Blog

Mau Tahu Cara Sukses di Usia Muda? Simak Rahasianya di Bawah ini!

Danain-Cara_sukses_di_usia_muda-Gambar eksekutif muda

Cara sukses di usia muda

Meraih sukses dan menjadi kaya adalah impian setiap manusia. Meski begitu, tak semua orang bisa mencapai titik tersebut karena berbagai sebab, mungkin karena karier yang kurang cemerlang atau karena utang yang menumpuk.

Pada prinsipnya, kamu tak pernah terlalu tua untuk membangun kekayaan. Tapi, jika kamu memulainya saat masih muda, kamu punya potensi yang jauh lebih besar untuk mengumpulkan kekayaan dan punya lebih banyak waktu untuk membiarkan kekayaan tersebut terus meningkat seiring bertambahnya usia.

Seorang perencana keuangan bersertifikat sekaligus Presiden Vermillion Financial Advisors di South Barrington, Illinois, Mark La Spisa, mengatakan, pilihan dan keputusan yang kamu buat di usia 20-an bisa bikin kamu siap untuk kesuksesan finansial di usia 30 dan seterusnya. Sayangnya, kata dia, tidak semua orang memikirkan hal tersebut saat masih berusia 20-an.

Spisa menambahkan bahwa uang sebenarnya sangat sederhana. Namun, kebanyakan orang meresponsnya dan tidak berencana untuk itu. “Padahal, dengan mengambil kendali dan buat beberapa keputusan cerdas sejak dini, kamu bisa menempatkan diri dalam posisi yang jauh lebih aman ke depannya,” terangnya.

Baca juga: Mau Bisnis di Usia Muda? Simak 10 Tips ini agar bisa Sukses!

Lantas, adakah cara sukses di usia muda yang bisa diterapkan oleh mereka yang saat ini berusia 20-an? Tentu saja, ada!

Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Kuasai arus kas

Di usia 20-an, kamu harus disiplin dalam mengelola keuangan. Yang perlu dilakukan, lacak keuanganmu untuk memastikan bahwa kamu benar-benar memahami ke mana uang pergi. Setelahnya, pertimbangkan dengan cermat prioritas kamu, sehingga bisa mengeluarkan uang dengan bijak untuk sejumlah pengeluaran rutin, seperti sewa, utilitas, atau tagihan telepon.

Dalam hal ini, kamu disarankan untuk menerapkan pola 50-30-20 dalam mengelola finansial. Rinciannya, 50 persen untuk biaya kebutuhan pokok, 30 persen untuk pengeluaran diskresioner, dan 20 persen untuk tabungan serta investasi jangka panjang.

Itulah cara sukses di usia muda menurut perencana keuangan bersertifikat dan pemilik pemberdayaan keuangan di Burnsville, Minnesota, Janet Stanzak.

Hasilkan lebih banyak uang

Kesuksesan tidak datang dengan instan. Jika ingin sukses dan meraih kekayaan, prinsip dasarnya hanya satu, yakni hasilkan uang lebih banyak dari yang dibelanjakan dan gunakan kelebihannya untuk investasi.

Baca juga: Bikin Cepat Sukses, ini Prinsip Keuangan Ala Etnis Tionghoa yang Wajib Kita Tiru!

Investasikan diri kamu

Cara sukses di usia muda yang berikutnya adalah dengan menginvestasikan diri sendiri. Ingat, sumber daya terbaik untuk mengumpulkan kekayaan adalah dirimu sendiri. Habiskanlah lebih banyak waktu untuk pendidikan, menyempurnakan keahlian, dan menemui lebih banyak orang yang mungkin saja bisa membantu kamu mencapai tujuan. Semakin kamu terdidik, terampil, berpengalaman, dan banyak koneksi, maka makin besar pula peluang berharga yang bisa didapat.

Hindari utang

Untuk bisa sukses di usia muda, kamu wajib menghindari utang yang sejatinya tidak diperlukan. Salah satunya, kamu bisa membatasi penggunaan kartu kredit untuk pembelanjaan yang sifatnya impulsif.

Di saat bersamaan, kamu juga dituntut cerdas saat ingin berutang untuk pembelian besar, seperti rumah atau mobil. Jika memang belum sanggup membelinya, sebaiknya jangan dipaksakan. Akan lebih bijak jika kamu menggunakan uang yang dimiliki untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, semisal untuk dana darurat, dana pensiun, atau investasi.

Baca juga: Tak Melulu Soal Uang, Inilah Arti Sukses Di Mata Para Miliarder!

Ambil risiko

Cara sukses di usia muda yang terakhir adalah berani ambil risiko.

Kamu masih muda, masih banyak waktu yang kamu punya untuk bereksplorasi. Karena itu, jangan pernah takut untuk mengambil risiko. Jika memang memungkinkan, pertimbangkan untuk berhenti dari pekerjaan dan mulailah merintis bisnis. Ikuti usaha baru dan peluang baru.

Perlu kamu tahu, kebanyakan orang sukses akan memberi tahu bahwa salah satu kunci sukses mereka adalah mengambil risiko yang sudah diperhitungkan. Mungkin akan tidak nyaman, tapi hal itu bisa dipertimbangkan.

Bagaimana, siap menerapkan cara sukses di usia muda yang sudah disebutkan di atas?

Leave a Reply