Blog

Berkat Barang Bekas, 5 Orang ini Kaya Mendadak, Beruntung!

Berkat_Barang_BekaS_5_Orang_ini_Kaya_Mendadak_Beruntung!

Umumnya, seseorang harus bekerja untuk meraih kekayaan. Ada yang bekerja keras dengan cara menjalankan bisnis atau usaha, adapula yang kerja cerdas dengan cara berinvestasi.

Namun, tahukah Anda jika ternyata ada beberapa orang yang berhasil mencapai kekayaan dengan cara yang sangat instan, bahkan tanpa perlu berusaha?

Orang-orang tersebut masuk kategori orang beruntung, sebab mereka meraih kekayaan berkat sesuatu yang tak terduga, yakni barang bekas. Kok bisa?

Berikut 5 kisah orang beruntung yang berhasil kaya, bahkan ada yang meraup uang miliaran berkat barang bekas:

Lukisan usang yang rumit

Teri Horton, seorang pensiunan sopir truk mengunjungi salah satu toko barang bekas di California pada tahun 1990 lalu. Saat itu, ia melihat sebuah lukisan usang di pojok ruangan. Barang tersebut sepertinya tak diinginkan oleh siapapun.

Meski tak suka dengan gambar rumit tersebut, namun Horton menganggapnya lucu. Ia pun membeli lukisan itu dengan harga 5 dolar AS untuk kemudian diberikan kepada seorang temannya.

Setelah itu, Horton pergi minum bersama temannya. Di saat bersamaan, sang teman ternyata mengajak kekasihnya yang berprofesi sebagai guru seni. Ketika melihat lukisan yang dibawa Horton, guru tersebut berujar bahwa yang tengah dipegangnya itu merupakan lukisan karya Jackson Pollock, seniman asal Amerika yang dianggap sebagai master ekspresionisme abstrak .

Untuk membuktikan pernyataan tersebut, lukisan itu kemudian diteliti oleh ahli. Benar saja, lukisan tersebut asli dan nilainya ditaksir mencapai 50 juta dolar AS. Harga yang fantastis untuk sebuah barang bekas.

Lembaran deklarasi kemerdekaan

Seorang pria yang tak disebutkan identitasnya membeli lukisan bekas seharga 4 Dolar AS di sebuah pasar loak di Adamstown. Ia membelinya saat itu karena tertarik dengan bingkainya. Sampai di rumah, ia melepas lukisan pemandangan desa tersebut dari bingkai.

Tak disangka, ia menemukan salah satu lembaran dari 500 salinan deklarasi kemerdekaan di bagian belakang bingkai. Setelah diteliti, kertas tersebut ternyata dicetak oleh John Dunlap pada 4 Juli 1776 untuk mengabarkan kemerdekaan kepada seluruh warga dari 13 koloni dan itu merupakan satu dari 24 salinan deklarasi yang berhasil diungkap.

Baca juga: Jadi Orang Terkaya Sejagat Raya, ini 10 Fakta tentang Jeff Bezos yang Jarang Diketahui!

Ketika dilelang di Sotheby, lukisan yang awalnya bernilai 4 dolar AS rupanya laku seharga 2,42 juta dolar AS. Pembelinya adalah Donald J. Scheer yang merupakan  Presiden Visual Equities Inc.

Lukisan lawas di bawah sofa

Seorang siswa di Jerman membeli sofa di pasar loak seharga 215 dolar AS. Ketika membukanya di rumah, ia menemukan lukisan berukuran 10×15 inci di bawah sofa tersebut.

Menurut rumah lelang Kunst Kettler, lukisan tersebut merupakan karya seniman tak dikenal yang dibuat antara tahun 1605 hingga 1620 dengan nama “Preparation to Escape to Egypt”. Lukisan itu pun berhasil terjual seharga 27.630 dolar AS. Demikian dilansir Oddee.

Kartu baseball berusia 140 tahun

Bernice Gallego, seorang wanita tua di California menemukan kartu baseball dari tim profesional pertama Amerika Serikat di rumahnya. Awalnya, ia akan menjual kartu Red Stockings Cincinnati 1869 tersebut seharga 10 dolar AS di situs eBay.

Namun, berkat seorang temannya, kartu tersebut akhirnya diteliti di sebuah balai lelang dan diketahui bahwa itu langka. Kartu baseball abad ke-19 itu pun laku seharga 75.285 dolar AS.

Lukisan bunga antik

Suatu hari, seorang karyawan di Indiana membeli beberapa furnitur bekas dan lukisan antik bergambar bunga seharga 30 dolar AS. Perabot itu ia beli untuk menutup tembok rumahnya yang berlubang.

Beberapa tahun kemudian, ia baru mengetahui bahwa lukisan miliknya tersebut merupakan ciptaan Martin Johnson Heade, seniman asal Amerika yang terkenal dengan karya pemandangan dan bunganya.

Baca juga: 5 Kiat Mengelola Keuangan Agar Cepat Sukses ala Orang Terkaya Hong Kong

Ia pun meminta pihak Kennedy Galleries untuk menelitinya. Setelah lolos verifikasi, lukisan tersebut dibeli oleh The Museum of Fine Arts seharga 1,2 juta dolar AS.

Ya, itulah sederet kisah orang beruntung yang mendadak kaya berkat barang bekas. Namun demikian, fenomena seperti itu bisa dibilang sangat langka di dunia ini. Karenanya, jangan berharap besar untuk meraih kekayaan dengan cara tersebut.

Masih banyak cara yang bisa ditempuh untuk meraih kekayaan yang lebih masuk akal, salah satunya dengan berinvestasi. Saat ini, ada instrumen investasi modern yang aman, mudah, sekaligus menguntungkan. Adalah Peer to Peer (P2P) Lending, layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi. Selengkapnya, baca: Jadi Kaya Raya melalui P2P Lending, Memang Bisa? Cek Jawabannya di Sini!

Leave a Reply