Blog

Mau Tahu Cara Presentasi di Google Meet? Simak Panduan Lengkapnya di Bawah ini!

Danain-cara_presentasi_di_google_meet-gambar orang sedang presentasi online

Cara presentasi di Google Meet

Sama seperti Zoom, Google Meet juga punya fitur penunjang yang memungkinkan para pesertanya melakukan presentasi saat virtual meeting. Berikut cara presentasi di Google Meet yang perlu kamu tahu.

Di masa pandemi seperti saat ini, virtual meeting jadi solusi paling tepat untuk menggantikan pertemuan secara tatap muka. Alhasil, berbagai aplikasi pertemuan pun terus bermunculan demi bisa menunjang produktivitas para pekerja. Salah satu yang populer sebut saja Zoom.

Seperti yang kita tahu, Zoom telah digunakan oleh banyak perusahaan di berbagai negara selama masa pandemi. Aplikasinya yang mudah digunakan jadi salah satu alasan kenapa Zoom banyak diminati oleh para penggunanya.

Meski begitu, ada pula aplikasi lain yang tak kalah eksis dari Zoom, yakni Google Meet. Aplikasi besutan Google tersebut menawarkan pengalaman virtual meeting yang berkesan bagi penggunanya.

Perlu kamu tahu, Google Meet bisa digunakan tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis. Meski Zoom juga demikian, namun pengguna Zoom hanya bisa menggunakan aplikasi tersebut secara gratis selama 40 menit saja, jika ingin lebih harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk berlangganan.

Baca juga: 3 Cara Jeff Bezos agar Rapat Lebih Efektif dan Produktif, Patut Ditiru!

Kendati merupakan aplikasi gratisan, namun Google Meet tetap memiliki fitur yang oke punya layaknya Zoom, seperti bisa melakukan record, memilih virtual background, serta share screen, sehingga peserta bisa melangsungkan presentasi ketika rapat berlangsung.

Lantas, bagaimana cara presentasi di Google Meet dengan cepat dan mudah? Berikut panduan lengkapnya, seperti dikutip dari laman Tempo.co.

  1. Sebelum melakukan presentasi, kamu terlebih dulu harus bergabung pada sebuah rapat di Google Meet yang sudah dijadwalkan.
  2. Jika sudah bergabung, cara presentasi di Google Meet yang pertama adalah dengan meng-klik tombol “Presentasikan Sekarang” yang terdapat di bagian bawah layar.
  3. Selanjutnya, pilih aplikasi atau file yang ingin kamu presentasikan. Kamu bisa memilih opsi seluruh layar, jendela, atau tab.
  4. Bila aplikasi yang ingin kamu presentasikan ternyata belum muncul, kamu perlu membuka aplikasi tersebut terlebih dahulu. Itulah cara presentasi di Google Meet yang berikutnya.
  5. Jika sudah menemukan aplikasi yang dituju, kamu bisa klik tombol “Bagikan”.

Baca juga: Studi: Bawa Ponsel saat Rapat Bukan Ciri Orang Sukses!

  1. Presentasi sudah bisa kamu lakukan dalam tahap ini.
  2. Jika presentasi sudah selesai, kamu cukup menghentikannya dengan cara meng-klik tombol “Berhenti Mempresentasikan”.

Ya, itulah panduan lengkap cara presentasi di Google Meet yang perlu kamu tahu. Sebagai informasi tambahan, Google Meet saat ini masih mengandung banyak bug atau kekurangan, salah satunya sebut saja layar aplikasi PPT kerap tidak bisa berganti ke slide berikutnya.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa meng-klik “Presentasikan Sekarang”, lalu pilih seluruh jendela. Dari situ, kamu bisa membuka aplikasi PowerPoint dan melakukan presentasi seperti biasa.

PENGGUNA GOOGLE MEET BISA MEMBUKA DAN BERBAGI DOKUMEN SAAT RAPAT

Pada Mei 2021 lalu, Google mengumumkan fitur Smart Canvas untuk memudahkan pengguna Google Meet dalam berkolaborasi. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengakses sejumlah layanan Google lainnya saat rapat berlangsung, tanpa perlu repot berpindah ke halaman lain.

Beberapa layanan Google yang dimaksud antara lain Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Pengguna bisa membuka dokumen tersebut saat rapat bergulir, sekaligus menampilkannya ke para peserta meeting.

Baca juga: Jangan Asal Bikin, Inilah Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar!

Jika ingin membuka dokumen, pengguna cukup membuka salah satu layanan Google, kemudian klik opsi “Smart Canvas” yang berada di pojok kanan atas halaman. Setelah di-klik, pengguna diminta untuk memasukkan kode yang menghubungkan dokumen tersebut ke dalam sesi rapat yang sedang berlangsung. Demikian seperti dilansir laman Kompas.com.

Leave a Reply