Blog

Masih Terdengar Asing, Apa itu Single Investor Identification?

danain-Apa itu Single Investor Identification?)-gambar ilustrasi sebuah kartu

Apa itu Single Investor Identification?

Istilah Single Investor Identification (SID) mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Namun, hal itu tak berlaku bagi masyarakat yang sudah terjun ke dunia pasar modal. Lantas, apa itu Single Investor Identification?

Bagi kamu yang punya rencana berinvestasi di pasar modal, kamu wajib punya yang namanya Single Investor Identification. Ini merupakan nomor tunggal identitas investor pasar modal di Indonesia yang diterbitkan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Berikut kami beberkan penjelasan lengkap tentang apa itu Single Investor Identification beserta seluk beluknya. Simak sampai tuntas!

PENJELASAN SINGLE INVESTOR IDENTIFICATION

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Single Investor Identification merupakan kartu identitas tunggal yang dikeluarkan oleh KSEI. Kartu ini diberikan kepada sejumlah pihak, seperti investor, nasabah, atau partisipan, guna menunjukkan seluruh transaksi yang telah dilakukan di pasar modal.

Jadi, meski seorang investor membeli sejumlah instrumen investasi sekaligus, tapi karena Single Investor Identification adalah kartu tunggal bagi perorangan, maka mereka tetap akan mendapatkan kartu tersebut satu buah saja.

Seseorang yang telah memiliki Single Investor Identification berarti sudah terdaftar di KSEI sebagai investor di pasar modal. Dengan demikian, KSEI akan memberikan Nomor Rekening Efek serta Rekening Dana Nasabah sesuai dengan sekuritasnya.

Baca juga: Tak Main-main, ini Sederet Manfaat Pasar Modal bagi Investor!

MANFAAT SINGLE INVESTOR IDENTIFICATION

Setelah mengetahui apa itu Single Investor Identification, kini giliran kami menjelaskan manfaat Single Investor Identification bagi para pihak, antara lain:

  1. Memudahkan identifikasi dan pengawasan, sebab kartu ini telah diintegrasikan dengan e-KTP. Dengan begitu, data investor di Bursa Efek Indonesia (BEI) terintegrasi dalam lingkup nasional.
  2. Single Investor Identification bisa jadi sarana bagi investor untuk melakukan pengecekan portofolio secara menyeluruh, kendati investor tersebut menanamkan dana pada instrumen atau sekuritas yang berbeda-beda.
  3. Membantu pengembangan infrastruktur di pasar modal.
  4. Investor bisa melakukan transaksi jual beli saham di pasar modal, sebab kepemilikan Single Investor Identification merupakan syarat mutlak.
  5. Kartu ini memungkinkan akses kepada semua aktivitas pasar modal di Indonesia. Singkat kata, investor bakal mendapatkan kemudahan dalam memantau aset kekayaan mereka secara online dengan cara melakukan pengecekan melalui portal PT KSEI.

Baca juga: Apa Sih Kegunaan Informasi Akuntansi bagi Investor? Simak Jawabannya di Bawah ini!

PENJELASAN MENGENAI NOMOR KARTU

Single Investor Identification terdiri atas 13 digit yang merupakan perpaduan huruf dengan angka, serta masa berlaku kartu tersebut. Berikut penjelasan rincinya:

– Digit 1 dan 2 menjelaskan tipe investor. Terdapat kode ID untuk perorangan, MF untuk reksa dana, SC untuk perusahaan, CP untuk korporasi, IS untuk bank, PF untuk dana pensiun, dan OT untuk tipe lainnya.

– Digit ke-3 merupakan status investor. Kode D untuk domestik, sedangkan kode F untuk orang asing.

– Digit ke-4 hingga 7 menjelaskan bulan dan tanggal lahir investor.

– Digit ke-8 hingga 13 menjelaskan identitas transaksi para investor, sementara 2 digit terakhir merupakan bukti pemeriksaan.

CARA MEMBUAT SINGLE INVESTOR IDENTIFICATION

Pembuatan Single Investor Identification terbagi menjadi tiga kelompok, yakni:

Untuk Nasabah

Sebagai nasabah, kamu bisa mengajukan pembuatan Single Investor Identification melalui perusahaan efek yang punya Rekening Efek Utama di KSEI atau bank kustodian. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyampaikan data lengkap agar bisa terhubung dengan Sub Rekening Efek  menggunakan nama nasabah.

Untuk pemodal

Pengurusan Single Investor Identification untuk pemodal bisa diajukan kepada biro administrasi efek, perusahaan publik penyedia administrasi terkait efek atau emiten. Selanjutnya, KSEI akan memproses pembuatannya dan disampaikan kepada pemodal melalui tempat pengajuan.

Baca juga: Tipe Investor itu Bermacam-macam, Anda Masuk Kategori yang Mana?

Untuk partisipan atau pihak lain

Untuk partisipan atau pihak lain, cara mengajukan Single Investor Identification adalah langsung kepada KSEI disertai berkas untuk pembuatan Rekening Efek Utama.

Ya, itulah penjelasan mengenai apa itu Single Investor Identification, manfaat, serta cara membuatnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply