Blog

Pengertian, Karakteristik, dan Contoh Kepemimpinan Transformasional!

danain-Contoh kepemimpinan transformasional-gambar orang sedang berdiskusi

Contoh kepemimpinan transformasional

Setiap pemimpin punya cara masing-masing dalam mengelola perusahaan atau organisasinya. Dalam kesempatan ini, kami akan mengulas pengertian, karakteristik, hingga contoh kepemimpinan transformasional yang ada dalam dunia kerja.

Selama ini, kamu mungkin sudah sering mendengar tentang jenis-jenis gaya kepemimpinan yang ada dalam sebuah perusahaan atau organisasi, seperti gaya kepemimpinan otoriter, demokratis, hingga visioner. Namun demikian, pernahkah kamu mendengar tentang gaya kepemimpinan transformasional?

Jika belum, ulasan berikut ini penting sekali untuk disimak. Pasalnya, kami akan beberkan pengertian, karakteristik, hingga contoh kepemimpinan transformasional, seperti dikutip dari laman Detik.com.

DEFINISI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL

Kepemimpinan transformasional adalah gaya kepemimpinan yang memotivasi dan memberdayakan orang-orang yang berada di bawah tanggung jawabnya untuk dapat bekerja sama dalam mewujudkan tujuan organisasi. Seorang pemimpin transformasional akan memberikan ruang yang luas kepada bawahannya untuk mengasah berbagai skill yang diperlukan dalam dunia kerja.

Baca juga: Simak, ini Penjelasan Lengkap Mengenai Gaya Kepemimpinan Laissez Faire!

Dengan diberikannya ruang yang luas tersebut, maka setiap karyawan yang berada di bawah naungannya akan menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam menemukan solusi atas setiap permasalahan yang terjadi. Pada akhirnya, setiap karyawan bisa memberikan andil baik yang berkaitan dengan organisasi.

Adapun melalui gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan, setiap karyawan cenderung akan memiliki tingkat kepuasan dan komitmen yang tinggi terhadap pekerjaannya. Tak hanya itu, langkah tersebut juga bisa menciptakan budaya dan lingkungan kerja yang sehat bagi organisasi.

KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL

Pemimpin bergaya transformasional punya karakteristik tertentu yang membedakannya dari pemimpin lain, yakni:

Idealized Influence (Idealisasi Pengaruh)

Karakteristik yang pertama adalah idealisasi pengaruh. Pemimpin transformasional punya fokus untuk membangun budaya organisasi, di mana setiap orang yang ada di dalamnya akan saling membantu untuk mencapai tujuan bersama.

Baca juga: Bos Walt Disney: Miliki 8 Prinsip ini jika Mau jadi Pemimpin Hebat!

Setiap karyawan paham betul bahwa pemimpin adalah sosok yang jadi panutan. Karena itu, pemimpin harus memberikan contoh yang baik, sehingga bisa diikuti oleh semua karyawan. Bahkan, pemimpin juga akan mendapatkan kepercayaan yang lebih dari bawahannya.

Inspirational Motivation (Motivasi Inspirasional)

Pemimpin transformasional adalah seorang pemimpin yang punya visi jelas dan bisa mengomunikasikannya dengan baik kepada setiap karyawan. Pemimpin transformasional berperan sebagai mentor untuk mendampingi para anggotanya.

Dalam konteks ini, pemimpin akan memberikan tantangan kepada karyawan untuk mengasah kreativitas sembari membimbingnya. Sejalan dengan itu, mereka juga akan menularkan rasa optimistis dan memberikan motivasi yang baik kepada karyawan.

Intellectual Stimulation (Stimulasi Intelektual)

Seorang pemimpin transformasional mampu menstimulasi bawahannya untuk menyelesaikan segala permasalahan dengan cermat dan rasional. Selain itu, mereka juga mendorong karyawannya untuk menyelesaikan masalah dengan efektif dan efisien.

Baca juga: Kerap Dicap Negatif, Mampukah Generasi Milenial jadi Pemimpin yang Berkualitas?

Individualized Consideration (Konsiderasi Individual)

Karakteristik yang terakhir adalah konsiderasi individual, pemimpin mampu memahami perbedaan individual para bawahannya. Dalam hal ini, pemimpin akan mendengar semua aspirasi para karyawan, mulai dari ide, saran, bahkan kritik.

CONTOH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL

Kamu mungkin bertanya-tanya, seperti apa sih contoh kepemimpinan transformasional? Berikut kami berikan contoh kasusnya!

  1. Kepemimpinan transformasional bisa dilihat dalam diri Mahatma Gandhi. Ia menggunakan pendekatan yang lembut dan humanis dalam melakukan perlawanan, sehingga dicintai oleh banyak orang di seluruh dunia hingga saat ini.
  2. Dalam dunia kerja, kepemimpinan transformasional dapat dilihat saat Ignasius Jonan memimpin PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kepemimpinannya saat itu berhasil mentransformasi PT KAI dengan mengubah mindset karyawan dari product oriented jadi customer oriented.

Ya, itulah pengertian, karakteristik, dan contoh kepemimpinan transformasional yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply