Blog

Wajib Paham, ini Cara Menolak Tawaran Kerja karena Gaji Tidak Sesuai!

danain-Cara menolak tawaran kerja karena gaji tidak sesuai-gambar ilustrasi wawancara kerja

Cara menolak tawaran kerja karena gaji tidak sesuai

Setelah melakukan wawancara kerja dengan pihak perekrut, ada kalanya gaji yang ditawarkan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Lantas, bagaimana cara menolak tawaran kerja karena gaji tidak sesuai?

Saat melakukan wawancara kerja, biasanya pelamar akan ditanyai sejumlah pertanyaan oleh pihak perekrut, salah satunya terkait gaji yang diharapkan. Pada saat yang sama, perekrut juga akan memberi tahu perihal besaran gaji yang ditawarkan oleh perusahaan.

Dalam momen tersebut, seringkali terjadi ketidaksepakatan antara pelamar dengan perusahaan. Pada umumnya, pelamar merasa bahwa nominal gaji yang ditawarkan terlalu rendah dan tidak sesuai keinginan.

Nah, jika kamu dihadapkan pada kondisi seperti itu, kamu berhak memilih apakah menerima tawaran kerja itu atau menolaknya. Jika menerima, silakan dilanjutkan. Namun jika menolak, lakukanlah penolakan dengan cara yang sopan dan profesional.

Baca juga: Agar Gaji tak Cepat Habis, ini Cara Membuat Rencana Keuangan Pribadi dengan Baik dan Benar!

Berikut kami beberkan cara menolak tawaran kerja karena gaji tidak sesuai, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Lakukan negosiasi terlebih dulu

Sebelum benar-benar menolak tawaran kerja karena gaji tidak sesuai, cobalah tanya pada pihak perekrut apakah nominal yang diberikan sudah harga mati atau masih bisa berubah!

Jika ternyata masih bisa digoyang, lakukanlah negosiasi hingga menemukan jalan terbaik. Namun, jika tidak bisa dan kamu telah memutuskan untuk tidak bergabung di perusahaan tersebut, sampaikanlah penolakan dengan cara yang sopan.

Sampaikan penolakan dengan segera

Jika keputusanmu sudah bulat untuk menolak tawaran kerja yang diberikan, sebaiknya sampaikan penolakan tersebut dengan segera. Jangan pernah menunda-nunda penolakan, sebab hal itu akan memberi kesan bahwa kamu mempersulit orang lain, dalam hal ini pihak perusahaan untuk menemukan calon pengganti.

Perhatikan waktu

Hal ini sepele, tapi sering dihiraukan!

Untuk diketahui, penting bagi kamu untuk memperhatikan waktu saat menolak tawaran kerja. Hindari memberi konfirmasi di luar jam kerja atau pada hari libur.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Mudah Gaji Tinggi yang Bisa Kamu Coba

Kenapa demikian? Dalam dunia kerja, membangun citra baik kepada orang lain adalah suatu hal yang sangat penting. Ingat, selama proses rekrutmen masih berlangsung, kamu masih punya tanggung jawab moral kepada pihak perusahaan!

Sampaikan secara singkat dan mudah dipahami

Cara menolak tawaran kerja karena gaji tidak sesuai yang berikutnya adalah dengan menyampaikan penolakan secara singkat dan mudah dipahami. Hindari melontarkan kata-kata yang terlalu berlebihan atau emosional kepada perekrut, yang notabene akan memperburuk citra dirimu!

Ucapkan terima kasih

Sebelum menyampaikan penolakan, sebaiknya ucapkan terima kasih terlebih dulu kepada pihak perekrut karena sudah diberikan kesempatan untuk wawancara. Hal ini sebagai bentuk penghormatan karena pihak perusahaan sudah meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan kerja kepada dirimu.

Berikan alasan logis

Setelah menyampaikan terima kasih, jelaskanlah secara logis alasan kamu menolak tawaran kerja yang diberikan. Agar tidak terkesan sombong, kamu bisa jelaskan bahwa gaji yang ditawarkan belum cocok, sebab setelah dihitung-hitung, jumlah tersebut ternyata tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, seperti sewa tempat tinggal, akomodasi, hingga makan sehari-hari.

Baca juga: Kamu Harus Tahu, Ini 5 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita!

Jaga hubungan baik dengan perusahaan

Terakhir, meski kamu sudah menolak tawaran kerja yang diberikan, kamu tetap harus menjaga hubungan baik dengan perusahaan tersebut. Pasalnya, bukan tidak mungkin kamu akan melamar pekerjaan lagi di tempat yang sama di kemudian hari.

Maka dari itu, sampaikanlah keinginan untuk tetap menjalin hubungan baik satu sama lain. Karena  mungkin saja, perusahaan tersebut akan kembali membuka peluang kerja yang lebih besar bagi karier kamu di masa mendatang.

Ya, itulah cara menolak tawaran kerja karena gaji tidak sesuai yang bisa kamu contek. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply