Blog

Nggak Perlu Datang ke Perusahaan, ini Cara Mendapatkan Pekerjaan Online dengan Mudah!

danain-Cara mendapatkan pekerjaan online-gambar orang sedang mengetik di laptop

Cara mendapatkan pekerjaan online

Di era serba digital seperti sekarang, mencari pekerjaan bisa dilakukan dengan cara mudah. Tak perlu datang langsung ke perusahaan, melainkan bisa dilakukan melalui dunia maya. Berikut cara mendapatkan pekerjaan online yang perlu kamu tahu.

Mencari kerja di zaman sekarang jauh berbeda dengan mencari kerja di zaman dahulu, tepatnya sebelum masuk era internet. Jika dulu pelamar kerja harus datang ke sebuah perusahaan untuk mencari informasi lowongan dan menyerahkan berkas lamaran, saat ini, cara seperti itu sudah tak berlaku lagi. Kehadiran internet sudah mempermudah orang untuk menemukan dan mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Nah, dalam kesempatan ini, kami akan membeberkan cara mendapatkan pekerjaan online dengan cepat dan mudah, seperti dilansir laman brilio.net. Yuk, simak sampai tuntas!

Manfaatkan situs pencari kerja

Cara mendapatkan pekerjaan online yang pertama adalah dengan memanfaatkan situs pencari kerja yang ada di internet.

Saat ini, sudah banyak situs pencari kerja yang menyediakan informasi lowongan kerja dari berbagai jenis perusahaan, mulai dari Jobstreet hingga Linkedin. Di situs tersebut, kamu akan diminta untuk memasukkan data diri, seperti CV, foto, dan lain sebagainya.

Baca juga: Jangan Salah Kaprah, ini Perbedaan CV dan Portofolio dalam Dunia Kerja!

Buat akun di situs pencari kerja

Langkah selanjutnya, buatlah akun di situs pencari kerja untuk mendapatkan info lowongan yang kamu inginkan. Lengkapi data diri, seperti riwayat pendidikan hingga pengalaman kerja. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk mengetahui informasi dasar tentang dirimu.

Cari info tentang perusahaan yang kamu pilih

Karena kamu mencari pekerjaan secara online, pastikan lowongan kerja yang kamu dapat dan inginkan benar-benar berasal dari perusahaan yang kredibel dan bukan abal-abal. Maka dari itu, penting untuk mencari tahu tentang profil perusahaan yang kamu incar. Jelajahi berbagai ulasan tentang perusahaan tersebut di media sosial atau forum online lainnya.

Dalam mencari kandidat secara online, perusahaan biasanya menggunakan sebuah software yang bernama applicant tracking system (ATS). Software tersebut berfungsi untuk memilah curriculum vitae (CV) yang dibuat para pelamar kerja.

Agar CV kamu mudah dibuka oleh perusahaan, buatlah CV dengan format PDF atau JPG. Satu hal yang tak kalah penting, buat CV semenarik dan sekreatif mungkin untuk menarik minat perusahaan.

Baca juga: Karyawan Wajib Paham, ini 3 Indikator Produktivitas Kerja dalam Sebuah Perusahaan!

Sertakan resume

Meski mungkin tak dibutuhkan oleh perusahaan, menyertakan resume bisa membuatmu jadi menonjol dari kandidat lainnya. Pastikan kamu memasukkan pengalaman, pencapaian, atau prestasi yang pernah diraih dalam resume tersebut.

Itulah cara mendapatkan pekerjaan online yang berikutnya.

Perhatikan isi media sosial kamu

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa hubungannya isi media sosial dengan pekerjaan?

Perlu dipahami, ada beberapa perusahaan yang melakukan proses rekrutmen dengan melihat akun media sosial yang dimiliki oleh kandidat. Karena itu, pastikan tidak mengunggah konten-konten buruk yang bisa mengurangi nilai diri kamu di mata perusahaan. Sebaliknya, unggahlah konten-konten positif atau hasil karyamu yang bisa menjadi nilai tambah bagi pihak perekrut.

Tulis salam pembuka yang sopan

Kalau diminta untuk mengirim lamaran kerja melalui email, pastikan kamu mengisi subjek email dengan jelas. Misal, isi dengan kalimat “Berkas Lamaran Kerja (Namamu)”. Hal ini akan mempermudah HRD dalam memilah email.

Selain itu, jangan pernah kosongkan isi email. Buatlah salam pembuka yang sopan dan tulis tujuan kamu mengirimkan berkas lamaran tersebut.

Baca juga: Wajib Paham, ini Cara Menolak Tawaran Kerja karena Gaji Tidak Sesuai!

Ya, itulah sederet cara mendapatkan pekerjaan online dengan cepat dan mudah. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply