Blog

Punya Rencana Buka Usaha Laundry? Ini Cara Usaha Laundry Pemula yang Wajib Diketahui!

danain-Cara usaha laundry pemula-gambar mesin cuci laundry

Cara usaha laundry pemula

Membuka usaha laundry tak bisa dilakukan dengan sembarangan, perlu persiapan matang sebelum memulainya. Dalam kesempatan ini, kami akan beberkan cara usaha laundry pemula yang penting sekali untuk disimak.

Usaha laundry jadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan dari segi keuntungan, terutama bagi pebisnis pemula. Tak heran, usaha tersebut kian menjamur beberapa tahun belakangan.

Bagi kamu yang tertarik untuk terjun di bisnis laundry, ada hal penting yang harus diketahui. Meski terlihat mudah untuk dijalankan, usaha tersebut tetap punya risiko, sehingga harus dimulai dengan perencanaan yang matang.

Lantas, bagaimana cara usaha laundry pemula? Berikut sederet poinnya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

Siapkan modal

Sebelum membuka bisnis, penting bagi kamu untuk menyiapkan modalnya terlebih dulu. Kamu bisa dapatkan modal dari tabungan pribadi atau dengan mengajukan pinjaman.

Sejumlah faktor yang menentukan banyaknya modal meliputi sewa tempat hingga gaji karyawan. Selain itu, sederet peralatan juga perlu dibeli, mulai dari mesin cuci, timbangan, meja, lemari, gantungan baju, setrikaan, dan alat penunjang lainnya.

Baca juga: 5 Contoh Usaha di Bidang Pariwisata ini Bisa Hasilkan Cuan Menjanjikan!

Pilih lokasi strategis

Sukses tidaknya usaha laundry dipengaruhi oleh faktor lokasi. Kalau kamu salah menentukan lokasi, bisnis kamu bisa sepi pelanggan dan berpotensi gulung tikar.

Karena itu, pilihlah lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh khalayak ramai. Dalam hal ini, kamu bisa pilih lokasi yang dekat pemukiman penduduk, universitas, atau perkantoran.

Pasang tarif yang sesuai

Meski usaha laundry pasarnya terbuka lebar, kamu tetap harus memastikan bahwa tarif yang dibandrol masuk akal, dalam artian terjangkau oleh kantong target konsumen. Kamu bisa lakukan survei terlebih dulu sebelum memutuskan harga. Intinya, usahakan jangan terlalu murah agar tak merusak pasar, jangan pula terlalu mahal yang justru memberatkan konsumen.

Pilih karyawan yang kompeten

Cara usaha laundry pemula yang berikutnya adalah pilih karyawan yang kompeten. Kamu harus ingat, usaha kamu bergerak di bidang jasa dan berhubungan langsung dengan konsumen.

Karena itu, penting bagi kamu untuk memilih karyawan yang memang bisa mencuci dan menyetrika dengan baik. Dan yang tak kalah penting, karyawan tersebut harus bertanggung jawab dengan pekerjaannya.

Baca juga: Patut Dicoba, ini 5 Jenis Usaha yang Belum Ada di Indonesia!

Beri pelayanan terbaik

Agar usaha laundry kamu laris manis di pasaran, berikanlah pelayanan terbaik kepada semua konsumen setiap saat. Hal ini penting agar konsumen terus memakai jasa laundry kamu setiap waktu. Jangan pernah kecewakan mereka.

Perhatikan waktu pengerjaan

Dalam usaha laundry, ketepatan waktu pengerjaan jadi hal yang krusial. Usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan jangan sampai membuat konsumen menunggu lebih lama untuk mengambil cuciannya.

Sediakan layanan antar jemput

Perlu dipahami, sebagian besar pengguna jasa laundry adalah orang yang sibuk karena berbagai aktivitas. Dalam konteks ini, menyediakan layanan antar jemput cucian bisa jadi pilihan tepat. Strategi ini akan jadi magnet yang kuat untuk menarik pelanggan.

Terapkan pemasaran jitu

Tips yang terakhir, terapkanlah strategi pemasaran yang jitu untuk menarik minat konsumen. Kamu bisa manfaatkan media sosial, membagikan brosur, atau memberikan promo menarik selama masa awal pembukaan.

Baca juga: Buruan Cek, ini Usaha Modal 2 Juta di Desa dengan Untung Menjanjikan!

Ya, itulah cara usaha laundry pemula yang bisa diterapkan. Setelah membacanya, apakah kamu tertarik untuk terjun di bisnis tersebut?

Leave a Reply