Blog

Mau Tahu Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Mudah? Simak Ulasannya di Bawah ini!

Danain-Cara_mendapatkan_modal_usaha_dengan_mudah-gambar setumpukan koin

Cara mendapatkan modal usaha dengan mudah

Seseorang harus punya modal untuk membuka usaha atau menjalankan sebuah bisnis. Berikut kami jabarkan cara mendapatkan modal usaha dengan mudah yang bisa dijadikan referensi!

Saat akan memulai sebuah usaha atau bisnis, ada banyak hal yang harus dipersiapkan, di antaranya sebut saja mematangkan ide, kemudian menyusun rencana bisnis. Di saat bersamaan, penting juga untuk memikirkan cara mendapatkan modal usaha dengan mudah agar bisa merealisasikannya.

Perlu kamu tahu, sebuah usaha tidak akan berjalan sebagaimana mestinya tanpa adanya ketersediaan modal. Sebab, untuk membuat dan mempromosikan suatu produk, sejumlah uang harus kamu keluarkan.

Nah, bagi kamu yang ingin menjalankan sebuah usaha, namun terkendala dengan modal awal, kamu tak perlu terlalu khawatir dengan hal itu. Pasalnya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menuntaskan masalah tersebut.

Berikut 5 cara mendapatkan modal usaha, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Manfaatkan tabungan

Biasanya, orang menyisihkan uang untuk dana pensiun, membeli rumah, atau memenuhi kebutuhan lain di masa depan. Dalam kasus ini, tak ada salahnya untuk memanfaatkan sebagian tabungan itu sebagai modal usaha, dengan catatan sudah memiliki konsep usaha yang sangat matang.

Baca juga: Untung Menjanjikan, Inilah Sederet Usaha Modal 1 Juta Rupiah yang Bisa Kamu Coba!

Perlu diingat, balik modal atau keuntungan murni dari usaha yang dijalankan tak bisa diperoleh dalam waktu singkat. Karena itu, ada baiknya untuk memulai usaha dengan uang sendiri, sehingga tidak terjebak dalam utang yang harus segera dilunasi.

Intinya, usaha pakai uang sendiri akan lebih enak karena tak ada beban keuangan. Jika usaha untung, maka tak akan terpangkas untuk bayar utang. Kalau pun rugi, kamu akan tetap aman, sebab tidak punya utang.

Cari investor

Cara mendapatkan modal usaha yang kedua adalah dengan mencari investor. Untuk mendapatkannya, kamu harus bisa menjelaskan dengan rinci jenis usaha, konsep, visi misi, dan keuntungan yang bisa didapat kepada calon investor tersebut. Yakinkan dirinya bahwa usaha yang kamu rintis ini bisa memberikan keuntungan yang maksimal.

Sebagai langkah awal, rajin-rajinlah datang ke sejumlah acara atau seminar yang biasa dikunjungi oleh para investor. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengajak orang-orang terdekat untuk menjadi investor dengan melakukan pendekatan personal.

Gadai barang berharga

Jika kamu punya barang berharga, semisal BPKB kendaraan, emas, atau peralatan elektronik, jangan ragu untuk menggadaikannya guna memperoleh modal usaha. Toh, ini untuk membiayai kegiatan produktif, bukan konsumtif. Lagi pula, barang-barang tersebut bisa ditebus kembali saat usaha kamu mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Selain Modal, Inilah Faktor-faktor Penentu Keberhasilan Wirausaha!

Oh ya, pastikan menggadaikan barang-barang tersebut di tempat yang resmi, jangan di sembarang tempat! Pasalnya, saat ini banyak sekali perusahaan gadai yang ilegal.

Jual barang pribadi

Jika menggadaikan barang berharga dirasa tidak cukup untuk dijadikan modal usaha, kamu bisa menjual barang pribadi, seperti kendaraan, elektronik, atau emas secara online maupun offline. Meski begitu, pikirkan dulu matang-matang untung-rugi ketika aset tersebut telah dijual. Jangan sampai penjualan tersebut malah membuatmu repot ketika akan mengurus berbagai hal.

Pinjam pada kerabat atau ke bank

Cara mendapatkan modal usaha yang terakhir adalah dengan meminjam dana pada kerabat atau ke bank.

Jika kamu meminta bantuan pada kerabat, kamu harus bisa memastikan kapan pinjaman tersebut bisa dikembalikan. Pasalnya, bila tak ada kepastian, hal itu bisa mengganggu kelangsungan hubungan kamu dengan orang tersebut.

 Baca juga: Pernah Putus Sekolah, Pria ini Sukses jadi Pengusaha Bergelar Miliarder!

Adapun jika kamu meminjam ke bank, sebaiknya pilih pinjaman yang berbunga kecil atau setidaknya yang sesuai kemampuan. Sebab, kalau kamu tak bisa mengembalikannya tepat waktu, maka akan ada denda yang harus kamu tanggung.

Ya, itulah 5 cara mendapatkan modal usaha yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply