Blog

Sering Disebut Dalam Dunia Digital, Apa yang Dimaksud dengan CMS?

danain-Apa yang dimaksud dengan CMS-gambar orang sedang mengetik

Apa yang dimaksud dengan CMS?

Istilah CMS sering disebut saat membahas dunia digital, terutama yang berkaitan dengan konten. Lantas, apa yang dimaksud dengan CMS?

Di era digital seperti sekarang, perkembangan informasi terjadi begitu cepat. Alhasil, dibutuhkan manajemen informasi yang baik dan efisien untuk mengoptimalkannya. Berangkat dari kebutuhan tersebut, lahirlah CMS yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk me-manage sebuah konten.

Pertanyaannya, apa yang dimaksud dengan CMS? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

PENGERTIAN CMS

CMS adalah singkatan dari Content Management System atau Sistem Manajemen Konten. CMS merupakan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengelola, dan menyimpan konten digital berupa teks, gambar, video, atau audio tanpa harus punya pengetahuan teknis tentang pemrograman web.

Baca juga: Ada Banyak Jalan, Begini Cara Orang Miskin Menjadi Kaya di Era Digital!

Lebih spesifik lagi, CMS adalah sebuah sistem yang digunakan untuk me-manage material web yang merupakan konten dari sebuah website. Dengan CMS, pengguna bisa mengontrol, mengedit, menyimpan, mengategori, hingga mem-publish data, seperti teks atau gambar sesuai keinginan.

Pada umumnya, CMS digunakan untuk mengelola konten dari berbagai jenis situs web, seperti blog, e-commerce, portal berita, dan lain sebagainya. CMS bisa dioperasikan melalui berbagai perangkat, mulai dari komputer, laptop, tablet, hingga smartphone.

CMS punya dua komponen utama yang perlu diketahui, yakni Content Management Application (CMA) dan Content Delivery Application (CDA). CMA bertugas sebagai antarmuka yang memungkinkan pengguna (bahkan dengan keahlian terbatas) untuk menambah, memodifikasi, atau menghapus konten dari situs web tanpa campur tangan webmaster. Sementara itu, CDA merupakan proses di belakang layar yang mengambil konten yang dimasukkan di CMA, menyimpannya dengan benar, dan membuatnya terlihat oleh pengunjung. Secara bersamaan, kedua sistem itu akan memudahkan pemeliharaan pada situs web.

FUNGSI CMS

CMS punya fungsi yang beraneka ragam, di antaranya:

  1. Bisa digunakan untuk menyimpan dan mengelola konten, seperti teks, gambar, video, atau audio dalam satu tempat yang terorganisir.
  2. Memungkinkan pengguna untuk membuat atau mengedit konten dengan mudah.

Baca juga: Keren, Ternyata ini Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis!

  1. Dapat digunakan untuk mengelola hak akses, seperti memberikan akses hanya untuk pengguna yang telah ditentukan.
  2. Bisa dimanfaatkan untuk mengelola struktur konten dan menu dalam situs web, sehingga memudahkan navigasi bagi pengunjung.
  3. Bisa digunakan untuk backup dan restore konten yang tersimpan dalam sistem. Dengan begitu, konten akan tetap aman dan bisa diakses kembali meski terjadi masalah.
  4. Bisa digunakan untuk mengelola template atau desain situs web.
  5. Bisa digunakan untuk mengelola plugin yang dapat dipakai untuk menambah fitur dalam sebuah situs web.

FITUR-FITUR CMS

Fitur dalam CMS cukup bervariasi. Namun demikian, fitur inti CMS biasanya meliputi:

  1. Pengindeksan, pencarian, dan pengambilan – Fitur ini mengindeks semua data untuk akses mudah melalui fungsi pencarian dan memungkinkan pengguna untuk mencari konten berdasarkan tanggal, kata kunci, atau penulis.
  2. Manajemen – Membantu mengubah dokumen hasil pindaian dan dokumen elektronik lama menjadi HTML atau PDF.

Baca juga: Pengusaha Wajib Paham, ini Cara Meningkatkan Penjualan di e-Commerce!

  1. Revisi – Fitur ini memungkinkan konten diedit setelah publikasi.
  2. Penerbitan – Memungkinkan pengguna untuk menggunakan template yang disetujui oleh organisasi dalam pembuatan atau modifikasi konten.

CONTOH CMS

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan CMS, fungsi, dan fitur-fiturnya, kini giliran kami memberikan contoh CMS yang populer di dunia maya. Berikut nama-namanya:

  1.  Wordpress
  2.  Joomla
  3.  Dropal
  4.  Magento
  5. Wix

Bagaimana, sudah paham kan apa yang dimaksud dengan CMS? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply