Blog

Inilah Contoh Surat PHK karena Kesalahan Berat

danain-Contoh surat PHK karena kesalahan berat-gambar surat phk

Contoh surat PHK karena kesalahan berat

Bagaimana aturan, prosedur, serta contoh surat PHK karena kesalahan berat?

Contoh surat PHK karena kesalahan berat tidak bisa dibuat asal-asalan. Pasalnya, untuk membuat surat tersebut, ada prosedur khusus yang perlu diketahui.

Ingin memahami bagaimana aturan, prosedur, hingga contohnya? Berikut akan dijelaskan lebih lanjut terkait hal tersebut!

Pengertian Contoh Surat PHK karena Kesalahan Berat

Jika dijabarkan, PHK merupakan singkatan dari Pemutusan Hubungan Kerja. Hal tersebut merupakan bentuk dari pengakhiran kerja oleh perusahaan kepada karyawannya dengan alasan tertentu. Segala macam tindakan yang sudah tidak dapat ditolerir, bisa menyebabkan berakhirnya hak serta kewajiban antara pekerja dengan pemilik bisnis.

Umumnya, hal tersebut disebabkan karena berbagai faktor, mulai dari kesalahan ringan, sedang, bahkan kesalahan berat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga perilaku ketika tengah berada di dalam area kerja.

Baca juga: Pengertian, Syarat, dan Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Jabatan!

Prosedur yang Harus Dilakukan Ketika Memutus Hubungan Kerja dengan Karyawan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai contoh surat PHK karena kesalahan berat, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu prosedur ketika memutus hubungan kerja. Pertama, yaitu dengan memperhatikan mekanisme dari kontrak karyawan yang akan di PHK. Sangat perlu untuk memastikan bahwa setiap langkah sudah sesuai dan tidak merugikan kedua belah pihak.

Apabila perusahaan melakukan PHK kepada karyawan dengan status masih terikat kontrak, maka perusahaan perlu memberikan ganti rugi. Besarnya nilai yang diberikan juga harus disesuaikan dengan masa habis dari kontrak tersebut.

Akan tetapi, jika masa kontrak terhitung telah berakhir, maka perusahaan tidak mempunyai kewajiban untuk memberikan ganti rugi. Sedangkan untuk tahap-tahap PHK dapat diawali dengan mempersiapkan seluruh data pendukung secara lengkap.

Selanjutnya, dapat memberikan informasi secara gamblang terkait dengan kesalahan ataupun alasan dilakukannya PHK tersebut. Lalu, dilakukan musyawarah dan mediasi hukum, diikuti dengan menyiapkan kompensasi.

Apakah Bisa Perusahaan Memutus Hubungan Kerja Secara Sepihak?

Jika didasarkan pada UU Nomor 13 Tahun 2003 terkait dengan ketenagakerjaan, di dalam pasal 151 ayat 1 hingga 3 serta pasal 155 ayat 1 hingga 170 sama sekali tidak menjelaskan hal tersebut. Namun, di dalam pasal 151 ayat 1 terdapat sedikit pembahasan agar perusahaan dapat mengusahakan supaya tidak sampai terjadi PHK secara sepihak.

Baca juga: Informasi Lengkap tentang Struktur dan Contoh Surat Pernyataan Bermaterai

Namun, jika kesalahan yang diperbuat telah melebihi batas atau dalam bentuk kasus berat, maka dapat dilakukan perundingan oleh pebisnis dengan karyawan. Hal ini disesuaikan berdasar Undang-undang Pasal 151 ayat 3. Akan tetapi, apabila masih belum menemukan titik terang setelah dilakukannya perundingan tersebut, perusahaan dapat melakukan PHK sepihak setelah ditetapkan oleh PHI.

Contoh Surat PHK karena Kesalahan Berat

Setelah mengetahui pengertian hingga Undang-undang yang berlaku dalam sistem ketenagakerjaan, kali ini akan diberikan contoh dari surat tersebut.

KOP Surat

Nomor

Diinformasikan kepada:

Nama    : Deddy Dwi Iskandar

Jabatan : Teknisi Mesin Utama

Melalui surat ini, akan disampaikan apabila kami sangat menghargai kinerja saudara selama bekerja di perusahaan ini. Namun, kami mohon maaf, keberadaan surat ini bertujuan untuk menyampaikan apabila perusahaan tidak lagi melanjutkan kerjasama. Hal ini dikarenakan adanya kesalahan berat atau pelanggaran aturan fatal yang menyebabkan kerugian besar terhadap perusahaan.

Sehingga, dengan berat hati kami akan memutus hubungan kerja dengan saudara.

Demikian surat pemutusan hubungan kerja ini dibuat. Atas perhatian serta pengertian saudara, kami ucapkan banyak rasa terima kasih.

Malang, 2 April 2022

Hormat Kami

Lailatul Maghfiroh

HRD Manager

Baca juga: Seperti Apa Sih Contoh Surat Pernyataan Perjanjian yang Benar? Simak Jawabannya di Bawah ini!

Contoh surat PHK karena kesalahan berat tersebut dapat memberikan sedikit pandangan ketika ingin membuatnya. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui apa saja yang perlu dilakukan pada saat ingin melakukan PHK dan seperti apa Undang-undang yang berlaku.

Leave a Reply