Blog

Lewat 4 Situs ini, Kamu Bisa Cek Nomor Rekening Penipuan dengan Cepat dan Mudah!

Danain-cara_cek_nomor_rekening_penipuan-gambar ilustrasi penjahat online

Cara mudah cek nomor rekening penipuan

Penipuan secara online masih marak terjadi di Indonesia. Lantas, bagaimana cara cek nomor rekening penipuan dengan cepat dan mudah?

Penipuan yang berujung pada permintaan transfer uang ke nomor rekening tertentu kerap terjadi di Tanah Air, seiring makin maraknya transaksi secara online. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk berhati-hati sebelum melakukan transaksi dengan orang yang baru dikenal.

Lalu, apa yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah terjadinya tindak penipuan secara online? Satu di antaranya adalah dengan cek nomor rekening penipuan melalui 4 situs resmi berikut ini:

CekRekening.id

Cara cek nomor rekening penipuan yang pertama adalah melalui situs CekRekening.id. Berikut prosedur lengkapnya:

  1. Masuk ke laman https://cekrekening.id/.
  2. Isi form nama bank dan nomor rekening yang akan dilaporkan.
  3. Tim Cekrekening akan melakukan verifikasi.
  4. Muncul hasil verifikasi, apakah rekening tersebut memang terindikasi melakukan penipuan atau tidak. Selain itu, akan muncul juga riwayat pelaporan.

Baca juga: Simak Baik-baik, Ini Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali!

Di sisi lain, apabila rekeningmu ternyata dilaporkan terindikasi melakukan penipuan, padahal kamu tidak melakukannya, maka kamu bisa mengajukan sanggah rekening di situs tersebut. Jika berhasil, rekening kamu akan terhapus dari database CekRekening.id. Adapun sebagai informasi tambahan, kamu juga bisa melakukan konsultasi melalui email di cekrekening@kominfo.go.id atau melalui chat WhatsApp di nomor 0811 8331 316.

Kredibel.co.id

Selain melalui situs CekRekening.id, kamu juga bisa cek nomor rekening penipuan lewat website Kredibel.co.id. Seperti halnya CekRekening.id, situs ini juga memiliki tujuan yang sama, yakni menampilkan rekam jejak nomor rekening yang terindikasi melakukan penipuan.

Jika nomor rekening yang kamu masukkan ternyata pernah dilaporkan sebagai bagian dari jaringan penipuan online, maka nomor tersebut akan muncul beserta keterangan lengkapnya. Di saat bersamaan, situs ini juga bisa mengecek kredibilitas nomor telepon yang sering melakukan tindak penipuan.

Cara menggunakan situs Kredibel.co.id terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkan nomor rekening atau nomor telepon yang dicurigai melakukan penipuan.

Lapor.go.id

Lapor.go.id adalah singkatan dari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat yang disediakan oleh Kepolisian Republik Indonesia. Fungsi dari situs ini adalah untuk membantu masyarakat dalam melacak nomor rekening yang melakukan tindak penipuan.

Baca juga: Ini Dia, Ciri-ciri Pinjaman Online Terpercaya yang Perlu Kamu Tahu!

Tak hanya itu, Lapor.go.id juga bisa melaporkan berbagai kasus kriminal lainnya yang terjadi di Indonesia. Bisa dibilang, ini adalah sebuah paket lengkap yang bisa kamu manfaatkan untuk melaporkan tindak kejahatan.

Akun @indonesiablacklist

Cara cek nomor rekening penipuan yang terakhir adalah melalui akun Instagram @indonesiablacklist. Perlu kamu tahu, akun ini berkomitmen untuk membantu masyarakat dalam menangani masalah penipuan online.

Akun tersebut sudah menyusun berbagai kasus penipuan online yang terjadi di Instagram atau toko online lainnya. Yang bikin akun ini menarik, pengelola mengklaim bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan jasa mediasi hingga uangnya kembali.

SEGERA LAPOR POLISI JIKA MENJADI KORBAN PENIPUAN!

Jika kamu menjadi korban penipuan online, pergilah ke kantor polisi untuk membuat laporan. Kamu perlu menyiapkan sejumlah berkas penting, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), bukti percakapan antara kamu dengan penipu, hingga bukti transfer.

Baca juga: Perhatikan Baik-baik, 7 Tips Jualan Online ini Sangat Penting untuk Pemula!

Serahkanlah berkas-berkas tersebut ke bagian Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) selaku pelaksana tugas pokok kepolisian di bidang pelayanan. Jika sudah, proses penyidikan tindak pidana penipuan akan dilakukan berdasarkan laporan polisi dan surat perintah penyidikan.

Proses selanjutnya, hubungilah call center bank yang digunakan oleh pelaku saat melancarkan aksinya. Ceritakan kronologi lengkapnya kepada mereka. Biasanya, pihak bank akan membantu kamu untuk menelusuri kasus tersebut hingga uangmu bisa kembali.

Leave a Reply