Blog

Seperti Apa Sih Contoh Surat Pernyataan Perjanjian yang Benar? Simak Jawabannya di Bawah ini!

danain-contoh_surat_pernyataan-gambar contoh surat pernyataan

Contoh surat pernyataan perjanjian

Ini dia, contoh surat pernyataan perjanjian yang perlu kamu tahu!

Surat pernyataan perjanjian dibutuhkan sebagai tanda kesepakatan antara dua pihak atau lebih, sehingga contoh surat pernyataan perjanjian perlu diketahui. Sebelum membahas surat ini lebih dalam, ada baiknya untuk tahu dulu tentang jenis surat pernyataan secara umum. Berikut ulasan lengkapnya!

Definisi Surat Pernyataan

Surat pernyataan adalah penjelasan tertulis mengenai situasi yang mengharuskan seseorang menyelesaikan suatu tanggung jawab atau pernyataan berhalangan hadir.

Surat pernyataan bisa dibuat oleh individu, kelompok, organisasi, atau perusahaan besar dengan tujuan berbagai macam. Pada umumnya, tujuan dibuatnya surat ini adalah sebagai ikatan bagi individu maupun kelompok untuk menjelaskan, menyanggupi, hingga mengakui hal tertentu.

Surat yang bersifat resmi ini ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baku, dilengkapi dengan tanda tangan pihak bersangkutan, hingga pembubuhan materai.

Baca juga: Perhatikan Baik-baik, ini Contoh Surat Rekomendasi Kerja dan Cara Membuatnya!

Fungsi Surat Pernyataan

Sebelum mengetahui contoh surat pernyataan perjanjian yang bersifat resmi, kamu juga perlu tahu perihal tujuan pembuatan surat secara general. Ini dia rinciannya:

  1. Tujuan Sehari-hari

Surat pernyataan dijadikan pelengkap dalam suatu persyaratan. Misal, urusan lamaran kerja yang mengharuskan calon pelamar melampirkan surat pernyataan. Singkat kata, surat ini bisa mendampingi curriculum vitae (CV) saat melamar pekerjaan.

  1. Kebutuhan Dinas maupun Pekerjaan

Surat ini juga bisa dibuat untuk melancarkan urusan pekerjaan. Dengan kehadiran surat pernyataan, maka pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat dilakukan.

  1. Kebutuhan Lembaga

Surat pernyataan juga dibutuhkan untuk keperluan suatu lembaga. Tujuan dari surat ini adalah untuk menyajikan pernyataan mengenai suatu pekerjaan, sehingga pekerjaan yang bersangkutan bisa dilaksanakan secara optimal.

Ciri-ciri Surat Pernyataan

Surat pernyataan termasuk surat resmi yang dibuat sebagai bentuk kesanggupan. Surat ini dilengkapi dengan materai yang berkekuatan hukum. Adapun ciri-ciri surat pernyataan adalah memakai bahasa resmi, formal dan, informatif.

Surat ini memaparkan data diri secara lengkap, efektif dan rinci. Selain itu, bahasa dan ejaannya juga disesuaikan dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Judul di surat pernyataan terletak pada bagian tengah surat.

Baca juga: Jangan Asal Bikin, Inilah Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar!

Isi surat pernyataan merupakan pernyataan yang dibuat sesuai fakta yang sebenarnya. Surat ini juga dilengkapi dengan nama lengkap, beserta tanda tangan di atas materai.

Sebenarnya, susunan surat pernyataan hampir sama dengan jenis surat pada umumnya. Namun, satu hal yang membedakan, yaitu isi surat pernyataan adalah identitas pihak pembuat surat.

Format Surat Pernyataan Perjanjian

Untuk diketahui, contoh surat pernyataan perjanjian berisi tentang kesanggupan dua pihak atau lebih mengenai suatu kerja sama. Berikut contoh lengkapnya.

SURAT PERJANJIAN PEMBAYARAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                    : Dina Aulia

Pekerjaan           : Karyawan Swasta

Alamat                  : Jalan Mawar No. 3, Tangerang Selatan

Sebagai pihak pertama

 

Nama                    : Ratu Farah

Pekerjaan           : Guru

Alamat                  : Puri Melati No. 7, Tangerang Selatan

Sebagai pihak kedua

Bahwa pihak pertama dan pihak kedua, merupakan para pihak yang sepakat mengikatkan diri. Atas kesepakatan dalam surat perjanjian pembayaran sebidang tanah di Bumi Serpong Damai No.10, Tangerang Selatan. Kesepakatan ini disetujui dengan iklas dan kekeluargaan, tanpa ada paksaan dari pihak manapun, untuk melakukan pembayaran secara damai.

Berdasarkan hal-hal tersebut, para pihak setuju dan sepakat membuat Surat Perjanjian Penyelesaian ini, sebagaimana syarat dan ketentuan yang telah ditentukan.

 

Tangerang Selatan, 2 November 2021

Pembuat Perjanjian,

Pihak Pertama                                                                                                                             Pihak Kedua

Dina Aulia                                                                                                                                                            Ratu Farah

Baca juga: Cegah Perselisihan dalam Kegiatan Pinjam Meminjam Uang, Surat Perjanjian Utang Piutang Harus Dibuat oleh Kedua Belah Pihak!

Ya, itulah contoh surat pernyataan perjanjian yang perlu kamu tahu. Semoga contoh surat pernyataan perjanjian yang telah disajikan bisa menjadi referensi ketika kamu memerlukan surat tersebut.

Leave a Reply