Blog

Mengenal dan Memahami Apa Itu Growth Mindset

danain-apa itu growth mindset-gambar otak

apa itu growth mindset?

Apa itu growth mindset dan bagaimana manfaat serta penerapannya?

Mengetahui lebih dalam terkait dengan apa itu growth mindset memang menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Pasalnya, pola pikir ini sangat dibutuhkan bagi kamu yang ingin sukses dalam karier. Para pemilik pola pikir ini kebanyakan menjadi tidak mau diam dan ingin selalu belajar banyak hal. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Mengenal Istilah Growth Mindset

Apa itu growth mindset? Istilah ini mungkin sudah mulai terdengar di keseharian. Pada dasarnya, istilah ini dapat diartikan sebagai bentuk pola pikir seseorang yang yakin bahwa bakat yang dimilikinya akan selalu terus berkembang.

Bentuk pengembangan bakat ini bisa ditunjukkan dengan berbagai macam hal. Misalnya, dengan cara bekerja keras, menggunakan strategi-strategi tertentu, atau dengan cara mendengarkan masukan dari orang lain. Dengan begitu, mereka yang mempunyai pola pikir ini akan selalu berusaha untuk terus belajar dalam memahami dunia.

Baca juga: Ingin Hidup Hemat? 5 Mindset ini Harus Kamu Miliki!

Kebanyakan orang dengan pola pikir ini cenderung selalu ingin mendapatkan proses belajar yang bermakna. Di samping itu juga, seringkali akan mendapatkan banyak pengaruh untuk hidupnya. Secara tidak langsung, seseorang dengan tipe ini tidak ingin hanya terlihat pintar atau pandai dalam mengatasi permasalahan tertentu.

Namun, kebanyakan akan selalu menghargai setiap proses dan akan menjadikan sebuah kegagalan bukan sebagai bagian akhir. Akan tetapi menjadi sebuah tangga yang dapat dipijak untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Manfaat Mempunyai Pola Pikir Growth Mindset

Setelah mengetahui apa itu growth mindset, selanjutnya kamu dapat mengulik lebih dalam lagi terkait dengan manfaatnya. Pola pikir ini seringkali dianggap sebagai salah satu faktor untuk bisa mengubah hidup seseorang. Yang mana seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa dengan pola pikir ini, kamu dapat lebih mudah untuk menerima kegagalan.

Pasalnya, kamu bisa menyadari bahwa bagian yang paling penting dalam menjalani kehidupan ini berpatok pada prosesnya. Berbagai macam hal yang dilalui setiap detik, menit, dan jam akan selalu ada banyak pelajaran yang akan mengantarkan pada kesuksesan.

Baca juga: Catat Baik-baik, ini Sederet Manfaat Hebat jika Kamu Menjalani Gaya Hidup Minimalis!

Namun kuncinya hanya satu, jangan pernah ragu, malu, dan malas untuk terus belajar dan berproses. Untuk manfaat yang lainnya, yaitu dapat menjadikan setiap permasalahan yang dilihat sebagai suatu tantangan yang harus diselesaikan.

Dengan kata lain, setiap permasalahan yang muncul akan terus dianggap sebagai tantangan. Sehingga, kamu dapat mengasah kemampuan dalam berpikir kritis dan juga lebih analitis. Pola pikir ini akan terus berkembang yang diikuti dengan sikap optimis. Tidak jarang juga growth mindset ini menjadikan diri lebih produktif untuk mengeksplorasi banyak hal.

Penerapan Growth Mindset di Kehidupan

Terkait apa itu growth mindset, terdapat beberapa contoh yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola pikir ini, salah satunya yaitu terus belajar dan mengeksplor hal baru. Belajar merupakan sebuah langkah baru yang bisa membantu kamu untuk selalu berkembang di masa yang akan datang.

Selain itu juga, lebih menghargai setiap kritikan yang dilontarkan oleh orang lain. Pastinya akan lebih baik jika kamu fokus terhadap kritik yang membangun. Hal ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baca juga: Tips Traktir Teman saat Ulang Tahun Tanpa Menguras Dompet

Mengenal dan mengetahui apa itu growth mindset akan memudahkan kamu untuk bisa terus berkembang dalam menjalani kehidupan. Berapapun usia kamu saat ini, terus ingat bahwa growth mindset harus selalu diterapkan dalam hal apapun. Terus belajar dan berkembang menjadi satu tujuan hidup untuk menjadi seseorang yang berguna di masa depan.

Leave a Reply