Blog

5 Contoh Usaha di Bidang Pariwisata ini Bisa Hasilkan Cuan Menjanjikan!

danain-5 contoh usaha di bidang pariwisata-gambar ilustrasi pariwisata

5 contoh usaha di bidang pariwisata

Pariwisata jadi salah satu sektor yang menjanjikan dari segi bisnis. Dalam kesempatan ini, kami akan beberkan 5 contoh usaha di bidang pariwisata dengan untung menggiurkan.

Kebutuhan masyarakat akan rekreasi tak pernah ada habisnya. Efeknya, sektor pariwisata akan terus tumbuh, bahkan bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Secara garis besar, usaha di bidang pariwisata dapat dibilang sangat potensial, terlebih di negara besar seperti Indonesia. Dengan banyaknya panorama alam yang eksotis serta keragaman budaya yang unik dan menarik, tak heran jika tempat wisata di Tanah Air selalu ramai pengunjung, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Terus meningkatnya jumlah wisatawan dari tahun ke tahun tak lain karena destinasi wisata di Indonesia tak pernah gagal dalam memberikan kesan yang menakjubkan bagi para pelancong. Nah, karena peningkatan tersebut, sektor pariwisata menyuguhkan iming-iming yang besar untuk sebuah peluang bisnis.

Baca juga: Keren, ini 5 Destinasi Wisata Eksotis di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Generasi Milenial!

Kamu mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa saja bisnis yang bisa dilakoni dalam sektor pariwisata? Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 contoh usaha di bidang pariwisata yang bisa hasilkan cuan menjanjikan. Yuk, simak sampai tuntas!

Penginapan

Para wisatawan akan memprioritaskan tempat tinggal sementara ketika berekreasi di suatu tempat. Maka dari itu, penginapan jadi elemen yang sangat penting dalam sektor pariwisata.

Penginapan banyak macamnya, bisa berupa hotel, homestay, hingga villa. Dalam hal ini, kamu tak perlu buru-buru membangun penginapan yang besar jika baru memulainya. Sesuaikanlah dengan dana yang ada, namun tetap mengutamakan pelayanan dan fasilitas.

Perlu diketahui, penginapan yang sederhana namun nyaman, bersih, dan aman, akan jadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Apalagi jika harga sewanya cukup terjangkau, jangan heran jika penginapan yang kamu punya akan selalu ramai pengunjung.

Sewa kendaraan

Peluang usaha di bidang pariwisata yang berikutnya adalah penyewaan kendaraan, baik roda dua atau roda empat. Perlu dipahami, alat transportasi sama pentingnya dengan peran penginapan pada tempat wisata. Hal ini untuk mempermudah para turis dalam berkeliling ke berbagai destinasi.

Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Berapa Sih Harga Naik Kapal Pesiar?

Jika kamu tertarik terjun di bisnis ini, pastikan mesin kendaraan yang disewakan dalam kondisi baik. Jangan lupa juga berikan nomor ponsel yang bisa dihubungi apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan.

Rumah makan

Saat pelesir ke suatu tempat, para wisatawan akan tertarik untuk mencicipi kuliner lokal. Nah, ini juga bisa jadi peluang bisnis yang potensial untuk dijalankan. Agar sukses di bidang ini, kamu harus menyajikan hidangan yang lezat, bersih, dan terjangkau.

Jasa tour guide

Tour guide merupakan orang yang akan mendampingi wisatawan saat mengelilingi tempat wisata. Tugas utamanya adalah memberikan informasi kepada pelancong mengenai lokasi wisata yang disambangi. Usaha ini cukup menjanjikan, terlebih lagi tidak memerlukan modal.

Souvenir

Usaha di bidang pariwisata yang terakhir adalah jual souvenir.

Souvenir biasanya merupakan sesuatu yang khas dari daerah setempat, bisa berupa makanan atau benda-benda unik, seperti gantungan kunci, baju, hingga patung. Dengan membuka usaha ini, kamu memudahkan para turis untuk bisa memberikan cenderamata pada kerabat yang tidak ikut dalam perjalanan.

Baca juga: Ingin Liburan Seru tanpa Bikin Kantong Jebol? 9 Tips Menyusun Anggaran Liburan Berikut ini Bisa Kamu Contek!

Ya, itulah 5 contoh usaha di bidang pariwisata yang potensial untuk dijalankan. Setelah membacanya, apakah kamu tertarik untuk melakoni salah satunya?

Leave a Reply