Blog

Tips Traktir Teman saat Ulang Tahun Tanpa Menguras Dompet

Bertambahnya usia atau ulang tahun adalah momen yang spesial bagi seseorang. Tak jarang, untuk berbagi kebahagiaan tersebut, seseorang merayakannya dengan berbagai cara. Salah satu yang populer di negara kita sebut saja mentraktir makan teman-teman dekat di suatu tempat.

Bagi yang kondisi keuangannya baik, hal tersebut tentu tak jadi masalah. Mereka bisa melaksanakan aktivitas tersebut di mana pun sesuka hati. Tapi, sebaliknya, akan jadi masalah bagi mereka yang keuangannya terbatas.

Pertanyaannya, apakah orang yang keuangannya terbatas tak bisa mentraktir teman-teman mereka di hari bahagia tersebut?

Baca juga: 5 Gaya Pacaran ini Bisa Bikin Dompet Tipis, Wajib Dihindari!

Tentu saja, bisa. Selalu ada cara untuk menyiasatinya.

Berikut cara ampuh untuk traktir teman saat ulang tahun tanpa harus menguras dompet, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber:

Tentukan budget

Sebelum mentraktir teman, sebaiknya tentukan budget jauh-jauh hari. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol jumlah pengeluaran dengan sangat baik. Jangan pernah memaksakan kehendak untuk mentraktir berlebihan jika memang budget-mu terbatas. Intinya, sesuaikan dengan kondisi keuanganmu.

Tentukan jumlah teman yang akan ditraktir

Selesai masalah budget, saatnya kamu menentukan jumlah orang yang akan ditraktir. Sesuaikan dengan anggaran yang sudah kamu tetapkan. Akan lebih baik jika kamu memprioritaskan teman atau orang yang memang benar-benar dekat. Selain bisa menekan pengeluaran, cara tersebut juga ampuh bikin hubungan yang terjalin jadi makin akrab.

Nah, berhubung saat ini masih dalam masa pandemi, tips ini cocok banget untuk kamu terapkan ketika ingin merayakan ulang tahun bersama teman. Guna meminimalisir penularan covid-19, alangkah baiknya kamu merayakannya dengan jumlah orang yang terbatas. Selain baik untuk kesehatan, cara ini juga ampuh untuk menekan pengeluaran saat ulang tahun.

Baca juga: Ingin Hidup Hemat? 5 Mindset ini Harus Kamu Miliki!

Pilih tempat

Jika budget-mu terbatas, ada baiknya untuk memilih tempat yang biasa-biasa saja namun tetap menyenangkan. Yakinkan diri bahwa yang terpenting dalam acara ini adalah kebersamaan. Tak ada salahnya juga untuk bilang dari awal pada teman-temanmu bahwa budget ulang tahunmu terbatas. Meski demikian, pastikan pula bahwa makanan yang disajikan tetap nikmat dan punya citarasa oke.

Lagi-lagi, karena masa pandemi belum berakhir, pilihlah tempat yang benar-benar aman dan nyaman dengan menghindari keramaian. Pastikan tempat kamu merayakan ulang tahun menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Berbagi makanan

Berbagi makanan untuk menekan pengeluaran juga bisa kamu jadikan opsi, sehingga tak perlu memesan makanan per individu. Kamu bisa memesan makanan yang bisa dinikmati bersama-sama, seperti halnya pizza. Perlu kamu tahu, momen makan bersama ini tak akan mengurangi keseruan acaramu. Sebaliknya, keakraban akan terjalin satu sama lain. Oh ya, sebelum berbagi makanan, usahakan untuk mencuci tangan dengan bersih ya, agar kesehatan tetap terjaga.

Baca juga: Lakukan 7 Hal ini jika ingin Hemat saat Belanja di Supermarket!

Manfaatkan promo

Agar dompet tak terkuras saat traktir teman pas momen ulang tahun, jangan malas mencari promo. Biasanya, sejumlah restoran atau kafe menawarkan promo menarik yang bisa kamu manfaatkan. Kamu juga bisa pilih metode pembayaran secara digital yang biasanya memberikan potongan harga dalam setiap transaksi.

Ya, itulah beberapa cara mentraktir teman saat ulang tahun tanpa harus menguras dompet. Poin pentingnya, kamu tetap bisa merayakan ulang tahun dengan hemat tapi nikmat bersama orang-orang terdekatmu.

Leave a Reply