Blog

Sering jadi Pertanyaan, Apakah Money Amulet itu Penipuan?

danain-apakah money amulet itu penipuan-gambar money amulet

apakah money amulet itu penipuan

Fenomena money amulet masih marak di sekitar kita. Yang jadi pertanyaan, apakah money amulet itu penipuan?

Istilah money amulet mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Maka dari itu, kami akan mengulasnya secara lengkap, termasuk menjawab pertanyaan apakah money amulet itu penipuan, sehingga pengetahuan kamu tentang hal ini bisa semakin bertambah. Yuk, simak sampai tuntas!

Sekadar informasi, amulet merupakan bagian dari kebudayaan yang belum diungkap oleh ilmu pengetahuan, sehingga kerap dianggap sebagai sesuatu yang mistik. Menurut Wikipedia, amulet adalah jimat atau benda yang dipercaya bisa melindungi pemiliknya.

Kata amulet berasal dari bahasa latin, yakni amuletum. Artinya, sebuah objek yang melindungi seseorang dari bahaya. Amulet di Indonesia memiliki akar budaya yang sudah sangat tua, turun temurun, dan masih ditemukan hingga saat ini.

Baca juga: Simak Baik-baik, ini Cara Menghitung Uang Pensiun Karyawan Swasta di Indonesia!

Bentuk amulet di Tanah Air bukan hanya logam, tapi bisa berbentuk lain. Namun, yang paling populer bisa dibilang adalah money amulet.

Lantas, apakah money amulet itu penipuan? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari laman Kumparan.com.

Bagi sebagian orang, money amulet dipercaya bisa membawa keberuntungan yang selaras dengan energi yang dimilikinya. Beberapa orang bahkan meyakini bahwa jimat ini bisa mendatangkan rezeki, keberkahan, kesehatan, hingga kebahagiaan.

Money amulet pada umumnya punya tiga bentuk pola yang berbeda, yaitu wealth amulet, luck amulet, dan health amulet. Masing-masing pola punya khasiat dan manfaat yang berbeda satu sama lain.

Wealth amulet, misalnya. Jimat ini dipercaya bisa mendatangkan nasib baik bagi pemiliknya. Wealth amulet dinilai mampu mendatangkan rezeki dan uang yang tak terduga.

Sementara itu, luck amulet dipercaya bisa memberikan keberuntungan bagi pemiliknya. Amulet jenis ini bakal memancarkan energi positif dan membawa seseorang kepada jalan yang benar. Adapun health amulet adalah jimat yang bekerja untuk memberikan kesehatan dan umur yang panjang.

Baca juga: Catat Baik-baik, Inilah Daftar Mata Uang Nilai Tertinggi di Dunia!

Lalu, bagaimana hukum menggunakan money amulet dari perspektif agama, dalam hal ini adalah Islam?

Money amulet menurut Islam

Biasanya, sebagian orang menggunakan money amulet sebagai kalung. Mereka mengaitkan barang tersebut pada sebuah tali, kemudian memakainya setiap waktu. Tujuannya tak lain untuk mendapatkan khasiat dari money amulet.

Dalam Islam, amulet sama seperti jimat. Berbeda dengan rajah, aksara dan simbol dalam money amulet umumnya menggunakan bahasa dari Suku Maya. Kendati begitu, hukum keduanya tetap sama, yakni haram.

Tak ada satu pun ulama yang memperbolehkan seseorang menggunakan jimat. Jimat yang dimaksud adalah jenis apapun, tak terkecuali money amulet. Dalam konteks ini, para ulama sepakat bahwa menggunakan jimat, lalu meyakininya bisa memberi manfaat adalah haram hukumnya.

Menurut para ulama, besar atau kecilnya keyakinan terhadap jimat tetaplah pelanggaran akidah yang tidak ditolerir dalam Islam. Karena pada hakikatnya, yang mampu dan berkuasa untuk melakukan segala hal hanyalah Allah semata.

Baca juga: 4 Uang Kuno Termahal yang Perlu Kamu Tahu, Ada yang Mencapai Ratusan Juta Rupiah!

Secara garis besar, seseorang yang menggunakan money amulet dikhawatirkan akan memunculkan kesyirikan dalam hatinya.

Nah, balik ke pertanyaan awal, apakah money amulet itu penipuan? Jawabannya kami kembalikan kepada pribadi masing-masing, apakah kamu percaya dengan hal itu atau tidak.

Yang jelas, hingga saat ini, belum ada ilmu pengetahuan yang berhasil membuktikan keampuhan dari money amulet, termasuk jenis amulet lain yang selama ini banyak beredar.

Catatan: Tulisan ini tidak mewakili pandangan dari penulis.

Leave a Reply