Blog

Selain Modal, Inilah Faktor-faktor Penentu Keberhasilan Wirausaha!

Danain_faktor_kesuksesan_wirausaha-foto orang mengawasi barang di gudang

Menjadi wirausahawan bukanlah perkara mudah. Butuh tekad yang kuat untuk bisa menjalankannya. Jika tidak, usaha yang dirintis berpotensi bangkrut di tengah jalan karena berbagai sebab.

Belakangan ini, banyak orang yang terjun menjadi wirausahawan di berbagai bidang. Bahkan, tak sedikit pekerja kantoran yang akhirnya memutuskan resign, kemudian banting stir menjadi wirausahawan. Alasan utamanya tentu saja karena faktor penghasilan yang menggiurkan.

Nah, bagi kamu yang punya rencana untuk menjadi wirausahawan, penting bagi kamu untuk tahu faktor-faktor apa saja yang jadi penentu keberhasilan sebuah usaha. Hal ini penting untuk meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari.

Langsung saja, berikut sederet faktor penentu keberhasilan wirausaha, selain modal:

Pengetahuan

Agar berhasil menjadi wirausahawan, kamu harus punya pengetahuan tentang usaha yang akan dijalankan. Poin pentingnya, kamu harus tahu tentang seluk-beluk aktivitas bisnis, seperti cara mencatat kas, alokasi modal, hingga strategi pemasaran.

Baca juga: Pandemi Covid-19 adalah Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis, ini Alasannya!

Optimisme

Sebuah usaha akan bisa berhasil jika kamu memiliki tekad dan semangat yang kuat dalam menjalaninya. Dengan mengantongi dua hal tersebut, kamu akan selalu optimis sekalipun usaha yang dilakoni tengah berada di ujung tanduk. Kamu akan termotivasi untuk sukses, sehingga tak lelah untuk selalu belajar dari kesalahan yang diperbuat.

Keberanian ambil risiko

Wirausahawan yang sukses harus bekerja keras dan berani hadapi risiko dengan analisis yang sudah matang. Intinya, penting bagi kamu untuk memikirkan dengan cermat bagaimana cara agar risiko usaha bisa dimitigasi.

Percaya diri

Keberhasilan wirausaha juga dipengaruhi oleh kepercayaan diri. Jika kamu percaya diri, kamu tak akan mengalami hambatan dalam setiap pengambilan keputusan.

Kreatif

Menjadi beda dan unik adalah kunci sukses berwirausaha di tengah persaingan yang semakin ketat. Dengan kreativitas yang kamu miliki, bukan tak mungkin usaha kamu akan maju dan berkembang, sekalipun banyak usaha baru di luar sana yang bermunculan.

Baca juga: Berbisnis Tanpa Modal, Memang Bisa? Ini Kuncinya!

Kesabaran

Faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya adalah kesabaran. Di sini, kamu harus sabar menghadapi berbagai masalah yang timbul dalam perjalanannya. Kamu harus sabar menghadapi konsumen, sabar menghadapi klien, hingga sabar menghadapi pemasukan yang mungkin terus menurun.

Jaringan

Dalam dunia usaha, networking alias jaringan harus selalu diperluas dan dijaga kedekatannya. Tujuannya hanya satu, agar bisnis kamu selalu mendapatkan banyak peluang, termasuk saat mengalami kesulitan.

Berpikir positif

Berpikir positif adalah langkah awal menuju sukses. Dengan memiliki sikap tersebut, kamu akan mampu menghadapi semua masalah yang ada di depan mata dengan kepala dingin.

Strategi promosi yang tepat

Sebuah usaha akan bisa berhasil jika kamu tahu cara mempromosikannya. Dengan strategi promosi yang tepat, masyarakat luas akan tahu tentang jenis usaha yang sedang kamu jalankan. Di masa sekarang, kamu bisa manfaatkan media sosial sebagai sarana promosi.

Baca juga: Catat, Sederet Bisnis ini Diklaim Menjanjikan di Tahun 2021!

Kemampuan komunikasi

Keberhasilan sebuah usaha juga dipengaruhi oleh kemampuan komunikasi sang pemilik. Coba kamu pikir: Bagaimana bisa kamu menawarkan sebuah produk jika kamu sendiri tak tahu cara mengomunikasikannya! Karena itu, latihlah kemampuan komunikasi agar produk yang kamu tawarkan bisa jadi sesuatu yang bernilai jual tinggi.

Ya, itulah faktor-faktor penentu keberhasilan wirausaha yang perlu kamu tahu dan pahami! Satu hal yang tak kalah penting, cobalah untuk memilih jenis usaha yang sesuai minat agar kamu selalu bersemangat saat menekuninya. Jangan sampai kamu menjalankan usaha yang tidak kamu suka, yang pada akhirnya malah merugikan diri sendiri.

Leave a Reply