Blog

Catat Baik-baik, ini Sederet Manfaat Hebat jika Kamu Menjalani Gaya Hidup Minimalis!

Danain-menerapkan_gaya_hidup_minimalis-orang sedang berhemat

Sederet manfaat menjalani gaya hidup minimalis

Dalam beberapa tahun terakhir, gaya hidup minimalis tengah digandrungi oleh sebagian orang. Yang jadi pertanyaan, manfaat apa yang bisa didapat dari menjalani gaya hidup tersebut?

Apakah kamu sengaja memilih untuk hidup dengan barang-barang yang diperlukan saja dalam jumlah sedikit? Jika ya, itu artinya kamu telah menjalani gaya hidup minimalis!

Perlu kamu tahu, konsep hidup minimalis berangkat dari pemikiran bahwa sebanyak apapun barang yang kamu beli atau miliki, itu tidak akan pernah dirasa cukup. Sebaliknya, saat kamu menjalani gaya hidup minimalis, maka hidup kamu akan terasa lebih bermakna dan menyenangkan.

Contoh simpelnya seperti ini: Ketika piring kotormu berjumlah sedikit, maka kamu tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membersihkannya. Begitu pun saat baju kotormu tidak menumpuk, maka kamu bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk membaca atau menonton TV.

Lantas, manfaat apa saja yang bisa didapat dari menjalani gaya hidup yang minimalis seperti itu? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari laman Kompas.com:

Bisa menghemat energi

Saat seseorang tinggal dengan barang yang sangat banyak, itu berarti energi yang dialokasikan untuk melakukan perawatan atas barang-barang tersebut jadi tidak sedikit. Hal ini tentu akan berbanding terbalik dengan orang yang menjalani gaya hidup minimalis. Misal: Seseorang hanya punya beberapa jenis barang di dalam lemari, pasti kehidupan orang tersebut akan terasa lebih santai ketimbang orang yang punya ratusan barang.

Baca juga: Terungkap, ini Penyesalan Terbesar Warren Buffett dalam Hidupnya!

Di saat bersamaan, perlu energi khusus untuk menyimpan serta merawat barang-barang yang dimiliki tersebut. Pun ketika mendelegasikan tugas-tugas itu pada orang lain, seperti ART atau jasa laundry, tentu ada sejumlah uang yang harus dikeluarkan.

Pikiran jadi lebih fokus

Punya banyak barang di dalam rumah bisa bikin pikiran jadi semakin sibuk. Alhasil, orang yang memilikinya jadi sulit fokus dan mudah terdistraksi. Solusi terbaik, milikilah barang-barang yang memang dibutuhkan, sehingga pikiran bisa jadi lebih fokus.

Mampu cegah depresi

Manfaat menjalankan gaya hidup minimalis yang berikutnya adalah mampu mencegah depresi. Perlu diketahui, memiliki terlalu banyak barang hanya akan membuatmu jadi kewalahan, yang pada akhirnya bisa menimbulkan stres bahkan depresi. Sebaliknya, saat barang yang kamu punya hanya sedikit, maka pikiran kamu akan lebih tenang.

Baca juga: Ingin Hidup Hemat? 5 Mindset ini Harus Kamu Miliki!

Punya lebih banyak waktu

Waktu yang kamu punya akan lebih banyak saat barang yang kamu miliki jumlahnya sedikit. Coba bayangkan, berapa banyak waktu yang diperlukan untuk mengurus 4 mobil ketimbang hanya 1 mobil! Singkat kata, saat kamu menjalankan pola hidup yang minimalis, maka waktu yang kamu punya akan lebih banyak dan bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Lebih mudah dalam mengambil keputusanĀ 

Faktanya, orang yang lemarinya penuh dengan pakaian akan butuh waktu lama untuk menentukan pakaian apa yang ingin digunakan. Sebaliknya, orang yang hanya punya baju sedikit tak butuh waktu lama untuk menjatuhkan pilihan. Inti dari penjelasan ini, orang yang menjalankan gaya hidup minimalis akan lebih mudah dalam pengambilan keputusan.

Baca juga: Hati-hati, 5 Tipe Teman ini Punya Dampak Buruk bagi Kehidupan Finansial Kamu!

Punya kondisi finansial yang sehat

Manfaat yang terakhir ini tidak main-main!

Saat kamu menjalankan gaya hidup minimalis, kondisi finansial kamu secara otomatis akan lebih hemat dan terjaga kesehatannya. Dalam hal ini, tak ada lagi tuntutan untuk berbelanja barang terbaru dan merogoh kocek dalam untuk mendapatkannya. Sisi positifnya, kamuĀ  bisa mengalokasikan uang yang dimiliki untuk hal yang lebih bermanfaat, seperti untuk dana darurat atau investasi.

Ya, itulah sederet manfaat yang bisa didapat dengan menjalankan pola hidup minimalis. Jika kamu tertarik menjalaninya, mulailah untuk memilah barang apa saja yang tak lagi dipakai atau yang dirasa tidak penting.

Singkirkan barang-barang yang sudah disortir tersebut agar pikiran kamu jadi lebih tenang. Dengan menerapkan gaya hidup seperti itu, kesehatan mental kamu akan lebih baik dan kondisi finansial kamu akan terjaga stabilitasnya.

Leave a Reply