Blog

Ampuh Banget, ini Cara Menabung 10 Juta dalam 6 Bulan yang Bisa Ditiru!

danain-Cara menabung 10 juta dalam 6 bulan-gambar kalkulator dan uang

Cara menabung 10 juta dalam 6 bulan

Punya rencana untuk mengumpulkan uang Rp 10 juta dalam waktu 6 bulan? Jika ya, kamu bisa contek cara menabung 10 juta dalam 6 bulan berikut ini!

Kalau ingin mengumpulkan uang, menabung adalah cara paling mudah yang bisa dilakukan. Kira-kira, begitulah yang diajarkan orang tua kita sejak masih kecil. Dan ya, sampai saat ini, cara tersebut masih sangat relevan untuk diterapkan.

Pada prinsipnya, menabung bisa jadi sangat menyenangkan kalau kita menemukan cara yang tepat. Berapapun jumlah yang ingin kamu kumpulkan, pasti bisa tercapai, jika dijalankan dengan niat yang benar dan kesungguhan.

Kami berikan contoh kasusnya. Misal, kamu membutuhkan uang Rp 10 juta untuk membeli sebuah barang 6 bulan ke depan. Dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan, yakni:

Kenali kondisi finansial

Sebelum memutuskan untuk menabung, ada baiknya untuk tahu dulu kondisi finansial secara keseluruhan. Langkah ini akan memudahkanmu untuk mengetahui cara yang efektif dalam mewujudkan tujuan keuangan dalam waktu 6 bulan.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan saat Wabah Covid-19, Berhenti Menabung!

Yang harus dilakukan, hitunglah pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Kalau ternyata masih ada sisa, itu artinya aktivitas menabung bisa dijalankan. Jika tidak, kamu harus cari pekerjaan sampingan untuk dapatkan penghasilan tambahan.

Hidup hemat

Untuk mengumpulkan Rp 10 juta dalam waktu 6 bulan, penting bagi kamu untuk menerapkan pola hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari. Jangan pernah tergoda untuk membeli barang konsumtif dan fokuslah pada pengeluaran untuk kebutuhan pokok.

Buat tabel tabungan

Cara menabung 10 juta dalam 6 bulan berikutnya adalah dengan membuat tabel tabungan. Kamu cukup buat tabel per hari, per minggu, atau per bulan.

Kalau sudah, kamu tinggal mengisinya dengan konsisten. Jumlahnya tak harus sama, yang penting rutin dan tidak ditunda-tunda.

Baca juga: Miliarder Muda Tanner Chidester: Menabung adalah Cara Lambat Menuju Kaya!

Misal, kamu bisa menabung Rp 200 ribu di minggu pertama dan menaikannya jadi Rp 400 ribu di minggu kedua dan seterusnya sampai jumlah Rp 10 juta bisa terpenuhi.

Tetapkan hari menabung

Apakah kamu belum terbiasa untuk menabung? Jika ya, menetapkan hari menabung bisa jadi solusi tepat yang bisa dilakukan. Dalam konteks ini, kamu bisa tetapkan jadwal menabung di hari-hari tertentu.

Contoh, kamu tetapkan hari Senin, Kamis, dan Sabtu sebagai hari menabung. Rutinlah menabung di hari-hari tersebut untuk mencapai tujuan. Kalau perlu, nyalakan alarm pengingat dalam prosesnya.

Sisihkan gaji

Jika kamu seorang karyawan yang menerima gaji setiap bulan, cara menabung 10 juta dalam 6 bulan berikut ini sangat mudah untuk dilakukan. Poinnya, kamu tinggal menyisihkan sebagian penghasilan tiap kali menerima gaji.

Misal, setiap bulan kamu menerima gaji sebesar Rp 6 juta. Kamu bisa sisihkan Rp 1,7 juta secara rutin selama 6 bulan. Dengan begitu, tujuan kamu mengumpulkan Rp 10 juta bisa tercapai.

Nabung Rp 55 ribu tiap hari

Cara yang terakhir ini tak kalah mudah. Untuk mengumpulkan Rp 10 juta dalam waktu 6 bulan, kamu bisa menyisihkan uang secara harian sebesar Rp 55 ribu. Di sini, kamu bisa melakukannya dengan mengurangi anggaran untuk makan, kopi, atau hangout bareng teman.

Simulasinya kira-kira seperti ini: Rp 55 ribu x 182 hari (6 bulan) = Rp 10.010.000. Angka ini sudah lebih dari target!

Baca juga: Hati-hati, Menabung dan Gunakan ATM Malah Bikin Boros, Kok Bisa?

Bagaimana, mudah bukan cara menabung 10 juta dalam 6 bulan di atas? Selamat mencoba!

Leave a Reply