Wabah Covid-19 mengguncang perekonomian dunia, tak terkecuali Indonesia. Sebaran wabah yang begitu cepat mendorong sejumlah negara, termasuk Indonesia, memberlakukan beberapa kebijakan, seperti pembatasan jalur penerbangan hingga pembatasan interaksi di masyarakat, yang dalam hal ini direalisasikan dengan mengimbau masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Tujuan dari kebijakan itu sangat jelas, yakni untuk mencegah penyebaran virus corona yang makin tinggi. Meski begitu, langkah tersebut juga berpotensi besar menyurutkan aktivitas ekonomi di dalam negeri.

Apa saja dampak ekonomi di Tanah Air akibat virus tersebut?

Beberapa yang menonjol sebut saja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang anjlok, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang tertekan, serta investor asing di pasar uang dan pasar modal yang terus menarik dananya dari Indonesia.

Baca juga: Di Rumah Selama 2 Minggu Akibat Virus Corona? Lakukan ini agar tetap Produktif!

Tak hanya itu, sektor pariwisata hingga penerbangan dalam negeri juga mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan, industri manufaktur juga ikut terganggu karena bahan baku yang mulai menipis.

Lantas, bagaimana dengan platform P2P Lending Danain? Apakah sektor ini juga ikut terganggu?

Berikut sejumlah fakta penting yang perlu diketahui!

Beroperasi normal

Sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus corona, Danain menjalankan pola Work from Home bagi seluruh karyawan. Meski begitu, operasional Danain tetap berjalan secara normal dan bisa diakses melalui website atau aplikasi.

Perlindungan maksimal terdadap konsumen

Danain selalu concern dengan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI). Alhasil, Danain senantiasa memberikan perlindungan secara maksimal terhadap data konsumen, sesuai dengan ISO 27001 yang telah dikantongi.

Pengembangan dana terjamin

Keamanan pengembangan dana tetap terjamin, sebab pihak peminjam menyerahkan agunan emas atau logam mulia kepada mitra pergadaian swasta Danain.

Baca juga: Pakar Keuangan: P2P Lending bisa jadi Sarana untuk Mengembangkan Dana bagi Milenial!

Imbal hasil stabil

Imbal hasil di Danain tetap stabil dan tak terpengaruh dengan kondisi yang terjadi saat ini. Imbal hasil tetap berada di angka minimal 8% per tahun, maksimal 120% per tahun.

TKB 100%

TKB alias tingkat keberhasilan di Danain selalu menunjukkan hasil yang menggembirakan, yakni selalu berada di angka 100%.

NPL 0%

NPL atau total pinjaman bermasalah di Danain tetap berada di angka 0%.

 

Bagaimana dengan bisnis gadai yang notabene bermitra dengan Danain?

Perlu diketahui, mitra pergadaian swasta Danain tetap beroperasi seperti biasa. Dalam kondisi seperti saat ini, bisnis gadai justru sangat membantu masyarakat yang sedang membutuhkan. Dengan demikian, pendanaan di platform  Danain akan selalu tersedia.

 

Secara keseluruhan, tak ada yang perlu dikhawatirkan dari Danain. Masyarakat bisa memanfaatkan Danain sebagai alternatif ‘investasi’ atau pengembangan dana di tengah fenomena yang sedang terjadi seperti saat ini. Mau tahu keunggulan lengkap Danain? Baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!

Kita tentu sama-sama berharap agar wabah ini cepat berlalu, sehingga kita bisa menjalankan kehidupan sehari-hari seperti biasanya.