Blog

Pengertian, Syarat, dan Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Jabatan!

danain-Contoh surat keputusan pengangkatan jabatan-gambar orang sukses

Contoh surat keputusan pengangkatan jabatan

Seperti apa contoh surat keputusan pengangkatan jabatan?

Pada dasarnya, terdapat banyak sekali variasi dan contoh surat keputusan pengangkatan jabatan. Untuk membuatnya pun dapat dibilang sangat mudah sekali. Hal ini dikarenakan, umumnya sebuah perusahaan telah mempunyai template tersendiri untuk membuat surat ini. Berikut ini akan ditunjukkan penjelasan lebih lengkapnya.

Apa yang Dimaksud Surat Keputusan?

Apabila ditinjau berdasarkan pengertian secara umum, surat keputusan merupakan salah satu penetapan tertulis yang dikeluarkan oleh suatu badan. Di samping itu, bisa pula dikeluarkan oleh pejabat negara ataupun pemerintah. Sedangkan untuk isinya, surat ini memuat terkait dengan penetapan tertulis yang telah disesuaikan dengan perundang-undangan yang berlaku.

Sifat dari keberadaan surat ini yaitu dapat dibilang sangat konkret, final, dan juga individual. Dengan kata lain, keputusan yang tertulis di dalamnya dapat ditentukan secara bentuk wujudnya. Selain itu, tidak ditujukan untuk khalayak umum dan pastinya bersifat pasti.

Baca juga: Informasi Lengkap tentang Struktur dan Contoh Surat Pernyataan Bermaterai

Di samping itu, surat keputusan ini juga dapat diartikan sebagai pengakhiran dari proses pemikiran terkait dengan suatu masalah. Adanya surat ini dapat sekaligus menjawab suatu pertanyaan jenis apa yang harus diperbuat. Yang mana hal ini bertujuan untuk mengatasi setiap permasalahan dengan menjatuhkan pilihan pada alternatif tertentu.

Manfaat Keberadaaan Surat Keputusan

Sebelum sampai pada bagian contoh surat keputusan pengangkatan jabatan, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa manfaat sesungguhnya dari surat ini. Salah satu manfaat yang diberikan yaitu dapat menjadi bagian legalitas dan terjaminnya suatu hal.

Pasalnya, surat keterangan ini disusun secara tertulis dan tertera stempel ataupun tandatangan. Selain itu juga, mendapatkan penetapan tertulis dari suatu badan tertentu atau instansi dan organisasi secara resmi. Lebih kerennya lagi, keberadaan surat ini juga dapat memberikan kepastian terhadap hukum yang berlaku di Indonesia.

Unsur-unsur yang Harus Ada di Surat Keputusan Pengangkatan Jabatan

Terkait dengan contoh surat keputusan pengangkatan jabatan, terdapat berbagai macam unsur yang harus diketahui dengan baik. Salah satunya yaitu pemberi dan juga penerima surat. Pada dasarnya, pihak terkait yang memberikan sekaligus menerima surat harus tertera dengan jelas pada surat tersebut.

Untuk pemberian nama pihak pemberi surat merupakan perusahaan yang terkait. Sedangkan untuk penerima surat merupakan nama dari seseorang yang akan diangkat jabatannya. Di samping itu juga harus terdapat unsur berupa waktu yang jelas.

Baca juga: Jangan Asal Lego, ini Cara Menjual Emas Tanpa Surat yang Perlu Kamu Tahu!

Pengangkatan jabatan tersebut dapat disebut secara resmi apabila tanggal dikeluarkannya surat keputusan telah tertulis dengan sangat detail. Waktu dikeluarkannya surat keputusan ini umumnya menunjukkan waktu berlakunya keputusan dalam pengangkatan tersebut.

Di dalam dokumen ini haruslah terdapat informasi perihal surat. Perlu untuk diketahui bahwa unsur ini merupakan unsur wajib yang tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, hal ini merupakan bagian yang menentukan apa tujuan dari adanya surat tersebut.

Selain itu, untuk perihal surat juga harus selaras dengan judul surat yang tertera pada bagian awal. Dari beberapa unsur yang telah dijelaskan tersebut, terdapat unsur lain yang juga mempunyai sifat penting yakni ketentuan pengangkatan.

Meskipun di dalam surat tersebut tidak dijelaskan secara mendetail atau spesifik, namun adanya aturan terkait dengan hak dan juga kewajiban ini haruslah diikuti oleh siapa saja setelah mendapatkan status barusnya.

Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Jabatan

Berikut merupakan salah satu contoh surat keputusan pengangkatan jabatan sebagai kepegawaian.

SURAT KEPUTUSAN

No: …./SK….-HRD/I/22

Perihal: Pengangkatan Karyawan

Setelah adanya pertimbangan dari beberapa tahapan evaluasi terhadap kinerja Saudara Yafis Abdul. Terhitung dari tanggal 23 Desember 2021 dengan jabatan sebagai pegawai sementara di PT. ABCD. Maka dengan ini perusahaan telah menganggap Saudara telah memenuhi setiap kriteria untuk bisa diangkat sebagai karyawan tetap. Berikut ini beberapa ketentuan yang bisa diikuti.

Di tetapkan di: Malang, 23 Januari 2022.

HRD PT. ABCD

Baca juga: Seperti Apa Sih Contoh Surat Pernyataan Perjanjian yang Benar? Simak Jawabannya di Bawah ini!

Memahami contoh surat keputusan pengangkatan jabatan menjadi langkah yang tepat untuk menambah wawasan agar tidak salah nantinya. Terlebih lagi, surat ini mempunyai sifat yang sangat resmi, sehingga harus benar-benar dibuat dengan serius dan dipertimbangkan dengan baik-baik.

Leave a Reply