Blog

Jangan Asal Bikin, Inilah Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar!

Danain-contoh_surat_lamaran_kerja_yang_baik-contoh gambar resume

Contoh surat lamaran pekerjaan yang perlu kamu tahu

Ingin melamar kerja, tapi bingung cara bikin surat lamarannya? Tenang, berikut kami beberkan contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar agar bisa dilirik oleh HRD perusahaan!

Saat akan melamar pekerjaan di suatu perusahaan, dua berkas yang tak boleh luput dari perhatian adalah surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup. Kedua dokumen tersebut bisa jadi penentu dipanggil atau tidaknya pelamar kerja untuk melakukan wawancara.

Di mata Human Resource Department (HRD), surat lamaran kerja adalah media perkenalan awal dengan calon karyawan yang akan dipekerjakan. Karena itu, penting bagi pelamar kerja untuk membuat surat lamaran sebaik mungkin agar HRD bisa tertarik.

Lantas, seperti apa contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari laman Liputan6.com.

Perlu diketahui, ada sejumlah komponen yang wajib ada di dalam surat lamaran kerja, antara lain:

Bagian nama dan alamat

Contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar yang pertama adalah harus memuat nama penerima surat yang akan dituju. Jangan lupa juga untuk menuliskan alamat lengkap perusahaan yang membuka lowongan.

Baca juga: Wah, 10 Pekerjaan ini Paling Laris di Dunia dan Tidak Memerlukan Gelar Sarjana!

Berikutnya, cantumkanlah tanggal pembuatan surat dan nama HRD dari perusahaan tersebut. Jika kamu tak mengetahui nama HRD yang bersangkutan, kamu cukup mengosongkannya, kemudian ganti dengan tulisan Yth. Bapak/Ibu.

Bagian salam dan pembukaan

Komponen selanjutnya yang wajib ada di surat lamaran kerja adalah bagian salam dan pembukaan. Di sini, kamu bisa menuliskan keterangan tentang dari mana mendapatkan informasi terkait lowongan kerja tersebut, baik itu dari platform pencarian kerja atau surat kabar. Selanjutnya, cantumkan juga posisi yang akan dilamar di perusahaan itu.

Bagian biodata

Contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar berikutnya adalah wajib mencantumkan biodata lengkap. Kamu bisa menuliskan nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon, pendidikan terakhir, dan alamat email.

Pemaparan singkat tentang pengalaman

Jika kamu punya pengalaman kerja, kamu bisa menjelaskan pengalaman kamu secara singkat. Namun, jika kamu adalah fresh graduate, kamu bisa tuliskan pengalaman magang atau kegiatan organisasi yang sekiranya bisa menunjang posisi yang dilamar.

 

Baca juga: Tak Punya Penghasilan Karena Belum Dapat Kerja? Simak Baik-baik Cara Dapat Uang Instan Berikut ini!

Bagian lampiran

Untuk menarik perhatian HRD, kamu bisa lampirkan beberapa dokumen penunjang, seperti daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, transkrip nilai, surat pengalaman kerja, portofolio, dan pas foto terbaru. Pastikan semua dokumen terbawa dan jangan sampai ada yang tertinggal.

Bagian penutup

Pada bagian penutup, kamu bisa sampaikan pesan kepada HRD bahwa kamu punya keinginan besar untuk bergabung di perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk ucapkan terima kasih di akhir kalimat dan bubuhkan tanda tangan di bagian paling bawah.

TIPS MEMBUAT SURAT LAMARAN KERJA

– Sebelum membuat surat lamaran kerja, bacalah baik-baik semua persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan tersebut. Jangan sampai mengirimkan lamaran yang tidak sesuai dengan kualifikasi.

– Tulislah surat lamaran kerja dengan kalimat yang baku dan sopan.

Baca juga: Ini Dia, Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Baik dan Benar!

– Gunakan kalimat yang singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami.

– Tujuan surat harus jelas. Nama yang dituju harus benar, begitu pula dengan alamat perusahaan.

– Setelah selesai membuat surat lamaran kerja, cobalah baca ulang satu per satu kalimat yang telah ditulis. Pastikan tidak ada kalimat yang salah ketik.

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan bagi yang berpengalaman

Danain-contoh surat lamaran pekerjaan bagi yang berpengalaman

contoh surat lamaran pekerjaan bagi yang berpengalaman

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan untuk fresh graduate

Danain-contoh surat lamaran pekerjaan untuk fresh graduate

contoh surat lamaran pekerjaan untuk fresh graduate

Leave a Reply