Blog

Informasi Lengkap tentang Struktur dan Contoh Surat Pernyataan Bermaterai

danain-contoh_surat_pernyataan_bermaterai-gambar orang menulis surat

contoh surat pernyataan bermaterai

Seperti apa jenis surat pernyataan dan contoh surat pernyataan bermaterai?

Saat melamar pekerjaan atau untuk urusan bisnis, kamu perlu menyertakan surat pernyataan. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mengetahui contoh surat pernyataan bermaterai yang baik dan benar.

Pada umumnya, sejumlah instansi pemerintah atau perusahaan telah menyediakan format surat pernyataan untuk berbagai keperluan. Jika tak ada formatnya, maka kamu harus membuatnya sendiri dari awal.

Berikut penjelasan lengkap tentang surat pernyataan dan contoh surat pernyataan bermaterai yang perlu kamu tahu.

Sekilas Mengenai Surat Pernyataan

Sebelum membahas contoh surat pernyataan bermaterai lebih dalam, ada baiknya untuk tahu dulu tentang pengertian surat pernyataan secara singkat. Untuk diketahui, surat pernyataan termasuk surat resmi yang isinya bentuk kesanggupan atas sebuah hal. Surat ini punya sifat yang mengikat, baik bagi perseorangan maupun kelompok.

Baca juga: Perhatikan Baik-baik, ini Contoh Surat Rekomendasi Kerja dan Cara Membuatnya!

Surat pernyataan memiliki aspek legalitas yang harus dicantumkan. Agar surat pernyataan memperoleh pengakuan hukum, maka surat tersebut harus ditandatangani di atas materai, sehingga pernyataannya bisa dipertanggungjawabkan. Materai akan memperkuat isi dan penjelasan yang tercantum dalam surat pernyataan.

Jenis Surat Pernyataan

Surat pernyataan terbagi dalam beberapa jenis, yakni:

Surat pernyataan diri. Dipakai untuk memaparkan kondisi pribadi atau hal yang ingin diungkapkan ke pihak-pihak tertentu.

Surat pernyataan utang. Digunakan untuk pengakuan memiliki sebuah utang. Surat ini juga berisi janji waktu pelunasan utang yang berkekuatan hukum tetap.

Surat pernyataan kesanggupan. Berisi kesanggupan seseorang dalam menjalankan aturan. Misal, kesanggupan seseorang untuk membayar biaya sekolah sebelum tenggat waktu.

Surat pernyataan kerja. Surat ini dibuat oleh karyawan dan berfungsi sebagai pernyataan bahwa karyawan tersebut memang bagian dari perusahaan.

Surat pernyataan bebas narkoba. Surat ini juga berkaitan dengan contoh surat pernyataan bermaterai. Sebagai informasi, surat pernyataan bebas narkoba kerap digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi, melamar pekerjaan, dan lain sebagainya. Surat ini berisi pernyataan bahwa pihak yang bersangkutan bukan pengguna narkoba.

Baca juga: Jangan Asal Bikin, Inilah Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar!

Manfaat Surat Pernyataan

Surat pernyataan punya sejumlah manfaat yang tak main-main, baik bagi pihak pembuat, penerima, hingga pihak yang dinyatakan. Bagi pihak pembuat, surat ini menunjukkan kredibilitas. Bagi pihak penerima, surat ini menunjukkan keseriusan dari si pembuat surat. Sementara bagi pihak yang dinyatakan, surat ini menjadi sebuah pengakuan dari pihak tertentu mengenai suatu hal.

Ciri Surat Pernyataan

Karena surat pernyataan adalah surat resmi, maka bahasa yang digunakan harus formal, informatif, dan sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD). Surat pernyataan harus dibubuhi materai yang menjadi tanda keseriusan atas kesepakatan yang tercantum dalam surat.

Judul surat pernyataan harus berada di bagian tengah, sementara isinya merupakan pernyataan yang didasarkan pada fakta sebenarnya. Surat pernyataan juga harus dilengkapi dengan tanda tangan yang disematkan di atas materai, lengkap dengan nama sebagai keterangannya. Ciri-ciri ini bisa kamu jadikan referensi saat akan menyusun format surat pernyataan.

Contoh Surat Pernyataan

Berikut adalah contoh surat pernyataan bermaterai yang baik dan benar.

 

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:

Tempat dan Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Agama:

Alamat:

Telepon:

 

Melalui surat ini, saya menyatakan bahwa:

  1. Tidak terikat kontrak kerja pada perusahaan manapun.
  2. Status belum menikah.
  3. Bersedia menjalankan tugas selama masa yang sudah ditetapkan.
  4. Bersedia tidak mengambil cuti ketika masa penugasan.
  5. Tidak akan melakukan tindak pidana dalam bentuk apapun.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Jika ke depannya saya terbukti melanggar pernyataan, maka saya siap menanggung konsekuensi atas pelanggaran yang dilakukan.

(Tempat, Tanggal, Tahun)

Pembuat Pernyataan,

Materai 6000 ditanda tangani

(Nama Lengkap)

 

Baca juga: Cegah Perselisihan dalam Kegiatan Pinjam Meminjam Uang, Surat Perjanjian Utang Piutang Harus Dibuat oleh Kedua Belah Pihak!

Ya, itulah contoh surat pernyataan bermaterai yang perlu kamu tahu. Poin penting yang harus selalu diingat, pastikan untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baku saat membuat surat tersebut!

Leave a Reply