Blog

Pengusaha Wajib Paham, ini Cara Meningkatkan Penjualan di e-Commerce!

danain-Cara meningkatkan penjualan di e-commerce-gambar seorang pengusaha

Cara meningkatkan penjualan di e-commerce

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, banyak pengusaha yang mulai menjual produknya melalui e-commerce. Lantas, bagaimana cara meningkatkan penjualan di e-commerce?

Di era serba digital seperti saat ini, banyak orang yang gemar belanja secara online, sebab dianggap lebih praktis dan cepat. Pembeli bisa melakukan transaksi kapan pun dan di mana pun hanya dengan smartphone yang dimiliki.

Dari sisi pengusaha, kehadiran internet juga membuat skema penjualan jadi ikut berubah. Jika tak mengikuti perkembangan teknologi, akan banyak peluang bisnis yang hilang begitu saja.

Nah, bicara bisnis secara online, ada satu istilah yang kerap muncul dalam pembahasannya, yakni e-commerce. E-commerce alias perdagangan elektronik adalah model bisnis yang memungkinkan perusahaan atau individu bisa membeli atau menjual barang melalui media elektronik.

Baca juga: Dianggap Efektif Dalam Hal Penjualan, Apa itu Personal Selling?

Hampir semua produk dan jasa, seperti makanan, buku, produk rumah tangga, tiket pesawat, hingga investasi, bisa dengan mudah ditemui di e-commerce. Adapun sarana dari e-commerce cukup beragam, mulai dari televisi, telepon, sampai internet.

JENIS-JENIS E-COMMERCE

Secara umum, ada empat jenis e-commerce yang perlu diketahui. Berikut jenis-jenisnya, seperti dikutip dari laman Kompas.com:

  1. Business to business – transaksi elektronik barang atau jasa yang dilakukan antar perusahaan.
  2. Business to consumer – perdagangan elektronik yang melibatkan pelaku bisnis dan konsumen.
  3. Consumer to consumer – transaksi elektronik barang atau jasa yang dilakukan antara konsumen dengan konsumen.
  4. Consumer to business – perdagangan elektronik di mana konsumen menyediakan produk atau layanan kepada suatu perusahaan.

CARA MENINGKATKAN PENJUALAN DI E-COMMERCE

Setiap pengusaha tentu ingin bisnisnya maju dan berkembang, tak terkecuali yang berkecimpung di dunia e-commerce. Dalam kesempatan ini, kami akan beberkan sederet cara meningkatkan penjualan di e-commerce yang terbukti ampuh dan efektif. Yuk, simak sampai tuntas!

Optimasi media sosial

Cara meningkatkan penjualan di e-commerce yang pertama adalah dengan melakukan optimasi pada media sosial. Salah satu strateginya, pengusaha bisa bagikan konten dari user, seperti repost mengenai produk yang telah diulas. Tentu saja dengan seizin pemilik akun. Selain bisa meningkatkan penjualan, langkah ini juga cukup efektif untuk membangun loyalitas dan kepercayaan dari setiap pelanggan. Kemudian, pastikan membuat konten yang menarik dan unggah secara terjadwal.

Baca juga: Ketahui Kekurangan dan Kelebihan Penjualan dengan Sistem Konsinyasi!

Penerapan SEO

Ingin produk yang dijual muncul di halaman teratas pada mesin pencarian internet? Jika ya, optimalkanlah Search Engine Optimization atau SEO!

Dalam konteks ini, pelaku usaha perlu membuat konten menarik dengan kata kunci yang tepat. Umumnya, konten yang dibuat adalah dalam bentuk tulisan.

Berikan pelayanan maksimal

Pelayanan maksimal jadi salah satu kunci keberhasilan dalam dunia bisnis. Karena itu, konsumen perlu dilayani dengan baik saat berbelanja, bahkan setelah melakukan pembelian.

Contoh, memberikan informasi yang lengkap dan jelas pada calon konsumen mengenai produk yang dijual. Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur live chat.

Pun setelah berbelanja, pengusaha bisa menyediakan layanan purnajual yang mudah diakses. Dengan menerapkan langkah tersebut, kepuasan konsumen bisa meningkat.

Ciptakan FOMO

Pernah dengan istilah FOMO alias  Fear Of Missing Out? Ini adalah kondisi di mana seseorang tidak mau ketinggalan momentum atau tren yang sedang berlangsung!

Dalam berbisnis, pengusaha bisa menciptakan urgensi untuk mengoptimalkan penjualannya. FOMO dinilai mampu mengajak orang untuk melakukan pembelian dengan segera.

Baca juga: Mau Omset Meningkat? Yuk, Intip Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan Berikut ini!

Buatlah penawaran spesial jangka pendek atau yang hanya berlaku di waktu-waktu tertentu, sehingga orang yang melihatnya jadi tertarik dan tak mau ketinggalan. Pengusaha bisa membuat pesan ini melalui iklan di media sosial atau email marketing.

Ya, itulah cara meningkatkan penjualan di e-commerce yang selanjutnya!

Kolaborasi dengan influencer

Cara yang terakhir adalah dengan berkolaborasi dengan pihak lain, seperti halnya influencer. Langkah ini bisa membantu meningkatkan minat terhadap produk yang dijual, terlebih lagi jika influencer yang dipilih sangat berpengaruh dan punya banyak pengikut di media sosial.

Bagaimana, sudah paham kan cara meningkatkan penjualan di e-commerce dengan efektif? Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply