Blog

Ini Dia, Contoh Surat Tagihan Pembayaran Jasa dan Cara Membuatnya!

danain-Contoh surat tagihan pembayaran jasa-gambar invoice

Contoh surat tagihan pembayaran jasa

Sedang bingung bagaimana cara membuat invoice? Berikut kami berikan contoh surat tagihan pembayaran jasa yang bisa kamu gunakan!

Dalam menjalankan bisnis, utang piutang jadi suatu hal yang cukup wajar ada atau dilakukan. Biasanya, hal ini dilakukan oleh penjual (pemberi utang) kepada pembeli (orang yang berutang), di mana nantinya surat tagihan tersebut akan dikirimkan jika sudah jatuh tempo atau pembayaran tidak segera dilunasi.

Pemberian surat tagihan ini didasari atas transaksi jual beli produk barang maupun jasa yang dilakukan antara kedua belah pihak. Nah, jika dalam hal ini kamu berlaku sebagai pemilik bisnis jasa yang punya piutang terhadap konsumen, maka kamu bisa membuat contoh surat tagihan pembayaran jasa seperti yang kami ulas berikut ini.

Apa yang Dimaksud Surat Tagihan Pembayaran?

Surat tagihan pembayaran atau invoice adalah surat yang diberikan pada pihak tertagih agar segera melunasi utang yang dimilikinya. Dalam dunia bisnis, hal semacam ini memang cukup sering terjadi dan sebenarnya adalah hal yang wajar.

Baca juga: Pengertian, Syarat, dan Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Jabatan!

Terlebih jika kamu adalah penyedia bisnis jasa, seperti travel, pariwisata, event organizer, dan sejenisnya. Di mana biasanya, salah satu opsi pembayaran memberlakukan pelunasan di akhir kegiatan.

Sayangnya, seringkali terdapat konsumen yang telat melakukan pembayaran. Nah, pemberian invoice atau surat tagihan ini bisa dijadikan salah satu opsi untuk mengingatkan konsumen bahwa mereka memiliki utang atau kewajiban tertanggung kepada kita.

Tentu, pembayaran utang yang terlambat berpotensi merugikan pihak pemberi utang. Di mana uang tersebut semestinya bisa diputar untuk modal yang lain atau sebagai profit bisnis.

Fungsi Surat Tagihan Pembayaran

Salah satu fungsi surat tagihan ini adalah untuk memberi peringatan pada pihak tertanggung bahwa mereka masih memiliki kewajiban yang belum terlunasi. Diharapkan dari surat penagihan ini, pihak pembeli atau konsumen lebih responsif terhadap pemberitahuannya.

Selain itu, invoice juga berfungsi sebagai bukti bahwa telah terjadi transaksi jual beli antar kedua belah pihak, baik dalam bentuk barang maupun jasa. Jika salah satu pihak menyalahi kesepakatan ini, maka dapat diperkarakan di meja hukum.

Baca juga: Informasi Lengkap tentang Struktur dan Contoh Surat Pernyataan Bermaterai

Di sisi lain, surat tagihan pembayaran juga memiliki fungsi untuk menghindarkan pelanggan dari denda atas keterlambatan pembayaran. Maka dari itu, sebelum jatuh tempo tiba, perusahaan bisa mengirimkan invoice pengingat terlebih dahulu.

Contoh Surat Tagihan Pembayaran Jasa

Nah, setelah mengetahui definisi serta fungsi dari surat tagihan atau invoice di atas, berikutnya kami akan berikan contoh surat tagihan pembayaran jasa yang mungkin bisa kamu gunakan untuk menagih klien atau pelanggan yang belum melakukan pelunasan terhadap jasa yang kamu tawarkan.

Maju Sejahtera Tour and Travel

Jl. Adi Sucipto No. 9, Surakarta

Telp. (0271) 448001

Lampiran : 2 lembar
Perihal : Tagihan Invoice
Kepada Yth,
Pimpinan CV. Jaya Kencana
Jl. Dr. Radjiman No. 9,
Surakarta, Jawa Tengah

Dengan hormat,

Berdasarkan catatan laporan administrasi pembukuan kami, saudara belum melunasi sisa pembayaran tanggal 1 Mei 2022 dengan No. Kwitansi 1048 sebesar Rp 39.000.000,00 (tiga puluh sembilan juta rupiah) atas pembayaran jasa pariwisata dan pemandu wisata.

Untuk tanggal jatuh tempo sisa pembayaran adalah tanggal 1 Juni 2022 kemarin. Namun, sampai saat ini saudara belum melakukan pelunasan terhadap sisa pembayaran.

Maka dari itu, kami sangat berharap bahwa saudara berkenan untuk segera melunasi pembayaran yang masih tersisa.

Demikian surat pemberitahuan ini agar dijadikan perhatian oleh saudara.

Terima kasih.

Hormat kami,
Maju Sejahtera Tour And Travel

 

Baca juga: Seperti Apa Sih Contoh Surat Pernyataan Perjanjian yang Benar? Simak Jawabannya di Bawah ini!

Nah, demikianlah ulasan mengenai contoh surat tagihan pembayaran jasa yang bisa kamu gunakan untuk melakukan penagihan pada klien atau pengguna jasa bisnismu. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu!

Leave a Reply