Blog

Terbukti Ampuh, ini Cara Mengatasi Stres Karena Banyak Utang!

danain-Cara mengatasi stres karena banyak utang-gambar orang banyak hutang

Cara mengatasi stres karena banyak utang

Salah satu pemicu stres yang paling umum di dunia adalah karena masalah keuangan, seperti utang. Lantas, adakah cara mengatasi stres karena banyak utang?

Tak semua orang punya ilmu yang cukup untuk mengelola keuangannya dengan baik dan tak semua orang juga punya kondisi finansial yang ideal setiap saat. Alhasil, kerap muncul masalah keuangan yang bernama utang.

Faktanya, utang merupakah salah satu masalah ekonomi yang tak bisa lepas dari kehidupan umat manusia. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk berutang, baik pada lembaga pembiayaan atau perorangan. Beberapa di antaranya sebut saja karena butuh modal untuk usaha, biaya kesehatan, atau ada kebutuhan lain yang sifatnya mendesak.

Psikolog kesehatan dari Stanford University Kelly McGonigal menjelaskan, seseorang bisa mengalami stres, perceraian, bahkan kematian, karena masalah utang. Karena itu, mereka yang mengalami stres karena utang butuh perawatan kesehatan yang lebih intens ketimbang yang tidak.

Baca juga: Benar-benar Ampuh, ini 9 Cara Menghindari Stres yang Bisa Kamu Terapkan!

Nah, dalam kesempatan ini, kami akan membeberkan cara mengatasi stres karena banyak utang yang bisa dicontek oleh masyarakat. Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari laman Sindonews.com.

Terima keadaan

Cara mengatasi stres karena banyak utang yang pertama adalah dengan menerima keadaan. Meski tidak mudah, namun belajar menerima keadaan bisa membuat kamu lebih memahami bahwa kamu tak bisa lari begitu saja dari masalah tersebut. Intinya, kamu harus bekerja lebih ekstra untuk menyelesaikan persoalan itu.

Di sisi lain, jangan pernah merasa rendah dan malu di hadapan orang lain karena memiliki utang. Ingat, masalah muncul bukan untuk diratapi terus menerus, tapi harus dihadapi. Percayalah, kondisi buruk akan lebih menguatkanmu dari berbagai goncangan hidup.

Akumulasikan jumlah utang

Alih-alih melarikan diri atau berpura-pura lupa, akan lebih baik jika kamu mengakumulasikan jumlah utang yang dimiliki. Dengan begitu, kamu bisa mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikannya. Salah satunya mungkin dengan mencari pekerjaan sampingan.

Baca juga: Stres di PHK Akibat Pandemi Covid-19, ini Cara Tepat untuk Mengatasinya!

Bijak gunakan uang

Dengan atau tanpa adanya lilitan utang, penting bagi kamu untuk selalu bijak dalam menggunakan uang. Hindari membeli barang yang tidak begitu penting atau dibutuhkan agar pengeluaran kamu tidak membengkak.

Dengan begitu, uang yang kamu punya bisa disisihkan sedikit demi sedikit untuk menyelesaikan utang yang dimiliki. Kuncinya, fokuslah dengan tujuan yang sudah diatur sejak awal.

Buat tenggat waktu pelunasan

Langkah berikutnya, buatlah tenggat waktu untuk melunasi utang-utang yang ada. Dengan adanya target seperti ini, kamu akan lebih bersemangat untuk segera menyelesaikan masalah tersebut.

Oh ya, satu hal yang tak kalah penting, mintalah bantuan pada orang sekitar untuk selalu menyemangati kamu secara mental, sehingga stres bisa teratasi.

Berbagi dengan orang terdekat

Cara mengatasi stres karena banyak utang yang terakhir adalah berbagi dengan orang terdekat.

Perlu dipahami, stres akibat lilitan utang tentu tidak mudah untuk diatasi. Sehingga, kamu perlu orang lain untuk berbagi keluh kesah.

Terkadang, orang-orang terdekat, seperti orang tua, kakak, adik, atau sahabat, memiliki solusi atas permasalahan yang kamu hadapi. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mencurahkan isi hati guna mengatasi perasaan stres yang dialami.

Baca juga: Terungkap, ini 5 Cara Cerdas untuk Atasi Stres karena Masalah Uang!

Ya, itulah cara mengatasi stres karena banyak utang yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata!

Leave a Reply