Blog

Benar-benar Ampuh, ini 9 Cara Menghindari Stres yang Bisa Kamu Terapkan!

Danain-cara_menghindari_stress

Cara menghindari stres dengan mudah

Hampir setiap orang pernah mengalami stres dalam kehidupannya. Lantas, bagaimana cara menghindari stres dengan mudah dan cepat?

Pandemi covid-19 membawa dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia. Tak hanya menyerang kondisi fisik, masalah tersebut juga membawa efek yang buruk bagi kesehatan mental seseorang.

Para pekerja hingga pelajar banyak yang mengalami stres di masa pandemi ini. Terbatasnya aktivitas sosial jadi salah satu pemicunya.

Sekadar informasi, stres merupakan respons tubuh terhadap suatu tantangan dan tuntutan. Respons stres dapat berupa meningkatnya denyut jantung, meningkatnya tekanan darah, emosi, termasuk ketakutan dan kemarahan.

Nah, agar kesehatan mental bisa tetap terjaga dengan baik, penting bagi kita untuk melakukan tindakan pencegahan stres sedini mungkin. Pasalnya, paparan stres yang terlalu lama bisa menyebabkan depresi, kecemasan berlebih, hingga masalah kesehatan fisik lainnya yang tak main-main.

Berikut kami beberkan cara menghindari stres dengan mudah dan cepat, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Hindari minuman beralkohol dan nikotin

Cara menghindari stres yang pertama adalah dengan menjauhi minuman beralkohol dan nikotin. Perlu kamu tahu, sifat manusia cenderung akan mengonsumsi depresan atau stimulan ketika pikiran mereka sedang terganggu. Akan lebih baik jika kamu menukar minuman jenis tersebut dengan yang lebih menyehatkan, seperti air putih, teh herbal, atau jus buah alami.

Baca juga: Stres di PHK Akibat Pandemi Covid-19, ini Cara Tepat untuk Mengatasinya!

Konsumsi makanan sehat

Stres bisa dihindari dengan rutin konsumsi makanan sehat. Dalam hal ini, kamu bisa mengonsumsi sayur dan buah-buahan, seperti almond, pisang, hingga susu, yang notabene punya kemampuan untuk mengelola tingkat stres manusia. Di saat bersamaan, hindari pula makanan ringan yang mengandung gula dan tambahkan ikan dengan kadar asam lemak omega-3 yang tinggi ke dalam makanan sehari-hari, sebab kandungan tersebut terbukti ampuh dalam mengurangi gejala stres.

Olahraga secara rutin

Cara menghindari stres yang berikutnya adalah dengan rutin berolahraga. Aktivitas ini dipercaya mampu melepaskan endorfin yang pada akhirnya bisa meningkatkan suasana hati.

Untuk diketahui, olahraga tak melulu hanya berkeringat di gym atau melakukan yoga di dalam studio saja, melainkan bisa dengan berjalan kaki di sekitar kantor atau rumah secara rutin.

Menurut riset, olahraga kecil bahkan dalam kondisi stres bisa membantu menurunkan tingkat stres secara drastis. Di sisi lain, kamu juga bisa melatih dan menjernihkan pikiran dengan melakukan meditasi.

Tidur cukup setiap hari

Tidur adalah bagian integral dari kesehatan mental manusia. Tidur kurang dari 7-8 jam bisa memicu stres dan memperburuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh sebab itu, cobalah untuk istirahat cukup setiap hari agar kondisi fisik dan mental tetap terjaga dengan baik. 

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Stres karena Work from Home

Dengarkan musik

Riset menunjukkan bahwa mendengarkan musik bisa menenangkan pikiran dan suasana hati. Sekadar informasi, musik diklaim bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi kortisol yang merupakan hormon stres.

Minum teh

Cara menghindari stres yang selanjutnya adalah dengan rutin mengonsumsi teh, terutama teh hijau. Menurut ahli kesehatan, teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang sangat ampuh untuk menenangkan sistem saraf.

Komunikasi

Jika kamu mulai merasa cemas atau gelisah, segeralah berkomunikasi untuk mengurangi rasa tersebut. Ceritakan keresahan yang dirasa pada orang terdekat dan yang bisa dipercaya.

Manfaatkan waktu luang

Maksimalkan waktu luang yang kamu punya untuk melakukan aktivitas yang disuka. Kamu bisa menyalurkan hobi agar perhatian teralihkan dan membuat pikiran sibuk dengan hal-hal yang positif.

Baca juga: Terungkap, ini 5 Cara Cerdas untuk Atasi Stres karena Masalah Uang!

Kurangi akses ke media sosial

Di masa pandemi ini, info-info yang beredar di dunia maya kerap membuat cemas sebagian orang. Untuk menghindari stres akibat hal tersebut, cobalah kurangi akses ke media sosial secara perlahan.

Dalam konteks ini, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat jadwal sehari tanpa ponsel atau sehari tanpa media sosial. Perlu diketahui, cara tersebut sangat ampuh untuk menghindari  pengaruh negatif dari informasi yang beredar.

Ya, itulah sederet cara menghindari stres yang perlu kamu tahu. Semoga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari!

Leave a Reply