Blog

Jangan Sampai Tertipu, Ketahui Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri Berikut ini!

danain-ciri-ciri penipuan paket luar negeri-gambar paket dari luar negeri

ciri-ciri penipuan paket luar negeri

Hati-hati jika menerima kabar bahwa kamu mendapatkan hadiah atau paket tertentu dari luar negeri, bisa jadi itu penipuan. Berikut ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang perlu kamu tahu!

Kemajuan teknologi bak pedang bermata dua, dampaknya bisa positif, bisa juga negatif. Positifnya, kegiatan apapun bisa dilakukan dengan lebih mudah, sedangkan negatifnya, penipuan online jadi marak terjadi, termasuk penipuan dengan modus pengiriman paket dari luar negeri.

Kasus penipuan online seperti ini sering terjadi lantaran banyak orang yang mudah percaya dan tidak mencari tahu kebenarannya terlebih dulu akibat terlalu senang mendapatkan hadiah dari luar negeri. Padahal, modus penipuan ini bisa dihindari jika masyarakat mengetahui ciri-ciri penipuan paket luar negeri serta pergerakan pelaku.

Modus pengiriman paket dari luar negeri sebenarnya sudah lama terjadi, namun kembali marak di masa pandemi ini. Pada umumnya, kasus ini bermula dari perkenalan seseorang di media sosial.

Ketika sudah saling berkomunikasi, si penipu biasanya mengaku akan mengirimkan paket dari luar negeri sebagai hadiah. Barang yang diberikan umumnya berupa gadget, produk fashion, hingga jam tangan.

Baca juga: Lewat 4 Situs ini, Kamu Bisa Cek Nomor Rekening Penipuan dengan Cepat dan Mudah!

Dalam perjalanannya, si pelaku akan berpura-pura mengalami masalah pada pengiriman. Masalah yang kerap diakui adalah tertahannya barang di Bea Cukai, sehingga si penerima hadiah harus membayarkan sejumlah uang untuk mengeluarkannya. Setelahnya, pelaku akan mengirimkan nomor rekening sebagai media transfer.

Demi memuluskan aksinya, pelaku juga kerap memanfaatkan kurir palsu agar barang seolah-olah memang sedang dikirim dari luar negeri. Bahkan, mereka tak segan membuat website palsu untuk meyakinkan korban.

Pada sejumlah kasus, seseorang yang mengaku dari pihak bandara atau Bea Cukai akan menelepon korban di tengah pengiriman barang. Mereka mengatakan bahwa barang yang akan dikirim bermasalah, ilegal, dan ada biaya pajaknya. Jika tak dibayar, akan ada sanksi pidana.

Nah, setelah korban merasa terdesak dan akhirnya mentransfer sejumlah uang, pelaku akan pergi dan menghilang tanpa jejak. Di posisi ini, korban akan kesulitan melakukan verifikasi, baik terhadap kurir atau bank yang menjadi perantara penerima uang.

Hal ini karena pengiriman uang bisa tersembunyi oleh batas negara, sehingga membutuhkan waktu lama untuk memprosesnya. Setelah proses birokrasi antara 2 bank selesai, uang sudah diambil terlebih dulu oleh si penipu.

Lantas, bagaimana cara mengetahui ciri-ciri penipuan paket luar negeri? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari laman Tempo.co.

CIRI-CIRI PENIPUAN PAKET LUAR NEGERI

  1. Pelaku punya dua bagian tugas. Satu sebagai orang yang modus ke target, satu lagi bertindak sebagai pemilik kurir palsu.
  2. Pelaku umumnya akan melakukan pendekatan personal dengan modus berkenalan melalui media sosial.

Baca juga: Simak Baik-baik, Ini Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali!

  1. Pelaku mengaku akan mengirimkan hadiah kepada target.
  2. Pelaku akan mengirimkan hadiah melalui kurir palsu dan akan mengirimkan resi palsu kepada target.
  3. Setelahnya, barang diberitakan telah sampai ke Indonesia, namun pihak kurir palsu mengaku tidak bisa mengirimkan barang karena membutuhkan pembayaran clearance.
  4. Kemudian, target akan diminta untuk mentransfer sejumlah uang ke akun pelaku untuk membayar biaya tersebut.

TIPS AGAR TERHINDAR DARI PENIPUAN PAKET LUAR NEGERI

  1. Jangan mudah percaya pada informasi hadiah. Pastikan kebenarannya dengan meminta bukti konkret.
  2. Cek resi di website kurir yang asli sebelum mentransfer sejumlah uang.
  3. Jangan terlalu senang saat mendapat informasi hadiah dari luar negeri.
  4. Tetap berpikir rasional dan mengulik kebenaran dari paket tersebut.

IMBAUAN BEA CUKAI

Direktorat Jenderal Bea Cukai mengimbau masyarakat untuk waspada dengan modus penipuan paket dari luar negeri. Sekadar informasi, Bea Cukai tidak menghubungi wajib bayar melalui telepon untuk menginformasikan jumlah bea masuk dan pajak dalam rangka impor yang harus diselesaikan.

Baca juga: Nggak Usah Bingung, ini Arti PO dalam Jual Beli!

Semua prosedur yang berkaitan dengan impor barang menggunakan rekening negara. Jika ada pungutan pajak, seperti bea masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor, maka akan langsung masuk ke kas negara.

Ya, itulah ulasan lengkap mengenai ciri-ciri penipuan paket luar negeri. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply