Blog

Jadi Korban Penipuan, Apakah Ada Biaya Lapor Polisi Kasus Penipuan?

danain-biaya lapor polisi-gambar polisi datang ke tkp

apakah ada biaya lapor polisi kasus penipuan?

Masih banyak masyarakat kita yang tidak mengetahui tentang seluk beluk pelaporan kasus penipuan ke pihak kepolisian, termasuk, apakah ada biaya lapor polisi kasus penipuan atau tidak?

Kasus penipuan masih marak terjadi di Indonesia, dengan korban dari berbagai kalangan. Yang sedang santer belakangan ini sebut saja penipuan menggunakan teknologi alias penipuan secara online.

Yang jadi pertanyaan, apa yang harus dilakukan masyarakat jika dirinya menjadi korban penipuan? Tak lain dan tak bukan adalah melaporkan masalah tersebut ke pihak yang berwajib, dalam hal ini kepolisian.

Namun demikian, tidak semua masyarakat awam pernah berurusan dengan kepolisian terkait pelaporan atau pengaduan tindak pidana. Hingga muncul satu pertanyaan yang mengemuka, apakah ada biaya lapor polisi kasus penipuan atau tidak?

Nah, untuk tahu jawabannya, simak artikel di bawah ini hingga tuntas!

PENGERTIAN LAPORAN KEPOLISIAN

Untuk diketahui, laporan kepolisian merupakan dokumen yang memuat informasi tertulis mengenai peristiwa yang diduga sebagai tindak pidana. Jadi, jika kamu melihat, mengetahui, atau menjadi korban tindak penipuan, maka kamu bisa segera membuat laporan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) selaku pelaksana tugas pokok kepolisian di bidang pelayanan.

Baca juga: Jangan Sampai Tertipu, Ketahui Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri Berikut ini!

Laporan bisa dibuat di kantor polisi terdekat, mulai dari Polsek, Polres, Polda, hingga Mabes Polri, selama 24 jam. Satu hal yang perlu dipahami, setiap masyarakat berhak membuat laporan atau pengaduan kepada polisi terkait tindak pidana yang dialami atau diketahui.

BUAT LAPORAN KASUS PENIPUAN

Jika kamu baru saja menjadi korban penipuan, kamu bisa langsung datang ke kantor polisi terdekat untuk membuat laporan. Di sini, kamu perlu menyiapkan sejumlah berkas, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan bukti terjadinya penipuan. Dalam kasus penipuan online, bukti yang kamu serahkan bisa berupa percakapan kamu dan penipu, hingga bukti transfer.

Serahkan berkas-berkas tersebut ke bagian SPKT untuk kemudian dibuatkan laporan. Selanjutnya, proses penyidikan tindak pidana penipuan akan dilakukan berdasarkan laporan polisi dan surat perintah penyidikan.

APAKAH ADA BIAYA UNTUK PELAPORAN?

Balik ke pertanyaan awal, apakah ada biaya lapor polisi kasus penipuan?

Dalam undang-undang, tidak pernah disebutkan atau disinggung terkait biaya lapor polisi. Dengan kata lain, siapa saja bisa melakukan pelaporan tanpa perlu mengeluarkan uang, sebab melaporkan tindak pidana menjadi kewajiban warga negara dan dijamin oleh undang-undang.

Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Apakah Money Amulet itu Penipuan?

Singkat kata, tak perlu ragu jika ingin membuat laporan kasus penipuan ke kantor polisi, karena tak ada dasar hukum yang mengatur perihal biaya tersebut. Adapun setiap anggota polisi wajib menerima laporan dari masyarakat terkait tindak pidana, sebab yang bersangkutan telah menerima gaji sesuai Peraturan Pemerintah yang berlaku.

Lantas, bagaimana jika ada oknum anggota polisi yang meminta bayaran ketika menerima laporan dari masyarakat?

Dalam konteks ini, kamu bisa melaporkan hal tersebut ke Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri untuk ditindaklanjuti. Sampaikan ke pihak Propam bahwa kamu telah dimintai sejumlah uang saat melakukan pelaporan.

Baca juga: Lewat 4 Situs ini, Kamu Bisa Cek Nomor Rekening Penipuan dengan Cepat dan Mudah!

Secara keseluruhan, peran serta masyarakat sangat penting dalam rangka mencegah terjadinya kejahatan atau tindak pidana, baik ketika menjadi korban atau kebetulan mengetahui kejadian. Segala bentuk tindak pidana harus segera dilaporkan agar kamu atau orang sekitarmu mendapatkan perlindungan hukum dari kepolisian.

Ya, itulah jawaban atas pertanyaan apakah ada biaya lapor polisi kasus penipuan atau tidak? Semoga bermanfaat!

35 Comments

  1. Luana

    Saya di tlp dr WA pihak shopie mwndapatakan hadiah sebesar 2 juta. Tp pas di anggap malah memaksa pinjem uang shopie pay later dan pinjaman shopie.

    • Sebagai pelajaran untuk kita semua, jangan lupa untuk pastikan kebenaran informasi melalui pihak resmi terkait. Stay safe yaa 🙂

    • Rini

      Saya di tipu dengan cara investasi yg di iming2 in 50% tapi saya ga mau ikutan hanya mau terima bersih dia menawarkan 7.5jt untuk pinjaman dana sebesar 75jt tapi sebelumnya kami memang percaya sama percaya untuk menjual hp dengan cicilan sementara xicilan hp tersebut sekitar 80jt an biasanya dia bayar sesuai dengan cara akhir bulan transfer sejak investasi bodong itu saya ga terbayar apakah ini bisa dijadikan kasus penipuan dan dipidanakan?

  2. Belia

    Teman saya minta tolong beliin hp di akulaku akun saya dengan di cicil selama 9 bulan, dianya nyicil hanya 2 bulan, setelah itu tidak ada kabar tentang dianya, saya sudah telpon atau wa, tdk ada info sama sekalipun. jadi saya terpaksa bayarin akulaku nya, apakah itu kasus penipuan atau hutang?

    • Berdasarkan studi kasus tersebut, temannya termasuk berhutang ya kaa.

      • Diana

        Kasus saya sama seperti mbk.nya tapi bedanya saya beliin pake shopeepaylater dg cicilan 12 bulan, dan hanya membayar 5 bulan saja. Sisanya saya yg bayar, tidak ada itikad untuk membayar sisa hutangnya. Dan mengirim bukti tf palsu ke saya. Apakah kasus seperti ini bisa di anggap penipuan

  3. Raqules

    Ada dana tiba tiba masuk ke rekening trus ada konfirmasi klo dana dari pinjol telah dikirim ke rekening terus installah saya aplikasinya dan beneran ada tagihan padahal tidak mengajukan. Aplikasi tidak ada no admin, alamat kantor, dan email
    Saya koment d playstore lah, kalo dana mau saya kembalikan sesuai dg yg d tf akhirnya ada yg tlp atas nm si pinjol trsbut dan klo mau refund kirim ke virtual acount atas nama pinjol dan ternyata setelah dana saya kembalikan semua, d aplikasi g berubah dong tetep ada tagihan dengan tnor 7 hari doang. Dan si penelpon ini minta dana tambahan untuk menormalisasi data.

    ini saya sudah d tagih pihak pinjolnya karna d aplikasi ada tagihan bukti tf pengembalian sudah saya tunjukan dan katanya itu bukan nomor Va aplikasi.

    Itu bisa dilaporkan gak ya 😭😭. Apakah saya masih harus membayar pinjol itu secara saya tidak merasa pinjam dan memakai duitnya

    • Ini termasuk pelanggaran data ya kaa, bisa jadi ktp atau data pribadi milik ka Raqules disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Mungkin langkah pertama dapat dilakukan adalah

      1. Memastikan apakah institusi terkait punya izin atau terdaftar OJK
      2. Mengumpulkan bukti kuat bahwa data pribadi ka Raqules disalahgunakan
      3. Lapor kepada pihak terkait mengenai hal ini

      Demikian yang bisa kami sarankan, semoga cepat selesai urusannya ya kaaa

  4. Sofhia Sari

    Saya kemarin habis ditipu lewat telegram dengan iming” trading, setelah saya transfer uang sejumlah 5,4jt, akun saya diblokir tanpa ada pengembalian dana, bagaimana langkah saya selanjutnya? Dan apakah saya boleh lapor polisi mengenai kasus ini?

    • Seluruh tindak kejahatan digital dapat dilaporkan kepada yang berwajib, selama masih ada bukti dari transaksi dan tindak kejahatan tersebut. Semoga lekas selesai segala urusannya ya kaa.

  5. Akbar

    Ketipu gadian motor apakah bisa di laporkan ke polisi ?
    Motor di tangan saya 1 mingguan, tpi di pinjam yang punya alasan mau bayar pajak dulu, tau2 nya motor di bawa kabur. Tapi saya ada bukti transfer apakah bisa di laporkan

    • Halo Ka Akbar, selagi bukti kuat bisa langsung membuat laporan terkait kejadian tersebut. Semoga segera selesai urusannya yaa.

    • Ketipu temen sendiri awalnya sih enak² aja tapi motor ku di bawa kabur udh seminggu lebih gak balik .. lalu ketika pas bisa di hubungi dya bilang motornya di gadaikan trus sya jawab di gadaikan brapa motornya dya bilang pokok ny kurang 800 kalo Nebus ..oke saya kasih dan sya TF melalui ATM BCA dan masih juga gk balik motor jadi sya ketipu motor sama uang 800

  6. nue

    saya tertipu gadaian motor,pas saya mau nebus motor kata pegang gadaian motor harus di dp,n setegah nya dl,baru besok saya di srh ngabil motor saya.. .tp sampek skrng blm ada kbr dengan motor saya,dan saya ada bukti viedio pas ngasih untuk penebusan motor.. . .apakah kasus saya bisa di tindak lanjuti oleh kepolisian

    • Selamat sore Ka Nue. Selagi ada bukti kuat dan lengkap, seluruh kasus penipuan dapat diproses oleh pihak yang berwajib. Semoga segera terselesaikan segaal urusannya yaa

  7. She

    Saya beberapa hari yang lalu ikutan nama perusahaannya katanya Sun Ecommerce. Jadi semacam invest gitu. Masih belum tau jelas ini apa karena saya cari cari info tidak ketemu. Awalnya memang saya benar2 dapat komisi. Tapi lanjut ke 4x nya uang saya tidak dikembalikan, tidak bisa saya tarik ke rekening bank saya. Total kerugian saya 7.5jt.

    • Turut prihatin atas kejadian tersebut, semoga secepatnya mendapatkan titik terang ya ka

    • Didik

      Selamat sore saya tertipu dari orang yg mengatas nama kan Dari lazada lewat wa dengan pemberitauan mendapatkan cash back 2jt ter data saya dipakai buat pembayaran belanja lazada tp bukti wa nya telah saya hapus tau tau saya ada tagihan hampir 2 jt lebih apakah saya masih bisa melaporkan ke polisian

  8. Saya telah ditipu orang melalui online,saya membeli buah 10 kg dengan harga 300 ribu,tapi barang tersebut tidak dikirimkan,dan setelah saya tf uang nya,malah no saya di blokir,
    Saya hanya berharap orang tersebut kapok atas apa yang diperbuat,walaupun itu ga seberapa bagi orang lain tapi bagi saya itu besar,
    Apakah bisa dilaporkan ke pihak berwajib? Agar nantinya orang” tidak akan tertipu lagi orang si penipu,

    • Selamat siang Ka Lisa, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan barang bukti yang lengkap ya ka. Selagi barang bukti lengkap, tidak menjadi masalah untuk dilaporkan kepada pihak yang berwajib. Semoga membantu

  9. Desfan

    Min saya mau nanya, Jika kasus penipuan sudah lewat 2 minggu lebih, Tapi bukti2 masih Ada penipuan Online, Apakah masih bisa di laporkan ke Polisi??

    • Selamat siang Desfan, selagi masih ada bukti kuat, maka masih bisa dilaporkan ya. Semoga dipermudah segala urusannya yaa

  10. Hartono mulyadi

    Min saya mau nanya , teman saya pinjem uang kredibo melalui akun sayadia bayar baru 1x , setelah itu ga bayar lagi apakah bisa di lapor polisi. ?

  11. Hadi

    Mau nanya..
    Ini kejadian lagi saya alami, 3 bulan lalu saya ngurus surat surat kendaraan bermotor di temen saya, cabut berkas, balik nama dan bayar pajak..uang udah masuk 2.8 juta, bukti transfer ada, selama 3 bulan ini dia bertele tele dengan alasan sedang di proses, tapi 3 minggu terakhir dia hilang, kontak ga bisa dihubungin, saya datang kerumahnya pun dia ga ada..
    Saya merasa di tipu, apa bisa dilaporkan dengan pelaporan penipuan?
    Dan apa saja berkas berkas yg harus saya bawa untuk melaporkan temen saya ke polisi?

  12. Rama

    Orang tua saya kena tipu dengan modus di ajak kerja sama pembelian hp sitaan bea cukai. Beliau sudah transfer 2 juta dan setelah di transfer, si penipu tidak ada kabar lagi. Yang jd masalah, penipu itu sepertinya meretas (hack) nomor orang karena dia memakai nomor orang yg dikenal. Apakah bisa itu dibuatkan laporan? Setelah laporan apakah akan diproses?

  13. Dana

    Saya ada kontrak renovasi rumah 3 lantai dgn CV MGM senilai 365jt dgn pembayaran sistem termint,rumah baru jadi 40% tapi pembayaran termint sudah 99% dan tidak ada kelanjutan progres renovasi dan pemilik CV tdk bisa di hubungi,apa bisa saya laporkan ke polisi?total kerugian saya ratusan juta dan rumah tdk bisa ditinggali,data2 perjanjian kontrak kerja,bukti transfer,foto2 progress dan bahkan rekaman percakapan lengkap,mohon dibantu pencerahannya dan langkah2 yg perlu saya ambil,terima kasih

  14. Shilfa

    Kak saya kan ikut arisan pas saya udah bayar 2 bulanan katanya udahan tapi uang saya ngak di balik2in dgn seribu alasannya, apa itu tidak penipuan

  15. Risna

    Ada yang curi data saya tampan izin cara di blokir nya gmna yh.. Udh tetangga saya nggak mau tanggung jawab pas saya cek ke ojk no rekening nya ada 2. Gman yh sedakang saya nggak punya bukti chatan sama dia.. Waktu dia minjam ktp saya buat bantuiin saya bikin izasah pakat c

  16. Saya ada transaksi jual beli dgn seseorang. Dan c penjual minta transfer pembayaran. Setelah di TF orang tsb membatalkan jual beli dgn alasan produksi error. Dan berjanji akan mengembalikan uang tsb. Tapi tidak di TF sampe saat ini.. Apa ini bisa dilaporkan sebagai penipuan

  17. Maaf aku telah ditipu mengatas namakan seorang polisi tadinya aku percaya tapi semua itu modus untuk mengelabuhi aku mohon ditindaklanjuti pak biar ga ada yang seperti aku ditipu orang itu lagi

  18. yefta faot

    bagimana cara melapor polisi ketia kita alami penipuan online apakah kita harus laporx di tempat kita atau melapor ditempat org yg menipu kita

  19. Domss

    Ceritanya teman saya butuh uang untuk bayar kontrakan, akhirnya teman saya gadaikan HP nya kepada saya. Sebulan kemudian teman saya menghampiri saya memberitahu bahwa dia belum bisa menebus HP nya dan rencana mau dijual dahulu HP nya supaya bisa mengembalikan uang saya. Setelah HP nya saya kembalikan untuk dijual teman saya langsung hilang kontak dan susah di hubungi uang saya juga belum di kembalikan hingga saat ini.
    Apakah ini termasuk penipuan?

    • Firman maolana

      Maaf saya kena tipu calo uang udah masuk 5,5jt pertama saya katanya suruh masuk tapi di undur² terus Dia bilang kalo udah dua PT uang hangus tetapi kata calo satunya lagi ngga hangus malah uang calo satunya lagi udah di kasih ke calo yang bawa saya senilai 2jt bukti transfern ada kuitansi pembayaran ada orang itunya selalu berbelit² terus

  20. Gading ayu parasaty

    Saya tertipu dengan teman online saya dari luar negri. Dia bilang sudah mentransfer uang sejumlah 15.000 dolar ke akun bank saya. Tetapi ketika saya cek ternyata uang itu ga sampai ke saya. Kemudian saya tiba tiba dapat email perihal saya harus membayar 1 juta rupiah untuk melancarkan transaksi yang terhambat ketika saya bayar dia minta lagi 5 juta rupiah untuk money laundry. Saya mau melaporkan kasus ini ke polisi tapi saya malu. Karena saya pasti dianggap bodoh 🙈

  21. Fendi

    tmen saya pinjem uang totalnya 18 juta
    pas di tagih bilang iyaa pasti di bayar..
    tapi udah 3x nagih sesuai janji dia, selalu bilang belum ada dan saya merasa tertipu.
    apakah hal itu bisa di laporkan polisi..??

Leave a Reply