dengan valuasi paling tinggi di dunia. Padahal kenyataannya, masih ada beberapa mata uang dari negara lain yang punya nilai lebih tinggi dari kedua currency tersebut.

Lantas, mata uang negara mana saja yang memiliki nilai tukar tertinggi di dunia? Sampai saat ini, daftar mata uang nilai tertinggi justru didominasi oleh negara-negara dari kawasan Timur Tengah, seperti Arab, Kuwait, Bahrain, Oman dan lain sebagainya.

Langsung saja, berikut kami beberkan daftar mata uang nilai tertinggi di dunia yang mungkin saja belum kamu tahu. Simak sampai tuntas!

1. Dinar Kuwait (KWD)

Di urutan pertama daftar mata uang nilai tertinggi dipegang oleh Dinar Kuwait (KWD). Berdasarkan data perdagangan valuta asing (valas) yang kami peroleh pada tanggal 10 November 2021, 1 Dinar Kuwait setara dengan USD 3,31 atau sekitar Rp 47.227.

Baca juga: Sangat Memprihatinkan, ini Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia Tahun 2021!

Tingginya nilai mata uang dari Dinar Kuwait tak lepas dari peran bank sentral negara tersebut yang memberlakukan kebijakan nilai tukar tetap. Selain itu, seperti yang kita tahu, Kuwait menjadi salah satu negara dengan industri minyak terbesar di dunia. Hal tersebut juga menjadi faktor besarnya nilai tukar Dinar Kuwait terhadap mata uang lain.

2. Dinar Bahrain (BHD)

Di peringkat berikutnya ada Dinar Bahrain dengan nilai tukar perdagangan mata uang saat ini USD 2,65 atau jika dirupiahkan sekitar Rp 37.760.

Sama halnya seperti negara Timur Tengah yang lain, Bahrain menjadi salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia. Tak heran jika valuasi mata uang mereka dipatok cukup tinggi.

Negara kecil yang hanya memiliki 1,7 juta penduduk ini juga dibekali dengan kondisi ekonomi yang stabil lewat kegiatan ekspor berbagai macam komoditas, seperti minyak, aluminium, dan tekstil. Dalam aktivitas ekspornya, Bahrain banyak bekerja sama dengan Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat.

3. Rial Oman (OMR)

Rial Oman jadi mata uang nilai tertinggi di dunia yang berikutnya. Meski jarang diperdagangkan, 1 Rial Oman memiliki nilai yang setara dengan USD 2,60 atau jika dirupiahkan sekitar Rp 37 ribu.

Baca juga: Bikin Geleng-geleng Kepala, Inilah 7 Makanan Termahal di Dunia yang Perlu Kamu Tahu!

Menariknya, karena dianggap terlalu tinggi, pemerintah dan bank sentral negara tersebut sampai harus mengeluarkan pecahan ¼ dan ½ Rial Oman untuk memudahkan transaksi perdagangan dalam nominal kecil.

4. Dinar Yordania (JOD)

Selanjutnya, ada Dinar Yordania di peringkat keempat dalam kategori mata uang nilai tertinggi di dunia. Berdasarkan data nilai tukar valas per 10 November 2021, 1 Dinar Yordania setara dengan Rp 20.087 atau sekitar USD 1,41.

Meski punya nilai mata uang yang cukup tinggi, namun Yordania sebenarnya bukan termasuk negara penghasil minyak, seperti tiga negara yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Bahkan, negara ini memiliki kondisi ekonomi yang bisa dibilang kurang baik jika dibandingkan dengan negara Timur Tengah yang lainnya.

Menurut ahli, tingginya nilai mata uang Yordania dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah yang memberlakukan nilai tukar tetap pada mata uang yang digunakan.

5. Pound Sterling Inggris (GBP)

Di daftar terakhir ada Pound Sterling Inggris yang menjadi mata uang nilai tertinggi di kawasan Eropa. Meski berada di bawah 4 negara Timur Tengah yang lain, ternyata Pound Sterling pernah menjadi raja valuta asing dengan nilai tukar tertinggi di dunia.

Baca juga: Inilah 10 Mata Uang Terendah di Dunia Tahun 2021, Ada Indonesia!

Berbeda dengan 4 mata uang lain yang jarang diperdagangkan, Pound Sterling jadi salah satu currency yang banyak diminati oleh para trader saat ini. Per tanggal 10 November 2021, 1 Pound Sterling setara dengan Rp 19.280 atau sekitar USD 1,35.

Itulah informasi mengenai daftar mata uang nilai tertinggi di dunia yang perlu kamu tahu. Kesimpulannya, ternyata bukan hanya Dollar, Euro, dan Pound Sterling saja yang identik dengan label mata uang bernilai tinggi. Faktanya, masih banyak mata uang negara lain yang punya nilai tukar lebih besar dari Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa.

Leave a Reply